Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Bantal Hangat

  • Bagikan

Perubahan hormon dan fisik selama hamil membuat Mums mungkin merasa mudah lelah sekaligus nyeri di beberapa bagian tubuh. Dalam kondisi seperti ini, Mums akan tergoda untuk menggunakan heating pads atau bantalan hangat agar dapat meringankan ketidaknyamanan tersebut. Akan tetapi, bolehkah ibu hamil menggunakan bantalan hangat ini? Yuk, cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!

 

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Bantal Hangat?

Bantal hangat adalah pilihan yang baik jika Mums mengalami keluhan selama hamil, seperti sakit punggung atau panggul. Tidak seperti sauna atau berendam di bak mandi air hangat yang meningkatkan suhu tubuh inti Mums, penggunaan bantal hangat hanya memunculkan rasa hangat pada bagian tubuh yang terkena bantal saja.

 

Terapi bantal hangat ini dapat membantu membuka pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan membawa pasokan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Hal ini tentu sangat membantu meredakan nyeri sendi, kram, dan juga ketidaknyamanan lain selama kehamilan.

 

Baca juga: 6 Keluhan yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil
 

Apakah Boleh Menggunakan Bantalan Hangat pada Bagian Perut Ketika Hamil?

Meski tergolong aman, beberapa ibu hamil masih banyak yang merasa khawatir, terutama jika bantal hangat digunakan pada bagian perut. Penggunaan bantal hangat di bagian perut saat hamil memang perlu perhatian khusus.

 

Hindari menggunakan atau meletakkan bantal hangat pada bagian perut secara langsung karena dapat membuat bayi merasakan suhu panasnya. Hal ini juga berisiko menyebabkan cacat lahir jika dilakukan terlalu sering.

 

Tips Aman Menggunakan Bantalan Hangat saat Hamil

Untuk memastikan keamanan penggunaan bantal hangat saat hamil, Mums perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

– Jangan gunakan bantalan hangat lebih dari 20 menit dalam satu sesi.

– Hindari menggunakan atau menempatkan bantalan panas langsung di atas perut. Gunakan handuk sebagai alas perantara.

– Apabila Mums menggunakannya pada bagian perut, pastikan suhunya tidak lebih dari 37°C.

– Jika tersedia fitur pengaturan, atur suhu bantalan hangat agar tetap rendah. Hindari menggunakannya pada suhu yang terlalu panas untuk mencegah kenaikan suhu tubuh lebih banyak.

– Hindari menggunakan bantal hangat untuk meredakan nyeri yang berlangsung terus-menerus selama hamil. Jika ini yang terjadi, lebih baik Mums mengonsultasikannya ke dokter untuk penanganan yang tepat.

– Jangan menggunakan bantal panas hingga Mums tertidur karena dapat menyebabkan panas berlebih pada suhu tubuh.

 

Baca juga: Ini Dia Beberapa Hal Memalukan yang Sering Terjadi Selama Hamil
 

Alternatif Lain untuk Mengurangi Ketidaknyamanan Selama Hamil

Penggunaan bantal hangat memang dianggap aman saat hamil. Namun, karena penggunaannya tetap harus dibatasi dan tidak boleh terlalu sering, Mums bisa menggunakan alternatif lain untuk mengurangi ketidaknyamanan yang timbul. Beberapa alternatif tersebut antara lain:

 

1. Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur setiap hari dapat meredakan nyeri tubuh. Cara ini bekerja dengan memperkuat otot-otot yang menopang punggung dan kaki serta melatih postur yang baik. Lakukan olahraga ringan selama hamil, seperti berjalan atau berenang.

 

2. Pijat

Pijat prenatal dapat meredakan nyeri otot dan persendian, yang sering disebabkan oleh perubahan fisik dan hormonal selama kehamilan. Pijat prenatal membantu mengurangi pembengkakan dengan merangsang jaringan lunak pada sendi yang bengkak. Ini juga dapat membantu mengatasi nyeri saraf, seperti nyeri saraf skiatik, dengan menargetkan otot di sekitar area yang sakit dan mengurangi ketegangan di sekitar saraf yang meradang.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Mums ketahui mengenai penggunaan bantal hangat selama hamil. Meski terbilang aman, pastikan Mums memperhatikan beberapa hal untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan. (AS)

 

Baca juga: Rileks dan Bugar selama Hamil dengan Prenatal Yoga
 

 

Referensi

First Cry Parenting. “Heating Pad During Pregnancy – To Use or Not?”.

Healthline. “Is a Heating Pad Safe for Back or Belly While Pregnant?”.

Medical News Today. “Can you use a heating pad while pregnant?”.

Very Well Family. “Can I Use a Heating Pad While Pregnant?”.

 

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.