Penyebab dan Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Tepat

Demam pada anak –  Anda tidak perlu langsung panik pada saat anak alami demam. Demam merupakan kondisi peningkatan suhu tubuh yang merupakan sebuah gejala, umumnya didasari oleh suatu kondisi, contohnya saja infeksi. Dengan selalu waspada terhadap penyebab demam, maka cara mengatasi demam pada anak ini akan lebih mudah dilakukan.

Juga perlu Anda tahu bahwa demam diyakini sebagai salah satu reaksi pertahanan tubuh terhadap banyak hal, seperti infeksi atau pun sebab demam lainnya. Kemungkinan, pada saat anak Anda sedang demam biasanya mereka merasa tak nyaman, walaupun demikian, tak semua demam membahayakan, tergantung dari penyebab dan cara penanganannya.

Demam pada anak

Penyebab Utama Demam Pada Anak

Ada banyak hal yang bisa sebabkan demam pada anak, sebagai orangtua yang baik Anda disarankan untuk mengetahui penyebab – penyebab tersebut supaya Anda tidak terlalu bingung atau pun panik. Di bawah ini adalah penyebab demam pada anak yang sering sekali terjadi :

Imunisasi

Sehabis imunisasi, bayi sering alami demam. Demam tersebut adalah demam ringan dan tak selalu terjadi, ini merupakan bagian dari kejadian ikutan setelah imunisasi. Biasanya akan berlangsung singkat, pelayanan kesehatan yang diberikan adalah obat pereda demam anak.

Tumbuh gigi

Pada saat anak sedang tumbuh gigi, biasanya ada beberapa tanda yang terjadi, contohnya saja air liur yang keluar lebih banyak dari biasanya, rewel, susah makan, dan demam tinggi. Pada saat inilah anak juga mungkin akan merasa nyeri sebab gigi yang tumbuh.

Baca Juga  Diagnosis dan Cara Efektif Menyembuhkan Amandel

Pilek

Walaupun tidak tinggi, tapi saat pilek bisa terjadi peningkatan pada suhu tubuh anak. Anak biasanya lebih sering pilek jika dibandingkan orang dewasa yang biasnya pilek 2 – 4 kali per tahunnya. Anak atau bayi wajar alami pilek 8 – 10 kali per tahun.

Saki kepala

Berbagai kondisi bisa memicu sakit kepala pada anak, mulai dari kurangnya asupan makanan, kelelahan, stress, dan infeksi seperti infeksi pada saluran pernafasan atas bisa menimbulkan sakit kepala pada anak. Selain hal tersebut, sakit kepala tegang atau pun migrain juga kemungkinan bisa dialami anak. Biasanya lebih singkat dan demam yang tinggi juga sering sebabkan sakit kepala.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Tepat

Demam pada anak

Demam pada anak yang butuh perhatian khusus, adalah demam pada anka usia dibawah 2 tahun, anak dengan riwayat kejang demam, demam tinggi, demam terjadi secara berulang, demam berlangsung lebih dari 7 hari, dan demam yang disertai dengan penurunan kesadaran. Saat anak Anda demam, ada beberapa cara mengatasi demam pada anak yang tepat. Cara – caranya sebagai berikut ini.

Ukur suhunya

Anda bisa mengandalkan termometer untuk memeriksa suhu tubuh anak, normalnya suhu tubuh anak ini berkisar 36.5 – 37.5 derajat celcius, jika suhu tubuhnya di atas itu, artinya anak Anda alami demam.

Cek gejala lain

Silakan perhatikan gejala atau pun perilaku anak saat demam. Apabila demam disertai dengan sakit tenggorokan, sakit di perut, lesu, atau merasakan sakit saat buang air kecil, maka segera periksakan ke dokter atau bodan untuk memastikan penyebabnya.

Baca Juga  9 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil yang Benar

Memberikan obat dan memperbanyak asupan cairan

Apabila anak sedang demam, silakan berikan obat penurun demam, salah satu yang paling direkomendasikan adalah paracetamol. Obat tersebut tergolong man bagi anak – anak, selama dikonsumsi sesuai dosis. Alangkah baiknya, jika anak diperiksakan ke dokter atau bidan, sehingga penyebab yang mendasari bisa ditangi dengan tepat dan cepat. Anda juga bisa membantunya dengan cara mengompres dan memperbanyak asupan cairan untuk gantikan cairan tubuh yang hilang saat anak demam.

Demam pada anak memang sangat umum terjadi. Sebagian besar demam tak disebabkan oleh kondisi yang serius. Orangtua tak perlu panik apabila anak sedang demam, waspadai dengan cara di atas dan segera konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda ya!