9 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil yang Benar

Cara mengatasi keputihan saat hamil – Sebelum kami akan membahas lebih detailnya mengenai cara mengatasi keputihan saat hamil, terlebih dulu kami akan menjelaskan mengenai keputihan itu sendiri, atau dalam istilah medisnya adalah fluor albus ini adalah sebuah proses keluarnya cairan dari area kewanitaan yang terbilang abnormal. Keputihan tersebut biasanya terjadi pada wanita hamil karena sedang terjadi perubahan hormon dan aliran darah di area rahim dan area kewanitaan, sehingga yang demikian ini bisa mengakibatkan meningkatnya proses sekresi di area kewanitaan.

Perubahan hormonal tersebut biasanya juga akan mengubah keseimbangan keasaman area kewanitaan, sehingga akan sebabkan munculnya jamur yang berubah menjadi iritasi. Biasanya sekreasi di area kewanitaan yang normal tidak menimbulkan rasa gatal. Tetapi keputihan yang telah terinfeksi umumnya disertai juga dengan rasa gatal, panas, nyeri, dan kemerahan, bahkan dibarengi juga dengan rasa sakit saat buang air kecil.

Cara mengatasi keputihan saat hamil

Apabila keputihan yang terjadi tidak segera diatasi, maka bisa dengan mudahnya menular langsung pada janin yang dikandung, dan pada saat proses persalinan kemudian akan menular kembali pada ibu yang sedang menyusui, lalu terjadilah mastitis atau perdangan pada bagian putting susu juga payudara. Sebetulnya yang menjadi penyebab utama masalah di area kewanitaan ini adalah terjadi saat usia kehaamilan masih muda dan hampir mirip dengan beberapa penyebab keputihan yang lain.

Baca Juga  Cara Menyembuhkan Amandel dengan Herbal Pilihan Paling Ampuh

Penyebab Keputihan Saat Hamil yang Paling Umum

Penyebab keputihan saat hamil adalah masalah pada kebersihan area kewanitaan. Keputihan sendiri ada yang sifatnya fisiologis atau normal ada pula yang patologis atau tidak normal. Apabila keputihan dalam keadaan normal maka cairan yang keluar cenderung lebih jernih dan juga tidak berbau atau pun menimbulkan rasa gatal. Berbeda halnya dnegan keputihan patologis, cairan yang keluar akan mengeluarkan bau tak sedap, menimbulkan rasa gatal, dan nyeri saat buang air kecil. Selain itu warna dari cariannya lebih pada warna hijau.

Sebagian besar wanita hamil tak terlalu mengeluhkan gejala – gejala keputihan yang di deritanya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena ia merasa tidak terganggu. Akan tetapi, apabila hal ini terus dibiarkan begitu saja, maka keputihan bisa membahayakan kehamilannya. Tidak hanya itu, keputihan bahwa bisa mengakibatkan persalinan secara prematur. Keputihan pada saat hamil juga bisa mengakibatkan ketuban pecah sebelum waktunya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil yang benar bisa Anda coba.

9 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil yang Benar

Cara mengatasi keputihan saat hamil

  • Cara mengatasi keputihan saat hamil yang pertama adalah menghindari penggunaan air kotor saat membasuh area kewanitaan, khususnya saat Anda menggunakan toilet umum.
  • Selalu gunakan pakaian dalam berbahan dasar katun, selain itu hindari juga penggunaan celana dalam berbahan dasar sintetis atau celana yang ketat.
  • Lebih baik Anda tidak terlalu sering menggunakan panty liner. Sebab panty liner ini bisa membuat area kewanitaan Anda jadi lembab.
  • Segera ganti pakaian dalam Anda saat terasa sangat lembab, sebagai salah satu cara mengatasi keputihan saat hamil yang paling mudah.
  • Bersihkan area kewanitaan secara rutin dari depan menuju ke bagian belakang saat selesai buang air kecil dan besar. Hal ini bisa bantu kurangi resiko terkena kontaminasi mikroorganisme pada saluran kantung kemih dan anus.
  • Lebih baik Anda kurangi konsumsi makanan manis dan minuman mengandung banyak kafein.
  • Sebelum membeli obat – obatan, ada baiknya Anda konsultasikan bersama dokter atau bidan Anda. Konsumsilah obat keputihan yang sudah diresepkan dokter atau bidan.
  • Setelah selesai mandi, pastikan area kewanitaan Anda benar – benar dalam keadaan kering.
  • Cara mengatasi keputihan saat hamil yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan sabun pembersih area kewanitaan.
Baca Juga  Diagnosis dan Cara Efektif Menyembuhkan Amandel

Nah, dengan memperhatikan cara mengatasi keputihan saat hamil dan beberapa penyebab keputihan tersebut, kami yakin Anda akan segera terhindar dari masalah keputihan yang bisa saja membahayakan janin yang Anda kandung, bahkan bisa juga membahaya kesehatan Anda sendiri. Semoga informasinya bermanfaat ya!