Menu
Informasi tentang Kesehatan

Enggak Harus Vacation, Berikut 6 Aktivitas Self Healing di Rumah

  • Bagikan

Apakah kamu baru saja mengalami sesuatu yang menantang secara emosional? Seperti masalah pekerjaan, kelelahan, masalah dengan teman, dan sebagainya. Saat mengalami hal ini,kamu mungkin tertarik mempelajari strategi untuk menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Self healing adalah strategi penyembuhan luka batin yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Self healing dapat dilakukan ketika sedang sakit, sehat, dan di mana pun. Di sini, kita akan membahas beberapa self healing yang bisa kamu lakukan di rumah.

Baca juga: Mengenal Duck Syndrome, Terlihat Tenang Padahal Sebenarnya Tertekan

Self Healing di Rumah

Biasanya orang akan pergi ke suatu tempat yang sepi, atau traveling dengan alasan self healing. Padahal kamu bisa melakukan self healing di rumah lho! Ini dia aktivitas yang bisa membantu meredakan emosi dan perasaan negatif kamu”

1. Tidur lebih banyak

Faktanya, kita melakukan penyembuhan saat sedang tidur. Sebaliknya, kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan sehingga kita jadi kurang merasa bugar dan tubuh lebih sulit menyembuhkan diri saat sedang sakit.

Kurang tidur juga berkontribusi pada meningkatnya produksi hormon stres, seperti norepinefrin dan epinefrin, yang dapat membuat kita merasa cemas dan kelelahan. Kita mungkin terbiasa memprioritaskan pekerjaan sehingga membuat kita sering begadang dan beraktivitas dalam keadaan lelah. Jadi, tidur lebih banyak bisa menjadi self healing yang cukup ampuh. Misalnya dengan tidur 9 jam semalam atau tidur siang.

2. Melatih pernapasan dalam

Saat sedang mengalami stres, trauma, atau masalah kesehatan fisik, sistem simpatik kita kemungkinan telah diaktifkan untuk sementara waktu. Dan, untuk menenangkan respons simpatik, kita perlu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk membantu kita kembali ke keadaan yang tidak terlalu stres.

Salah satu cara termudah untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis adalah dengan melakukan pernapasan yang dalam dan terkontrol. Pernapasan dalam dan terukur juga menjadi salah satu bagian pokok dalam meditasi.

Baca juga: 7 Fakta Marah yang Menarik untuk Diketahui

3. Menulis daftar rasa syukur

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi depresi serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan adalah dengan menulis jurnal rasa syukur. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology melibatkan 201 peserta sarjana yang diminta menulis beberapa kalimat setiap minggu.

Kelompok kontrol menulis tentang apa yang membuat mereka kesal, kelompok kedua menulis tentang peristiwa netral, dan kelompok ketiga menulis tentang apa yang mereka syukuri. Hasilnya, peserta yang menulis apa yang mereka syukuri dilaporkan merasa lebih optimis, lebih banyak berolahraga, dan tidak banyak mengeluh tentang penyakit fisik.

4. Pesan makanan mewah untuk diri sendiri

Bukan rahasia lagi bahwa orang cenderung memesan makanan mewah untuk kencan, perayaan, atau acara khusus. Selain itu, orang cenderung sulit melupakan suguhan mewah ini dan akan mengaitkan suguhan mewah dengan momen tertentu. Nah, kamu tidak harus menunggu acara khusus untuk bisa makan makanan mewah. Kamu bisa melakukan self healing dengan memesan makanan mewah.

Memanjakan diri dengan makanan yang baik sangat bagus untuk kesehatan fisik dan emosional. Plus, memanjakan diri dengan makanan mewah adalah pengingat pribadi yang bagus bahwa kamu layak mendapatkan perlakuan khusus.

Baca juga: Mengapa Penting Menyenangkan Diri Sendiri?

5. Beres-beres rumah

Bagi sebagian orang, kondisi sekitar yang kacau memberikan efek langsung pada suasana hati dan kesehatan fisik. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Indiana University, orang dengan rumah yang lebih bersih cenderung lebih sehat dan lebih mudah untuk fokus.

Jadi, kalau kamu adalah tipe orang yang terorganisasi, beres-beres rumah mungkin bisa menjadi self healing untukmu. Menyortir lemari, membuang sampah, dan menata meja kerja dapat melakukan keajaiban dalam menyembuhkan pikiran dan menciptakan kedamaian.

6. Minum teh herbal

Herbal menjadi pilihan banyak orang untuk memperbaiki suasana hati. Menyeruput secangkir teh herbal hangat bisa menjadi salah satu metode self healing yang dapat kamu lakukan di rumah. Berikut ini beberapa herbal yang bisa kamu pilih untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh:

  • Kamomil. Kamomil memiliki efek untuk mengurangi gejala kecemasan dalam jangka panjang.
  • Adaptogen. Adaptogen adalah tanaman yang membantu tubuh mengelola stres. Beberapa adaptogen yang efektif termasuk Ashwagandha, Holy Basil, Eleuthero, Jiaogulan, Rhodiola, dan Ginseng
  • Peppermint. Mencium aroma peppermint dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

Sudah jelas, self healing tidak harus dilakukan di tempat yang jauh dan sepi. Semua hal di atas adalah self healing yang bisa dilakukan di rumah.

Baca juga: Healing Through Art, Pendekatan Unik Atasi Gangguan Mental

Sumber:

Berkeletwellbeing.com. Self healing

Womansday.com. Self Care Idea

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.