Menu
Informasi tentang Kesehatan

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Pergi ke Pantai

  • Bagikan

Pantai adalah salah satu destinasi wisata favorit banyak orang. Memang, menghabiskan waktu di pantai sering membuat orang pulang dengan hati bahagia. Namun, terkadang ini juga menimbulkan rasa sedih karena terbakar sinar matahari, gigitan serangga, cuaca buruk, sengatan hewan laut, dan sebagainya.

Inilah pentingnya membuat persiapan yang tepat agar kamu bisa menghabiskan waktu di pantai untuk bersenang-senang. Liburan pantai yang menyenangkan memerlukan perencanaan dan pengepakan untuk aktivitas cuaca baik dan buruk, membawa barang-barang penting, dan membawa sikap positif.

Baca juga: Jangan Sampai Post Holiday Syndrome Bikin Malas Bekerja!

Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Pergi ke Pantai

Di bawah ini akan dibahas beberapa persiapan sebelum kamu berlibur di pantai yang akan membantu kamu bersenang-senang.

1. Lindungi diri dari sengatan sinar matahari

Sengatan matahari bisa dengan cepat merusak kebahagiaan dari liburan pantai. Jadi, kamu harus bersiap untuk berurusan dengan hal ini agar tidak akan merusak liburanmu. Pastikan kamu membawa sebotol tabir surya baru spektrum luas untuk perlindungan UVA dan UVB dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Untuk aktivitas luar ruangan yang lama, sebaiknya pilih tabir surya spektrum luas (UVA/UVB) yang tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Untuk perlindungan maksimum, ulangi mengoleskan tabir surya setiap 2 jam sekali. Selain tabir surya, untuk perlindungan tambahan, kamu juga bisa menggunakan bantuan pakaian, seperti topi bertepi luas, pakaian berlengan panjang, atau selendang.

Baca juga: Pentingnya Gunakan Sunscreen untuk Cegah Penuaan Dini

2. Lindungi diri dari gigitan serangga

Gigitan gatal dapat menghilangkan semua kesenangan dari liburan, jadi lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu perlu melindungi diri dari gigitan nyamuk, kutu, atau serangga lainnya. Jika ya, jangan lupa untuk membawa obat nyamuk atau losion anti serangga.

Kamu juga perlu membawa obat pereda gigitan serangga untuk mengurangi rasa gatal. Bawa juga antihistamin karena ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan gatal yang berhubungan dengan gigitan serangga. Selain membawa losion anti serangga dan obat pereda gatal, kamu mungkin perlu mencari informasi tentang cara menghindari gigitan serangga dan penyakit bawaan serangga dari situs web Center for Disease Control dan yang semisalnya.

3. Bawa kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UVA/UVB

Paparan sinar UV matahari dapat menyebabkan kerusakan serius pada kelopak mata, kornea, dan bagian mata lainnya. Jadi, sangat penting untuk mencari kacamata hitam yang menghalangi sinar UVA dan UVB sebanyak 99 hingga 100 persen untuk perlindungan mata yang efektif.

Baca label dengan cermat dan jangan membeli kacamata hitam yang tidak memberikan detail tentang perlindungan UV yang mereka berikan. Untuk perlindungan UV maksimal, pilih kacamata dengan lensa yang besar.

Baca juga: Alergi Sinar Matahari Itu Ada, Lho!

4. Berbagi pantai dengan kehidupan laut

Mengunjungi pantai merupakan cara yang bagus untuk melihat satwa liar yang menarik, baik dari pantai, snorkeling, atau di atas kapal. Persiapkan kunjungan dengan mencari jenis satwa laut apa yang dapat ditemukan di daerah yang hendak kamu kunjungi.

Dengan membekali dirimu dengan informasi tersebut, kamu akan mengetahui bagaimana menjaga diri dan hewan laut di sekitarmu agar tetap aman. Meskipun menggoda untuk berswafoto atau menyentuh hewan laut, kamu harus menjaga jarak demi kebaikan diri sendiri dan satwa tersebut.

5. Jaga diri tetap terhidrasi dengan baik dengan membawa cukup air minum

Sangat penting untuk minum banyak air saat kamu berada di bawah sinar matahari dan panas untuk menghindari dehidrasi. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Aktivitas fisik, berkeringat, dan makan makanan asin dapat menyebabkan dehidrasi, yang pada gilirannya dapat menghambat kemampuan tubuh untuk mengatur suhunya, yang dapat mengakibatkan kelelahan akibat panas atau sengatan panas.

Sering minum air saat berada di bawah sinar matahari dapat membantu kamu tetap terhidrasi dengan baik. Salah satu cara yang ampuh untuk membantu kamu tetap terhidrasi saat sedang beraktivitas di luar adalah membawa botol air minum ukuran besar. Bila perlu, tambahkan es batu agar air tetap dingin dan menambah kesegaran.

Jadi, agar kamu bisa benar-benar bersenang-senang di pantai tanpa memberikan kamu masalah pada akhirnya, pastikan kamu mempersiapkan semua hal di atas sebelum mengunjungi pantai.

Baca juga: Enggak Harus Vacation, Berikut 6 Aktivitas Self Healing di Rumah

Sumber:

Noaa.gov. 5-tips-for-planning-your-best-day-at-beach-noaa-style

Wanderwisdom.com.Top-10-beach-vacation-tips

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.