Menu
Informasi tentang Kesehatan

Balita Tantrum Menjelang Tidur | GueSehat

  • Bagikan

Bagi anak-anak usia balita, tidur sering kali menjadi momen yang tidak disukai, apalagi jika sedang asyik bermain atau melakukan sesuatu. Tak heran jika banyak balita yang tantrum setiap kali mereka disuruh tidur.

 

Menghadapi balita yang tantrum menjelang tidur memang bisa membuat Mums merasa kesal dan kewalahan. Namun, sebelum stres dengan kondisi ini, Mums perlu memahami juga bahwa tantrum yang ditunjukkan si Kecil merupakan bagian dari perkembangannya, yang sebenarnya sangat normal. Nah, lantas bagaimana ya tips menghadapi balita yang tantrum menjelang tidur? Yuk, cari tahu berikut ini!

 

Baca juga: 5 Penyebab Anak Balita Suka Tidur Larut Malam
 

Penyebab Balita Tantrum Menjelang Tidur

Mengetahui penyebab tantrum si Kecil menjelang tidur bisa membantu Mums menentukan cara penanganan yang tepat. Nah, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab balita tantrum menjelang tidur.

 

1. Sakit

Ini merupakan alasan paling umum anak sering kali mengamuk saat disuruh tidur. Saat sakit, balita merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya. Karena keterbatasan kemampuan untuk berkomunikasi secara verbal, ia hanya dapat mengekspresikan rasa tidak nyaman tersebut dengan rewel, mengamuk, dan tantrum.

 

2. Takut

Balita memiliki ketakutan-ketakutan, misalnya takut akan gelap, mimpi buruk, atau merasa jauh dari orang tuanya. Hal-hal yang menakutkan baginya bisa memicu ia menangis dan akhirnya tantrum sebelum tidur.

 

3. Kelelahan

Balita yang terlalu lelah bisa menjadi sangat rewel dan menolak untuk tidur.

 

4. Aktivitas fisik yang kurang

Kelelahan bisa membuat anak menjadi rewel. Namun, kurangnya aktivitas juga bisa membuatnya mengalami tantrum sebelum tidur. Hal ini karena anak-anak memiliki banyak energi. Jika energi tersebut tidak tersalurkan, maka mereka cenderung menolak untuk tidur dan memilih terus bermain.

 

5. Lapar atau haus

Jika si Kecil terlalu lapar atau haus dan sulit mengomunikasikannya, maka ia akan mengekspresikannya dengan menangis sebelum tidur.

 

6. Tidak nyaman

Ketidaknyamanan akibat udara yang terlalu panas, pakaian yang gatal, atau ruam pada kulit bisa membuat balita rewel dan tantrum saat disuruh tidur.

 

Baca juga: Agar Tumbuh Kembang Baik, Mums Harus Membiasakan Balita Tidur Sendiri
 

Tips Menghadapi Balita yang Tantrum Menjelang Tidur

Tantrum si Kecil memang bisa membuat Mums sangat frustasi, apalagi ini terjadi menjelang waktu tidur. Nah, untuk mengatasinya, berikut beberapa tips yang bisa Mums lakukan.

 

1. Tetapkan rutinitas sebelum tidur

Ajak si Kecil untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam. Ini akan membantunya mengetahui bahwa waktu tersebut adalah waktunya untuk tidur, sehingga ia akan mengkondisikan tubuhnya lebih siap dan tidur lebih cepat. Meski begitu, Mums perlu memperhatikan juga bahwa kebutuhan durasi tidur anak akan berubah sesuai pertambahan usianya. Jadi, pastikan untuk menyesuaikannya, ya.

 

2. Konsistensi

Pertahankan konsistensi tentang apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan sebelum si Kecil tidur.

 

3. Lakukan beberapa aktivitas menjelang tidur

Momen-momen menjelang waktu tidur menjadi saat yang penting untuk mempersiapkan si Kecil tertidur nyenyak di malam hari. Pastikan untuk menghindari paparan gadget sebelum ia tidur. Sebagai gantinya, bacakan cerita atau setel musik yang menenangkan, sehingga ia merasa lebih nyaman.

 

4. Biarkan anak memilih apa yang disukainya

Minta anak untuk memilih sendiri mainan favorit atau piyama kesukaannya untuk dikenakan selama tidur. Dengan begini, ia akan lebih sukarela untuk diajak tidur.

 

5. Mandikan anak sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur bisa memberikan efek yang menenangkan. Jadi, cobalah untuk memandikannya beberapa jam sebelum waktu tidurnya.

 

Menidurkan balita bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Mums. Nah, supaya tidak stres, yuk coba lakukan beberapa tips di atas agar momen menidurkan si Kecil bisa menjadi lebih mudah dan tanpa drama. (AS)

 

Baca juga: Memilih Tempat Tidur yang Aman untuk Bayi dan Balita

 

 

Referensi

Mom Junction. Toddler Bedtime Tantrums: Why It Happens And Tips To Manage.

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.