Menu
Informasi tentang Kesehatan

Ganti Makanan dan Minuman Ini untuk Menurunkan Gula Darah

  • Bagikan

Diabetes sangat dipengaruhi dengan gaya hidup sehat. Penderita diabetes harus hidup sehat dan pintar. Oleh sebab itu, Diabestfriends harus pintar-pintar memilih makanan. Salah satunya adalah dengan menggani makanan dan minuman tertentu yang berpotensi meningkatkan gula darah dengan makanan dan minuman yang rendah gula untuk menurunkan gula darah!

Baca juga: Berisiko Fatal pada Penderita Diabetes, Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner!

Ganti Makanan dan Minuman Ini untuk Menurunkan Gula Darah

Bagaimana tips mengganti makanan yang kurang baik dengan makanan atau minuman yang aman untuk orang dengan diabetes? Coba mulai sekarang kakukan perubahan berikut ini:

1. Ganti nasi dengan sayuran

Nasi sangat cepat menaikkan gula darah. Tapi kalau tidak makan nasi tidak kenyang. Solusinya, ganti nasi dengan sayuran kembang kol. Caranya, hancurkan satu kembang kol menggunakan blender sehingga didapatkan tekstur yang mirip nasi dari segi butirannya. Ini bisa menjadi alternatif nasi tanpa tepung.

Alternatif lain, ganti nasi dengan karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna sehingga tidak membuat gula darah melonjak, misalnya beras merah atau oat yang dilengkapi dengan sayuran tinggi serat di dalam piring makan Diabestfriends!

2. Ganti yoghurt berperasa dengan Greek Yogurt

Yogurt yang ditambah rasa tertentu biasanya tinggi gula. Diabestfriends bisa menggantinya dengan plain yoghurt. Sebagai penambah rasa manis, untuk memenuhi keingininan untuk mengonsumsi makanan manis boleh mencampurkan buah-buahan segar dan kayu manis.

Greek yogurt memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis yogurt lainnya. Hal ini akan membuat Diabestfriends lebih cepat kenyang, namun kenaikan kadar gula darah juga lebih rendah.

3. Ganti oatmeal manis dengan yang tawar

Mungkin Diabestfriends tergiur mengonsumsi oatmeal olahan yang sudah ditambah rasa. Ternyata, mengganti oatmeal manis dengan yang tawar atau plain jauh lebih sehat. Mengonsumsi oatmeal tawar baik untuk kesehatan, dan Diabestfriends bisa memberikan rasa dengan bahan-bahan alami, seperti selai kacang alami, kayu manis, buah segar, atau kacang-kacangan.

Baca juga: 5 Karbohidrat yang Cepat Menaikkan Gula Darah, Nasi Putih di Posisi Berapa?

4. Ganti granola dengan kacang-kacangan

Mungkin Diabestfriends sering dengar bahwa granola merupakan pilihan makanan yang lebih sehat. Namun, granola olahan biasanya sudah ditambah gula dan lemak. Lebih baik ganti dengan aneka kacang-kacangan yang merupakan pilihan camilan yang lebih baik dan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

5. Ganti minuman tinggi gula dengan air putih

Kalau Diabestfriends sudah biasa minum jus atau soda, maka keinginan untuk mengonsumsinya bisa diatasi dengan minum air putih yang diberikan rasa tertentu. Kalau Diabestfriends ingin minum yang manis-manis, bisa diatasi dengan mencampuri potongan buah-buahan segara ke dalam air putih.

6. Ganti mies instan dengan mie berbahan sayuran

Supaya gaya hidup sehat, hindari atau kurangi konsumsi mie biasa yang mengandung tepung terigu. Diabestfriends bisa memilih mie dengan bahan dasar zucchini atau labu. Beberapa wanita juga mengakui bahwa pasta berbahan dasar sayuran baik dikonsumsi untuk orang-orang yang ingin sulit mengonsumsi sayuran.

7. Ganti esk krim dengan pisang

Pisang bisa menjadi alternatif es krim jika Diabestfriends melumatkan dan membekukan buah tersebut. Selai pisang pada roti gandum juga merupakan alternatif yang baik untuk mengurangi asupan karbohdirat.

Ketujuh hal di atas bisa dilakukan sebaga makanan dan minuman pengganti yang lebih sehat. Namun, untuk lebih jelasnya, Diabestfriends konsultasi dulu dengan dokter, ya. Sebaiknya, Diabestfriends didampingi oramg terdekat dalam memilih makanan dan minuman sesuai rekomendasi dokter, ya! Sehingga, orang terdekat tersebut bisa memberikan bantuan psikologis untuk Diabestfriends!

Baca juga: Jangan Ngopi Setelah Bangun TIdur, Begini Cara Menikmati Kopi dengan Cara Sehat!

Sumber:

WebMD. Simple Swaps to Help Lower Blood Sugar. Juni 2022.
American Diabetes Association: “Swaps for Sustainable Healthy Diets.”
Diabetes UK: “Yogurts,” “Healthy Swaps: Breakfast,” “Fresh Tomato Sauce,” “Salad Dressings.”
The University of Tennessee Medical Center: “The Benefits of Eating Greek Yogurt.”
Mayo Clinic: “Nuts and your heart: Eating nuts for heart health.”
Healthline. Swaps to Transform Your Holiday Dishes for a Type 2 Diabetes Diet. 2022.
Jenkins DJA, et al. (2012). Effect of legumes as part of a low glycemic index diet on glycemic control and cardiovascular risk factors in type 2 diabetes mellitus: A randomized controlled trial. DOI:
10.1001/2013.jamainternmed.70
Make healthy meals with the Eat Well Plate. (2020).
food-guide.canada.ca/en/tips-for-healthy-eating/make-healthy-meals-with-the-eat-well-plate/
Mediterranean diet. (n.d.)
oldwayspt.org/traditional-diets/mediterranean-diet

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.