Cara Menyembuhkan Amandel Anak Tanpa Operasi

Cara menyembuhkan amandel anak – Radang amandel adalah masalah peradangan yang umumnya terjadi pada amandel atau tonsil. Dimana kondisi yang dinamakan juga dengan tonsilitis tersebu sebagian besar dialami oleh anak – anak. Sebenarnya untuk mengatasi masalah amandel pada anak ini mudah saja, hanya diperlukan cara menyembuhkan amandel anak secara tepat dan cepat agar amandel yang dideritanya tidak semakin memperburuk kondisi kesehatan anak.

Amandel atau tonsil ini sendiri merupakan dua buah kelenjar kecil yang ada dalam tenggorokan. Dimana organ tersebut berguna sebagai pencegah terjadinya infeksi, terutama pada anak – anak. Seiring dengan berkembangnya usia, sistem kekebalan tubuh anak akan menjadi semakin kuat dan secara perlahan tugas tonsil sebagai penangkal infeksi pun mulai tergantikan.

Cara Menyembuhkan Amandel Anak

Meskipun pada dasarnya kasus amandel ini tidak tergolong serius, tetapi tetap disarankan untuk menemui dokter apabila anak Anda mengalami gejala yang berlangsung lebih dari 4 hari, dan tidak menunjukkan tanda – tanda pemulihan atau gejala menjadi semakin parah. Untuk mengatasi amandel yang dialami anak Anda tersebut berikut ini ada beberapa cara menyembuhkan amandel tanpa operasi yang mungkin saja bisa diterapkan pada anak Anda. Jadi, silakan di simak baik – baik ulasannya.

Cara Menyembuhkan Amandel Anak Tanpa Operasi

Sebagian besar kasus amandel pada anak ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Anda bisa meredakan gejala penyakit amandel pada anak di rumah, misalnya nyeri tenggorokan, bisa menggunakan obat pereda rasa sakit yang dijual di toko atau apotik, seperti ibuprofen, aspirin, parasetamol, yang dipercaya bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan amandel anak. Tetapi, aspirin sebaiknya tidak diberikan pada anak yang masih berusia 16 tahun ke bawah.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Lama di Betis Secara Alami

Pada saat Anda ingin memberikan obat amandel pada anak, pastikan terlebih dulu membaca petunjuk mengenai dosis dan cara penggunaan obat yang biasanya tertera pada kemasan. Atau bila Anda ragu, Anda bisa bertanya langsung pada dokter. Penggunaan obat secara tepat dinilai penting supaya bisa terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan juga mencegah overdosis.

Selain hal tersebut, untuk mendukung proses pemulihkan agar cara menyembuhkan amandel anak yang Anda lakukan tersebut menjadi lebih optimal, pastikan anak Anda bisa beristirahat dengan cukup dengan tetap perhatikan asupan makanan bergizi serta minum yang cukup supaya tidak mengalami dehidrasi, walaupun pada saat itu tenggorokan terasa sakit. Alasannya adalah karena kekurangan cairan bisa membuat gejala lain, seperti menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala memburuk.

Cara menyembuhkan amandel anak yang lainnya bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur menggunakan campuran setengah sendok teh garam dan 250 mill air yang dilarutkan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Apabila kemudian Anda membawa anak pergi ke dokter dan menurut hasil pemeriksaan, anak Anda dinyatakan menderita tonsilitis akibat bakteri, maka dokter umumnya tidak akan langsung memberikan antibiotik apabila gejala yang dirasakan belum cukup parah.

Pengobatan antibiotik pada kondisi ringan biasanya memicu kekebalan bakteri terhdap antibiotik, sehingga tubuh tidak akan mampu lagi melawan infeksi bakteri yang tergolong serius. Selain itu pada sebagian kasus, antibiotik bahkan tidak mampu mempercepat proses penyembuhan amandel pada anak, melainkan menyebabkan efek samping seperti sakit perut dan mual.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Bawang Putih Secara Alami

Obat antibiotik biasanya akan diberikan dokter apabila gejala radang amandel pada anak ini dinilai sudah parah dan tidak menunjukkan tanda – tanda pemulihan. Pengobatan menggunakan antibiotik juga bisa diberikan jika sistem kekebalan tubuh anak sedang melemah. Apabila antibiotik oral tidak mampu menyembuhkan amandel anak, dokter umumnya akan memberikan antibiotik melalui infus di rumah sakit sesuai jenis antibiotik yang cocok dengan anak Anda.

Jadi, jangan pernah anggap remeh amandel pada anak, meskipun amandel adalah termasuk jenis penyakit yang tergolong ringan. Akan tetapi, jika tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat, maka bukan tidak mungkin amandel yang diderita anak Anda tersebut akan menjadi semakin parah, bahkan bisa memicu datangnya penyakit lain. Semoga informasi tentang cara menyembuhkan amandel anak tanpa operasi tersebut bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *