Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cara Meningkatkan Berat Badan Anak Secara Sehat

  • Bagikan

Tidak semua anak bisa mengikuti peningkatan berat badan yang dianjurkan sesuai usianya. Kalau anak kurang berat badan, maka tentunya Mums perlu membantu meningkatkannya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan berat badan anak secara sehat?

 

Jika cara Mums meningkatkan berat badan si Kecil dengan memberikannya porsi lebih besar dan membiarkannya makan apa saja, maka hal ini tidak sehat. Yuk Mums, ketahui cara meningkatkan berat badan anak secara sehat!

Baca juga: 5 Kesalahan yang Membuat Anak tidak Mendengarkan Perkataan Orang Tua!
 

Cara Meningkatkan Berat Badan Anak Secara Sehat

Ada perbedaan antara kurus dan kurang berat badan. Kalau anak kurus dan sering mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food, maka yang perlu dilakukan adalah mendorongnya untuk makan lebih sehat dan memberikannya multivitamin jika memang diperlukan. Sementara penelitian menunjukkan bahwa anak yang sulit naik berat badan kemungkinan besar mengalami dampak negatif pada nutrisi, pertumbuhan, aktivitas fisik, dan kesehatannya.

 

Anak-anak yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk menaikkan berat badan di antaranya anak-anak kurang berat badan, suka pilih-pilih makanan (picky eater), memiliki penyakit kronis, dan yang mengonsumsi obat yang bisa mengganggu nafsu makannya. 

 

Apapun alasannya, beberapa tips umum untuk meningkatkan berat badan anak secara sehat di antaranya:

  • Tidak melewatkan waktu makan.
  • Makan 4-5 kali per hari ketimbang makan besar 3 kali sehari.
  • Konsumsi 1-2 kali camilan sehat setiap hari.

 

Selain itu, hindari makanan tinggi energi, tetapi rendah nutrisi, seperti junk food. Berikan makanan tinggi kalori dan juga tinggi nutrisi, seperti whole milk, yoghurt, dan selai kacang. Hindari juga memberikan anak minuman rendah energi, seperti soda dan minuman rasa buah-buahan, karena bisa mengenyangkan tanpa memberikan kalori atau nutrisi yang cukup. Batasi pula minum anak di waktu makan karena bisa membuatnya merasa kenyang. Tak ketinggalan, ajari anak untuk makan ketika ia sangat lapar dan makan setidaknya sedikit, dibandingkan melewati waktu makan, jika sedang merasa tidak lapar. 

 

Baca juga: Apa Itu Balanitis, Peradangan Penis yang Umumnya Dialami Pria yang Tidak Disunat
 

Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Berat Badan Anak Secara Sehat

Mums bisa meningkatkan berat badan anak dengan memberinya makanan tinggi kalori. Namun, pastikan makanannya juga tinggi nutrisi. Berikan anak makanan yang mengandung protein, lemak, dan nutrisi lainnya, contohnya:

  • Cereal dengan whole milk.
  • Keju atau yoghurt yang terbuat dari whole milk atau 2% susu.
  • Telur goreng.
  • Jus jeruk.
  • Selai kacang.
  • Whole milk.

 

Buatlah daftar makanan yang disukai si Kecil, kemudian cari versi yang lebih bernutrisi dari makanan tersebut. Makanan-makanan yang dimaksud harus terdiri dari beragam makanan dari semua kelompok makanan, seperti karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

 

Sebagai variasi untuk membantu meningkatkan berat badan anak secara sehat, Mums dapat memberikan campuran keju ke dalam makanan favorit si Kecil untuk meningkatkan kalorinya. Namun, pastikan terlebih dahulu si Kecil tidak memiliki alergi terhadap susu sapi dan turunannya ya, Mums. (AS)

 

Baca juga: Uji Coba Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun, Hasilnya Tahun Depan

 

Referensi

Very Well Family. How Children Can Gain Weight Healthily. November 2021.
National Institutes of Health. Helping your child: tips for parents and other caregivers. Reviewed October 2019.
American Academy of Pediatrics. Healthy food choices for your family. Updated March 4, 2021.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.