Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cara Mengatasi Pertengkaran dengan Teman

  • Bagikan

Pertengkaran dalam hubungan sosial pasti pernah dialami setiap orang. Namun, pertengkaran dengan teman sendiri pasti enggak enak banget kan, Gengs? Nah, untungnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pertengkarannya. 

Untuk mengatasi situasi tersebut, Geng Sehat perlu mengajak sahabat berbicara, dan mencari tahu tentang apa penyebab pertengkarannya dan bagaimana perasaan Geng Sehat terkait pertengkaran tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengajak teman untuk berbicara setelah mengalami pertengkaran? Berikut penjelasannya!

 

Baca juga: Penelitian Ilmiah UGM: Aplikasi Teman Diabetes Terbukti Membantu Pengelolaan Diabetes Secara Mandiri
 

Cara Mengatasi Pertengkaran dengan Teman

Berikut hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi pertengkaran dengan teman!

 

1. Coba Hubungi Dia Duluan

Coba Kamu pikirkan dulu tentang apa yang membuat Kamu marah dan apa yang sebenarnya ingin Kamu sampaikan kepada teman. Setelah itu, baru cobalah hubungi dia. Memikirkan secara baik-baik tentang penyebab pertengkaran kalian dapat membantu memperjelas perasaan Kamu, sehingga nanti lebih mudah saat berbicara bersama.

 

2. Jangan Jaim Jika Kamu Bersalah

Setelah memikirkan baik-baik tentang pertengkaran kalian, Kamu perlu berlapang dada menerima jika mungkin ada kesalahan juga yang Kamu perbuat dan menyebabkan pertengkaran tersebut terjadi.

Setelah mengakui sendiri kesalahan yang Kamu perbuat, Kamu juga berlapang dada mengakui kesalahan tersebut di depan teman Kamu saat kalian bertemu. Supaya pertengkaran bisa diatasi, Kamu tidak boleh jaim untuk berbicara dengan teman, apalagi jika Kamu memang bersalah.

 

3. Buat Candaan saat Berbicara

Berbicara setelah mengalami pertengkaran mungkin menimbulkan suasana canggung. Kecanggungan tersebut bisa membuat pembicaraan menjadi sulit dilakukan, apalagi jika pembicaraan tersebut berhubungan dengan emosi dan rasa frustasi.

Hal ini bisa diatasi dengan mengeluarkan candaan terlebih dahulu sebelum masuk ke pembicaraan. Membuat candaan yang bisa membuat teman kita tertawa akan menghilangkan ketegangan di antara kalian berdua. 

 

Baca juga: Tiba-tiba Perhatian? Kenali Tanda Teman Kerja Naksir Kamu!
 

4. Bicaralah Secara Terbuka

Saat memutuskan untuk bertemu, pilihlah tempat yang nyaman. Yang lebih penting lagi, pilihlah tempat dimana Kamu dan teman bisa berbicara secara pribadi tanpa gangguan orang lain. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Kamu dan teman untuk berbicara secara terbuka dan jujur tentang perasaan Kamu. Suasana yang nyaman dan pribadi juga dapat meningkatkan mood secara positif.

 

5. Dengarkan Jika Teman Menjelaskan Tentang Perasaannya

Penting bagi Kamu untuk mendengarkan apa yang ingin disampaikan teman tentang perasaannya, khususnya terkait pertengkaran kalian. Biarkan teman berbicara dan arahkan perhatian penuh terhadap apa yang ia bicarakan, sehingga Kamu dapat memahaminya. Hal ini juga membantu Kamu mencari dan mengeluarkan respon yang tepat terhadap pikiran dan pendapatnya.

 

6. Kasih Hadiah Sederhana

Menjalin hubungan kembali setelah pertengkaran membutuhkan upaya. Selain mengajak teman berbicara, satu hal lain yang bisa Kamu lakukan adalah memberinya hadiah sederhana. Tidak perlu yang rumit ataupun mahal, sebagai contoh Kamu bisa membelikan teman es krim favoritnya. Hal ini akan membantu menunjukkan kepada teman Kamu bahwa ia adalah orang penting di dalam hidup Kamu, dan bahwa Kamu peduli kepadanya. (UH)

Baca juga: 7 Tips Cepat Move on Jika Mantan Menikahi Sahabat Sendiri

Sumber:

wikiHow. How to Solve a Fight with Your Best Friend. Februari 2020.
Hello Giggles. 10 ways to get through a huge fight with your best friend. Agustus 2017.
Reader’s Digest. 11 Ways to Move Past a Friendship Fight. Februari 2017.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.