Mengetahui Penyebab dan Cara Mengobati Rambut Rontok Berlebihan

Cara mengobati rambut rontok berlebihan – Berikut ini akan kami bagikan kepada Anda tentang cara mengobati rambut rontok berlebihan yang mudah paling direkomendasikan oleh para dokter. Tetapi sebelumnya apa Anda sudah tahu yang dimaksud dengan rambut rontok tersebut? Rambut rontok atau alopesia adalah penurunan jumlah rambut yang terjadi pada kulit kepala.

Sebagian besar orang pastinya akan mengalami yang namanya masalah rambut rontok. Ini adalah suatu hal yang normal untuk kehilangan 100 helai rambut per harinya. Akan tetapi, jika kerontokan rambut tersebut terjadi secara berlebihan, terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan rambut Anda. Jadi, sebaiknya mari kita ketahui bersama – sama apa yang menjadi penyebab rambut rontok sebelum akhirnya mengetahui cara mengobati rambut rontok tersebut.

Penyebab Umum Rambut Rontok Berlebihan

Cara Mengobati Rambut Rontok Berlebihan

Selain dikarenakan perubahan hormon, kerontokan rambut ini biasanya juga terjadi akibat kondisi – kondisi tertentu seperti berikut ini :

Pengaruh gizi

Ya, pengaruh gizi buruk memang selalu dikait eratkan sebagai salah satu penyebab utama rambut alami kerontokan. Sehingga tak jarang mereka yang mendapatkan asupan gizi buruk memiliki rambut yang lebih tipis dan mudah rapuh.

Zat kimia

Selain hal tersebut, rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon kecantikan ternyata juga rentan mengalami kerontokan berlebih. Seringnya diwarnai dan diluruskan secara permanen membuat batang rambut Anda menjadi lebih rentan patah.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Lama dengan Bawang Putih

Diabetes, sindrom down, dan hipertiroidisme

Perlu Anda tahu bahwa, ketiga kondisi tersebut bisa menyebabkan kerontokan yang biasanya disebut dengan alopesia areata, yang umumnya ditandai dengan adanya pitak seukuran koin besar. Kerontokan rambut berlebih ini biasanya terjadi pada remaja dan kalangan dewasa muda. Akan tetapi, sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah 1 tahun.

Efek samping obat – obatan tertentu

Kerontokan rambut ternyata juga bisa disebabkan oleh pengkonsumsian obat – obatan tertentu yang biasa digunakan untuk menangani arthritis, depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Tekanan psikologis

Tekanan psikologis misalnya stress berat bisa mengakibatkan penderita alami penipisan rambut di kepala. Akan tetapi, kerontokan yang seperti ini umumnya hanya bersifat sementar saja.

Penyakit kulit dan autoimun tertentu

Penyakit kulit yang menjadi penyebab utama kerontokan rambut berlebih biasanya terbentuk tukak dan sejumlah penyakit autoimun. Contoh – contoh kondisi tersebut diantaranya adalah sarkoidosis, lichen planus, dan lupus eritematosus diskoid atau yang juga disebut dengan discoid lupus erythematosus.

Pengobatan kanker

Kemoterapi, imunoterapi, dan radioterapi juga menyebabkan jenis kerontokan rambut yang biasanya disebut dengan anagen efluvium atau kerontokan menyeluruh. Kerontokan jenis ini juga bisa berdampak pada kulit kepala, wajah, serta tubuh. Akan tetapi, sebagian besar kasus ini tidak bersifat permanen. Rambut umumnya bisa tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti jalani kemoterapi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Bawang Putih Secara Alami

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab – penyebab paling umum terjadinya kerontokan rambut, berikut ini akan kami bagikan juga cara mengobati rambut rontok berlebih yang bisa Anda coba.

Cara Mengobati Rambut Rontok Berlebihan

Cara Mengobati Rambut Rontok Berlebihan

Rambut rontok biasanya adalah bagian dari reaksi alami tubuh akibat penuaan, sehingga hal tersebut tidak membahayakan kesehatan Anda. Oleh sebab itulah, gangguan seperti ini jarang sekali membutuhkan penanganan secara medis. Akan tetapi, apabila kerontokan rambut mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan, langkah penanganan berikut ini bisa dilakukan.

Cara mengobati rambut rontok berlebih hingga menyebabkan kebotakan pada pria khususnya ada dua jenis obat yang bisa Anda gunakan, yakni finasteride dan minoxidil. Sementara itu kebotakan yang terjadi pada wanita bisa ditangani dengan mengkonsumsi obat minoxidil.

Tujuan penanganan dengan cara mengobati rambut rontok berlebihan menggunakan jenis obat – obatan yang umumnya direkomendasikan para dokter tersebut biasanya untuk alasan estetika. Keefektifan penanganan tersebut hanya berlangsung selama penderita menggunakan obat. Selain obat – obatan, operasi transplantasi rambut juga bisa dilakukan.

Mencegah kerontokan rambut tentu menjadi hal yang paling penting sebelum akhirnya Anda mengalami masalah kerontokan tersebut hingga mengakibatkan kebotakan. Anda bisa mencegah kerontokan rambut ini dengan rutin melakukan perawatan pada rambut Anda. Dan semoga informasi tentang cara mengobati rambut rontok berlebihan di atas bermanfaat ya.