Menu
Informasi tentang Kesehatan

Ini Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk TK!

  • Bagikan

Salah satu kekhawatiran terbesar orang tua adalah ketika anak memasuki masa sekolah. Wajar saja jika hal ini menjadi kekhawatiran Mums maupun si Kecil. Pasalnya, hal ini membawa rutinitas baru, wajah-wajah-wajah baru, lingkungan yang asing, serta pengalaman baru bagi si Kecil maupun Mums sendiri.

Beberapa anak bisa cepat menyesuaikan diri ketika masuk TK atau taman kanak-kanak. Namun, sebagian anak lainnya membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan diri, dan hal ini normal Mums.

Maka itu, penting bagi Mums untuk memahami keterampilan yang perlu dimiliki anak sebelum masuk TK. Yuk, baca penjelasannya!

Baca juga: Balita Susah Tidur Siang, Harus Bagaimana, Ya?

Kesiapan Anak untuk Masuk TK

Menurut ahli, kesiapan anak untuk masuk TK terdiri dari tiga kategori: akademik (bahasa dan matematika), sosial-emosional, dan perilaku. Namun sebenarnya, setiap TK memiliki standar kesiapan berbeda-beda, jadi Mums perlu memahami TK pilihan Mums secara spesifik.

Beberapa orang tua dihadapi dengan situasi lebih sulit, misalnya apakah anak harus dimasukkan ke dalam TK tahun ini atau menunda satu tahun lagi. Hal ini tidak dianjurkan ya, Mums. Beberapa orang tua menunda anaknya masuk ke TK di tahun yang seharusnya, sehingga membuat sang anak memiliki jarak usia dengan teman-teman sekolahnya. Hal ini akan lebih sulit untuk sang anak.

Baca juga: Menjelang Libur Sekolah, Yuk Simak Tips Staycation Bersama Anak Berikut Ini!

Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk TK

Ada beberapa keterampilan khusus yang akan menguntungkan si Kecil jika ia sudah memilikinya sejak sebelum masuk TK. Salah satunya adalah keterampilan bahasa dan matematika.

Mums harus mempertimbangkan apakah si Kecil sudah bisa mengutarakan kalimat, menyebutkan huruf alfabet, mengingat namanya sendiri, serta menghitung dari satu sampai sepuluh.

Terkait bahasa, apakah si Kecil bisa menggunakan kalimat untuk mengekspresikan diri mereka, dan apakah kebanyakan dari kata-kata yang diucapkan cukup jelas? Terkait kesiapan perilaku, bisakan si Kecil bermain dan berbagi?

Ahli berpendapat bahwa keterampilan sosial dan emosional lebih bisa memprediksi kesuksesan masa depan si Kecil, karena keduanya memengaruhi kesehatan dukungan anak ketika dihadapkan dengan kesulitan dan kebahagiaan dalam hidup. Termasuk juga dengan keterampilan si Kecil dalam mengontrol emosi ketika dihadapkan dengan kekecewaan, menggunakan kamar mandi sendiri, dan makan sendiri secara independen.

Baca juga: Mums, Ini Pentingnya Anak Belajar Matematika Sejak Usia Prasekolah!

Contoh Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk TK

Ingat Mums, tidak semua anak mengalami perkembangan pada waktu yang sama, jadi tidak perlu khawatir kalau si Kecil belum memiliki sejumlah milestone atau perkembangan di bawah ini sebelum masuk TK:

  • Makan secara mandiri
  • Menggunakan kamar mandi sendiri dan mencuci tangan
  • Memegang pensil dengan benar
  • Menghitung dengan suara kencang sampai angka 10
  • Menggambar atau mencoret-coret untuk mengekspresikan ide
  • Membuka satu halaman di buku
  • Melempar bola
  • Jalan kaki dalam garis lurus ke depan maupun ke belakang
  • Menunggu dan mendengarkan orang lain ketika sedang berbicara
  • Mengetahui nama depan dan belakang mereka

Perlu diketahui bahwa semua anak yang sudah memasuki usia TK memiliki perkembangan milestone mereka masing-masing. Semua anak seharusnya bisa diterima di TK manapun.

Jika si Kecil memiliki kesulitan untuk bisa mandiri, maka sebaiknya memiliki perencanaan pendidikan dengan sumber yang tepat untuk mendukung pengalaman sekolahnya. Hal ini khususnya penting untuk anak-anak yang mungkin memiliki kebutuhan dukungan tambahan, misalkan anak dengan kondisi ADHD atau autisme.

Sumber:

Very Well Family. Skills Your Kid Needs to Know Before Kindergarten. Juni 2022.
Utah Education Network. Kindergarten readiness checklist.

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.