Menu
Informasi tentang Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon

  • Bagikan

Meski rasanya asam, air lemon dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengontrol berat badan, hingga mencegah dehidrasi. Namun, karena rasa asamnya yang cukup kuat, ibu hamil mungkin menjadi sedikit khawatir ketika meminumnya. Nah, untuk menjawab kekhawatiran tersebut, berikut ini pembahasan apakah ibu hamil boleh minum air lemon atau tidak.

 

Baca juga: Mums, Ini Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil!
 

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Air Lemon?

Air lemon terbilang aman untuk diminum oleh ibu hamil, tetapi dalam jumlah yang sedang. Konsumsi lemon yang terlalu banyak bisa menyebabkan detoksifikasi yang berlebihan. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk memilih air lemon yang dibuat sendiri atau menggunakan buah lemon asli. Hindari meminum air lemon dalam kaleng atau botolan.

 

Manfaat Minum Air Lemon Selama Hamil

Lemon sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Mums peroleh ketika minum air lemon selama hamil.

 

  1. Hidrasi

Air lemon dapat membantu Mums tetap terhidrasi selama hamil. Tubuh yang terhidrasi adalah kunci penting untuk mencegah berbagai masalah yang timbul selama kehamilan, seperti mual, sakit kepala, edema, kram, dan pusing.

 

  1. Meredakan morning sickness

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American Collage of Nurse-Midwives, mengisap lemon dapat membantu meredakan mual dan muntah. Dalam penelitian lain ditemukan juga bahwa hanya dengan menghirup aroma lemon saja sudah dapat mengurangi mual dan muntah.

 

Baca juga: Morning Sickness atau Mual saat Hamil Itu Wajar Kok
 
  1. Mengontrol tekanan darah

Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok kecil wanita hamil menunjukkan bahwa air lemon yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu mencegah hipertensi yang disebabkan oleh kehamilan. Kandunga vitamin C dalam lemon dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

  1. Menjaga sistem pencernaan

Sangat normal jika selama hamil Mums mengalami masalah pencernaan. Nah, air lemon dapat membantu menjaga sistem pencernaan sehingga mengurangai kemungkinan terjadinya masalah pencernaan selama hamil.

 

  1. Mencegah sembelit

Menurut Natural Pregnancy Cookbook by Sonali Ruder, mengonsumsi satu gelas air lemon setiap hari dapat membantu mencegah sembelit.

 

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Air lemon dipercaya dapat membantu mencegah infeks umum, seperti pilek, flu, dan berbagai jenis demam. Kandunga vitamin C dalam lemon dapat membantu meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh dan memerangi bakteri serta virus penyebab penyakit.

 

  1. Mendukung kesehatan tulang

Referensi Asupan Harian (RDI) kalsium dan magnesium selama hamil adalah masing-masing sekita 1.000 dan 350 miligram per hari. Air lemon menawarkan sekitar 26 mg kalsium dan 8 mg magnesium per 100 gram sajian. Dengan demikian, ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan perkembangan tulang Mums dan juga bayi dalam kandungan.

 

  1. Bersifat diuretik

Air lemon dikenal juga dengan sifat diuretiknya yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat.

 

  1. Mengurangi kaki bengkak

Beberaapa orang percaya bahwa meminum sesendok air hangat yang telah dicampur lemon dapat meredakan rasa sakit dan dapat mengurangi edema.

 

  1. Sebagai antioksidan

Lemon diyakini sebagai pembersih alami. Air lemon dapat membantu menghilagkan racun dari tubuh dan dapat melindungi Mums dari risiko infeksi selama kehamilan.

 

  1. Kemungkinan dapat mempermudah persalinan

Meski belum ada bukti ilmiah, namun orang percaya bahwa minum air lemon dengan madu dapat membantu meringankan rasa sakit selama persalinan.

 

Lemon memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Namun, bagi Mums yang ingin mengonsumsinya, pastikan untuk meminum dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan, ya. Pilih juga air lemon yang terbuat dari buah lemon asli, dibanding air lemon kaleng atau botolan. (BAG)

 

 

Baca juga: Apa Dampak Kekurangan Vitamin C pada Ibu Hamil?
 

Referensi

Mom Junction. “Lemon Water During Pregnancy: Safety, Healthy Benefits And Recipes”.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.