Menu
Informasi tentang Kesehatan

Jenis Kepribadian Langka | Guesehat

  • Bagikan

Geng Sehat pasti pernah dengar atau bahkan melakukan tes MBTI kan? MBTI adalah tes kepribadian berupa kuesioner yang bisa dilakukan sendiri. MBTI mengelompokkan kita ke dalam satu dari 16 kepribadian.

 

Nah dari 16 tipe kepribadian ini, ada satu nih yang paling menonjol dan dikenal sebagai si intelektual, yaitu tipe kepribadian INTP. Menurut survey hanya 3% orang di dunia ini yang punya kepribadian INTP. Apakah Geng Sehat salah satunya?

 

Baca juga: Sukses Enggaknya Resolusi Tahun Baru Tergantung Kepribadian
 

Mengenal Tipe Kepribadian INTP

INTP merupakan singkatan dari introverted (introvert), intuitive (intuitif), thinking (berpikir), dan perceiving (memahami). Tipe kepribadian ini hanya dimiliki sekitar 3% dari populasi dunia, untuk lebih spesifiknya, 5% pria dan 2% wanita.

 

Menurut ahli dan psikolog, orang dengan tipe kepribadian INTP pendiam dan intelektual, serta suka menghabiskan waktu sendiri. Mereka selalu berpikir dan mencoba untuk mencari tahu suatu hal. Mereka juga bisa lebih mengutamakan intelek ketimbang emosi. Orang dengan tipe kepribadian INTP berpikir logis.

 

Salah satu contoh tokoh yang memiliki kepribadian INTP adalah Albert Einstein. Kemampuannya untuk berpikir intuitif, kreatif, dan intelijen dalam membuat terobosan teori-teori fisika membuatnya menjadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

 

Orang dengan tipe kepribadian INTP bisa berpikir di luar kotak dan melihat gambaran besar dari suatu situasi. 

 

Baca juga: Kok Bad Mood, Ya?
 

5 Ciri Utama Orang dengan Tipe Kepribadian INTP

Ada lima nih, ciri utama yang ada pada orang dengan tipe kepribadian INTP:

 

1. Intelektual

Kalau ada satu hal yang menjadi ciri khas dari kelompok kepribadian INTP, yaitu mereka selalu melihat hal dari sudut pandang yang logis dan memiliki perspektif yang berpusat pada mencari solusi.

 

Orang dengan tipe kepribadian INTP suka memecahkan masalah, melihat hal dari gambaran besar, dan menghabiskan waktu di dalam pikiran mereka sendiri. 

 

2. Pemikir Abstrak

Orang dengan tipe kepribadian INTP cenderung dipenuhi pemikiran abstrak, yang masih berhubungan dengan logis mereka dan bersifat intuitif. Intuisi sendiri adalah mengumpulkan informasi dari perspektif gambaran yang lebih besar dan luas, yang sulit dilihat dari sudut pandang lebih spesifik.

 

Dari aspek ‘T=berpikir’ dalam INTP, orang dengan tipe kepribadian ini suka membuat keputusan berdasarkan fakta dan logika. Jika intuitif dan berpikir digabungkan, maka akan menghasilkan pemikiran yang unik. 

 

3. Independen

Menurut ahli dan psikolog, orang dengan tipe kepribadian INTP dikenal mandiri atau independen. Mereka tidak masalah menghabiskan waktu sendiri. Selain independen, orang INTP juga loyal dan penyayang dengan orang-orang terdekat. Namun, mereka terkadang sulit untuk membagi atau mengutarakan perasaan mereka. 

 

4. Kreatif

Kreatif dalam hal ini bukan berarti orang INTP bisa membuat lukisan atau hal-hal yang berkaitan dengan seni, namun cenderung lebih mengarah kepada proses cara berpikir. Mereka memiliki cara berpikir yang abstrak. 

 

5. Pendiam

Jangan berharap orang dengan tipe kepribadian INTP suka ngobrol dan terbuka ketika pertama kali bertemu dengan mereka. Lama kelamaan, mereka akan mulai membuka diri jika sudah dekat, namun orang dengan tipe kepribadian ini bisa sedikit pemalu.

 

Menurut ahli dan psikolog, orang dengan tipe kepribadian INTP bisa memiliki keraguan terhadap diri sendiri dan kemampuan mereka sendiri dalam mengerjakan suatu hal. 

 

Orang dengan kepribadian INTP memiliki kelebihan umum mereka miliki, yaitu:

  • Berpikir abstrak
  • Memecahkan masalah
  • Loyal
  • Logis
  • Kreatif
  • Mandiri

 

Orang dengan kepribadian INTP juga memiliki kelemahan nih, di antaranya:

  • Meragukan diri sendiri
  • Insensitif atau dingin terhadap orang lain
  • Masalah dalam berkomunikasi dan mengutarakan perasaan

 

Baca juga: 5 Ciri Kepribadian Anak yang Berbeda
 

Tipe Kepribadian INTP dalam Berhubungan

Orang dengan tipe kepribadian INTP mungkin membutuhkan waktu untuk membuka diri. Namun, begitu sudah terbuka, mereka bisa menjadi sangat loyal dan penyayang. Namun, mereka juga sangat independen, sehingga mungkin bisa sulit membangun kepercayaan.

 

Karena orang dengan tipe kepribadian ini suka berpikir abstrak dan memecahkan masalah, mereka senang memiliki pasangan yang bisa menyesuaikan dengan pemikiran mereka, serta menstimulasinya secara intelektual. Oleh sebab itu, tipe kepribadian INTP kompatibel dengan sesama orang INTP, dan juga orang dengan kepribadian INFP, ENTP, dan INTJ.

 

Kalau Kamu menjalin hubungan dengan orang dengan tipe kepribadian INTP, ada baiknya jika berterus terang dalam berkomunikasi. Kamu juga sebaiknya menciptakan lingkungan yang aman dan terbuka karena tipe kepribadian ini bisa sulit mengekspresikan emosi mereka

 

Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INTP

Orang dengan kepribadian INTP cocok dengan karir atau pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk berpikir dan memecahkan masalah. Mereka juga menyukai pekerjaan dimana mereka bisa bersikap kreatif pada kapasitas tertentu, seperti pekerjaan dalam bidang teknologi, sains, bisnis, dan banyak lagi.

 

 

Sumber:

Mindbodygreen. The INTP Personality: Key Traits, Strengths, Weaknesses + More. Mei 2022.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.