3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Cara menghilangkan bekas luka bakar – Luka bakar akibat paparan sinar matahari ini memang cukup sering terjadi, misalnya saja di Amerika Serikat, ada sekitar 42 % orang dewasa dilaporkan tidak satu kasus luka bakar akibat sinar matahari terjadi di hampir setiap tahunnya. Atas dasar itulah kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada Anda tentang cara menghilangkan bekas luka bakar akibat sinar matahari yang paling ampuh bisa dilakukan sendiri di rumah.

Perlu Anda tahu bahwa, bekas luka bakar akibat sinar matahari ini biasanya terjadi seusai beberapa jam terpapar oleh radiasi ultraviolet secara berlebihan, baik dari sinar matahari atau sumber lain (lampu matahari maupun alat penggelap kulit). Bekas luka bakar akibat sinar mtahari biasanya ditandai dengan kulit memerah dan meradang, juga terasa hangat ketika disentuh. Dibutuhkan waktu beberapa hari untuk meredakan bekas luka bakar tersebut, dan setiap kasus bekas luka bakar akibat sinar matahari dialami bisa beresiko terhadap berbagai masalah kulit, seperti ruam, bintik hitam, kerutan, dan bahkan kanker kulit atau melanoma.

3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Ada banyak cara menghilangkan bekas luka bakar yang bisa dicoba di rumah, meskipun pertolongan medis mungkin saja juga dibutuhkan bila kerusakan di kulit cukup berat. Mau tahu bagaimana caranya? Mari simak sampai selesai ulasannya di bawah ini.

3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Sinar Matahari Ampuh di Rumah

Berendam selama 15 menit dengan air dingin

3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Cara menghilangkan bekas luka bakar akibat sinar matahari pertama adalah dengan berendam air dingin selama 15 menit. Suhu dingin air nantinya akan membantu melawan terjadinya peradangan dan menenangkan sebagian rasa nyeri di kulit. Bahkan kulit Anda juga akan menyerap air, penting sekali bagi kulit yang terbakar oleh sinar matahari untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan sabun atau scrub di kulit sesaat setelah luka bakar akibat sinar matahari tersebut terbentuk, sebab ini hanya bisa jadi penyebab utama iritasi dan membuat kulit semakin kering.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Akibat Knalpot dengan Cepat

Mengoleskan gel lidah buaya secara rutin

3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Alternatif lainnya untuk cara menghilangkan bekas luka bakar cepat akibat sinar matahari adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya. Gel lidah buaya ini memang menjadi obat herbal paling ampuh dan banyak digunakan untuk mengatasi bekas luka bakar akibat sinar matahari dan terjadinya peradangan kulit yang disebabkan oleh hal lain. Gel lidah buaya tak hanya berkhasiat untuk menenangkan luka bakar dan mengurangi rasa nyeri, tetapi juga bisa mempercepat proses penyembuhannya.

Dalam kasus ilmiah, telah ditemukan oleh para peneliti bahwa penderita luka bakar akibat sinar matahari yang dirawat dengan gel lidah buaya rata – rata bisa sembuh 9 hari lebih cepat dibandingkan bagi mereka yang tidak diberi gel lidah buaya sama sekali. Mengoleskan gel lidah buaya beberapa kali sehari secara rutin bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi kulit juga mengurangi sebagian rasa nyerinya.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Selain dengan kedua cara di atas, cara menghilangkan bekas luka bakar yang diakibatkan oleh sinar matahari berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk menjaga kelembaban luka bakar tersebut. Minumlah air putih, sari buah alami, atau minuman bebas kafein lebih banyak selama proses penyembuhan bekas luka bakar akibat sinar matahari (paling tidak dalam beberapa hari pertama). Awalilah dengan minum air putih paling tidk 8 gelas atau 1 liter per hari. Sangat disarankan sekali agar Anda menghindari konsumsi kopi, teh, pop soda, dan minuman berenergi lainnya pada tahapan awal terbentuknya bekas luka bakar.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Alami yang Efektif

Jadi, selama bekas luka bakar akibat sinar matahari yang Anda alami tersebut masih dalam kategori tidak terlalu parah, maka Anda bisa mencoba 3 cara menghilangkan bekas luka bakar akibat sinar matahari tersebut sendiri di rumah. Tetapi sebaliknya, jika bekas luka bakar yang dialami cukup parah, maka segera periksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.