Menu
Informasi tentang Kesehatan

Gula Darah Terkontrol, Tapi Kenapa Tambah Gemuk Ya?

  • Bagikan

Tujuan dari perawatan diabetes tipe 2 adalah menjaga diabetes terkontrol. Berolahraga, makan dengan benar dan tetap mempertahankan berat badan yang sehat adalah kunci mengendalikan diabetes.

Pada sebagian penderita diabetes, langkah-langkah pengendalian tadi tidak cukup. Biasanya mereka membutuhkan terapi insulin untuk mengendalikan diabetes. Salah satu efek samping insulin adalah penambahan berat badan. Jadi, jika diabetes bisa dikendalikan namun berat badan kok malah naik, bisa jadi penyebabnya insulin.

Berikut fakta tentang insulin dan efek samping peningkatan berat badan.

Baca juga: Masih Ragu Pakai Insulin, Pelajari Dulu Yuk Cara Kerja Insulin!

Kaitan antara Insulin dan Penambahan Berat Badan

Penambahan berat badan bisa jadi membuat frustrasi. Pengguna insulin mungkin galau, kenapa berat badannya terus meningkat setelah menggunakan insulin.

Padahal, penambahan berat badan adalah tanda bahwa insulin bekerja dengan baik. Tubuh menggunakan gula, lemak, dan protein secara lebih efektif dan mampu menyimpan nutrisi. Inilah penyebab berat badan meningkat.

Biasanya, nafsu makan meningkat ketika gula darah sedang tinggi.(Ini adalah gejala utama penderita diabetes. Ketika tubuh dapat memanfaatkan nutrisi dengan lebih baik dan mampu menyimpannya, maka yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan asupan makanan untuk menjaga berat badan yang sama.

Pengguna insulin yang mengalami kenaikan berat badan harus melakukan penyesuaian lebih lanjut jika ingin mencoba menurunkan berat badan. Jika asupan makanan (baik jumlah maupun jenisnya) tidak disesuaikan, maka yang terjadi adalah bberat badan yang terus bertambah.

Jangan sekali-kali mengehentikan terapi insulin tanpa konsultasi dengan ahli, karena menghindari kenaikan berat badan. Insulin dibutuhkan ketika perawatan lain tidak cukup efektif atau dikontraindikasikan (tidak boleh digunakan karena bisa berbahaya bagi orang tersebut). Coba diskusikan dengan tenaga kesehatan untuk menentukan jenis insulin yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Sebelum berdiskusi dengan dokter,

Baca juga: Berat Badan Turun Drastis, Awas Tanda Diabetes

Penyebab Lain Berat Badan Penderita Diabetes Meningkat

Selain insulin, ada beberapa faktor yang bisa membuat berat badan meningkat pada orang dengan diabetes. Salah satunya karena rehidrasi yang lebih baik. Orang dengan diabetes sangat rentan mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil dan haus. Pengelolaan diabetes yang benar membuat tubuh memiliki kesempatan lebih baik untuk rehidrasi, dan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan ringan.

Obat-obatan diabetes yang dikonsumsi atau obat non-diabetes juga terkadang menyebabkan orang dengan diabetes bertambah gemuk.

Jadi Kamu mengalami penambahan berat badan, baik disebabkan efek samping insulin ataupun faktor lainnya, coba lakukan tiga tips ini:

1. Tingkatkan diet + olahraga

Dua hal ini, diet dan olahraga, selalu penting jika berbicara tentang pengelolaan diabetes. Bicaralah dengan dokter dan spesialis nutrisi tentang rencana makanan yang bisa mengimbangi efek insulin. Kamu mungkin harus menambah lebih banyak aktivitas atau olahraga setiap hari. Terkadang, dosis insulin harus disesuaikan (biasanya diturunkan) saat berolahraga.

Jangan menyesuaikan sendiri dosis atau waktu insulin hanya karena ingin makan lebih banyak kalori. Kamu justru akan semakin berisiko mengalami kenaikan berat badan.

2. Evaluasi kembali jenis obat dan insulin yang digunakan

Beberapa obat untuk diabetes tipe 2 dapat menyebabkan penurunan berat badan, sebagai manfaat sampingan. Kamu dapat berdiskusi dengan penyedia layanan kesehatan jika menginginkannya, dan kemudian menyesuaikan dosis insulin.

Atau sebaliknya, jika Kamu tidak menggunakan insulin namun mengalami kenaikan berat badan, mungkin ada pengaruh dari obat antidiabetes yang diminum. Tanyakan kepada dokter apakah ada pilihan obat lain yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Mengelola diabetes adalah sebuah tantangan. Sejak awal, rencana perawatan sebaiknya didiskusikan bersama antara pasien dan dokter. Selalu kedepankan perubahan gaya hidup sehingga ketergangungan pada obat antidiabetes atau insulin bisa dikurangi. Ini berarti lebih sedikit biaya yang dikeluarkan dan lebih sedikit potensi efek samping yang dialami.

Baca juga: Diabestfriends, Kenali Efek Samping Obat Diabetes

Sumber:

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.