Menu
Informasi tentang Kesehatan

Buku Seri Cegah Stunting | Guesehat

  • Bagikan

 

Semua orang tua tentu mengharapkan memiliki anak yang terlahir sehat dan tumbuh kembangnya optimal. Jangan sampai terjadi hambatan tumbuh kembang yang akan berdampak pada masa depannya. Pemenuhan gizi seimbang pada ibu hamil dan menyusui penting untuk memastikan janin dan bayi tumbuh sehat. Nah, Mums harus rutin cek ke dokter begitu hamil, dan dianjurkan memenuhi semua kebutuhan nutrisi penting selama kehamilan.

 

Mums bisa mendapatkan informasi mengenai pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui dari berbagai sumber. Yang utama tentu dari tenaga kesehatan saat Mums berkonsultasi, atau melalui Buku KIA yang diberikan di masa kehamilan, melalui aplikasi kehamilan, internet, dan atau membaca dari buku yang terpercaya.

 

Kabar gembira untuk Mums nih, sekarang sudah ada buku Seri Cegah Stunting yang bisa Mums dapatkan gratis. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKGM, FK-KMK, UGM) yang didukung oleh Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, dan sudah diluncurkan pada 27 Juli lalu.

 

Keempat buku seri cegah stunting dapat diakses secara digital dan gratis oleh masyarakat di website Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia FK-KMK UGM (pkgm.fk.ugm.ac.id).  Mums cukup buka tautan berikut untuk mendapatkan buku secara digital, caranya dengan scan QR Code  pada tautan berikut:

 

Baca juga: Enam Perilaku Penting Mencegah Stunting

 

Jurus Pentahelix untuk Menurunkan Stunting di Indonesia

Angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi. Tiga dari 10 anak Indonesia diperkirakan mengalami stunting pada 2021. Meskipun hasil survey status gizi menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun, jumlah anak stunting sangat bervariasi antar daerah dan masih dikategorikan sebagai masalah kesehatan masyarakat berat menurut ambang batas WHO yaitu 20%.

 

Untuk itu, berbagai strategi nasional telah ditetapkan pemerintah sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan Peraturan Presiden No 72 tentang Percepatan Penurunan Stunting dengan target penurunan hingga 14% pada 2024.

 

Upaya dari berbagai pihak, termasuk penyusunan materi edukasi, penting dilakukan untuk mempersiapkan Generasi Emas Indonesia pada tahun 2045. Keempat buku ini diharapkan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat dalam mendukung upaya penurunan stunting di Indonesia sedini mungkin. Materi edukasi ini berisi tentang pentingnya peran keluarga dan komunitas hingga makanan pendamping yang sesuai dengan fase pertumbuhan anak.

 

Menurut drg. Agus Suprapto, M.Kes., Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), upaya mengatasi masalah stunting bukan hanya tugas pemerintah, namun kolaborasi dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan upaya percepatan penurunan stunting nasional.

 

Buku Seri Cegah Stunting agar dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang isu stunting,” jelas drg. Agus dalam peluncururan secara virtual Buku Seri cegah Stuntung, 27 Juli 2022. 

 

Penanganan stunting di Indonesia memerlukan koordinasi dan keterlibatan antar lima elemen yang disebut pentahelix yaitu pemerintah pusat dan daerah, akademisi atau perguruan tinggi, sektor swasta, masyarakat atau kelompok komunitas, serta media. Pendekatan pentahelix merupakan kunci untuk pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

 

Terkait buku seri ini, Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes., Ketua Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKGM, FK-KMK, UGM) memaparkan, bahwa “Buku Seri Cegah Stunting” terdiri atas 4 seri yaitu Pengenalan untuk Keluarga dan Komunitas, Gizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Menu Lokal untuk Anak Usia 6-11 Bulan, dan Menu Lokal untuk Anak Usia 1-5 Tahun.

 

Keempat seri buku ini juga dapat mudah dipahami, dimana bukan hanya memberi pemahaman tentang stunting dan dampaknya terhadap kesehatan masa depan anak, namun juga berisi tentang peran penting nutrisi serta menu makanan sehat dan seimbang dengan resep berbasis makanan lokal untuk anak pada periode 1000HPK. Buku ini juga dilengkapi dengan lembar interaktif yang bersifat dua arah, sehingga akan lebih mudah diserap dan dimengerti oleh pembaca,” jelasnya.

 

Nah, Mums yuk segera unduh dan baca buku yang sangat berharga ini!

 

Baca juga: Perilaku Salah Berikut ini Memicu Kejadian Stunting Cukup Besar!

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.