Menu
Informasi tentang Kesehatan

Ide Relaksasi untuk Ibu | GueSehat

  • Bagikan

Menjalani peran sebagai seorang ibu tentu bukan hal mudah. Ada begitu banyak rutinitas yang perlu dilakukan, baik itu pekerjaan mengurus rumah, menemani si Kecil, atau bahkan menyelesaikan pekerjaan kantor.

Semua rutinitas yang padat ini tak jarang membuat Mums mungkin merasa begitu lelah atau bahkan stres. Nah, untuk mengurangi stres tersebut, coba yuk Mums lakukan beberapa hal berikut untuk merelaksasi diri!

 

Baca juga: Pentingnya Me Time Untuk Ibu Di Rumah

 

Ide Relaksasi untuk Mums

Biar enggak stres setelah melakukan rutinitas sebagai seorang ibu selama seharian penuh, yuk Mums coba lakukan kegiatan berikut untuk merelaksasi diri.

 

  1. Lakukan hobi

Melakukan hobi ternyata dapat mengaktifkan hormon bahagia, salah satunya hormon serotonin di sel-sel otak. Produksi hormon ini dapat mengurangi rasa penat dan juga stres setelah seharian melakukan rutinitas padat. 

Nah, jadi cobalah untuk melakukan kegiatan yang Mums sukai, misalnya membaca buku, menulis jurnal harian, atau bahkan memasak. 

 

  1. Meditasi atau yoga

Sejumlah penelitian telah membuktikan manfaat dari meditasi dan yoga untuk kesehatan fisik serta psikologis. Beberapa manfaat tersebut antara lain mengurangi kecemasan, depresi, insomnia, stres, dan kelelahan yang berlebihan.

 

  1. Berjalan-jalan sendiri

Kalau biasanya Mums bepergian harus mengajak Dads atau si Kecil, nah kali ini cobalah untuk berjalan-jalan sendiri. Mums bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah atau pun ke mall. Nikmati hal-hal baru yang mungkin saat ini terlewat karena Mums terlalu sibuk menjalani rutinitas sebagai seorang ibu. Dijamin deh setelah pulang dari berjaln-jalan, tubuh dan pikiran Mums bisa menjadi lebih rileks.

 

  1. Tidur atau beristirahat

Tidur yang berkualitas atau sekadar beristirahat lama mungkin menjadi momen langka bagi kebanyakan ibu. Tentu saja ini karena rutinitas Mums yang begitu padat. Nah, untuk merelaksasi diri, cobalah manfaatkan waktu selama beberapa jam untuk tidur dan beristirahat lebih panjang dari biasanya. Saat beristirahat dan tidur, Mums bisa meminta bantuan Dads sebentar untuk menjaga si Kecil dan menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga.

 

Baca juga: 10 Ide Me Time Kurang dari 2 Jam untuk Wanita
 
  1. Melakukan perawatan diri

Sebagai seorang ibu dengan berbagai kesibukannya, Mums seringkali melupakan pentingnya perawatan diri. Padahal perawatan diri ini juga dibutuhkan Mums lho untuk menjadi lebih rileks dan tidak stres. 

Oleh karena itu, cobalah luangkan waktu untuk melakukan perawatan diri seperti melakukan pijat atau bahkan bisa dengan sekadar berendam di dalam bathtub berisi air hangat.

Mums juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan kulit dan tubuh dengan berbagai wewangian yang memiliki efek relaksasi. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan wewangian yang mungkin bisa Mums gunakan saat relaksasi perawatan diri:

Indonesia adalah produsen terbesar patchouli di seluruh dunia. Wewangian patchouli paling efektif di pagi hari karena dapat menciptakan rasa semangat.

Ylang memiliki wangi yang menenangkan, menyenangkan, dan juga manis. Nah, jika Mums akhir-akhir ini merasa cukup lelah, stres, dan kurang bisa tidur, Mums bisa menggunakan wewangian ylang agar tidur lebih nyenyak.

Bergamot memiliki aroma sitrus yang berasal dari pohon citrus bergamia. Bergamot termasuk salah satu wewangian yang banyak diminati karena wanginya yang cukup kuat dan juga khas. Bergamot memiliki efek yang menenangkan sehingga dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Vetiver banyak ditemukan di Haiti, tetapi jenis rerumputan ini ternyata juga banyak ditemukan di Indonesia, terutama daerah Garut.

Vetiver memiliki aroma citrus yang segar, smoky dan woody yang hangat, serta floral yang seksi. Vetiver juga sangat umum digunakan sebagai bahan aromaterapi karena memiliki sejumlah manfaat untuk relaksasi.

“Vetiver ini memiliki kandungan bahan alami yang baik untuk kulit, serta senyawa aromatik yang memberi efek relaksasi,” ujar Salindri Sanningputri, Marketing Executive Botanical Essentials dalam acara Media Gathering for Botanical Essentials First Anniversary, 30 Juni lalu.

 

Nah, tunggu apa lagi Mums, yuk lakukan berbagai aktivitas yang bisa merelaksasi diri seperti disebutkan di atas! Jangan lupa juga untuk menggunakan produk perawatan diri dengan wewangian yang menenangkan ya, Mums. Dijamin tubuh Mums akan lebih rileks dan pikiran pun enggak stres lagi. (BAG)

 

Baca juga: Mums, Yuk Contek Ide Me Time 4 Selebritas Internasional Berikut!

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.