Menu
Informasi tentang Kesehatan

Jonatan Christie Menjaga Kesehatan Mata

  • Bagikan

Terkadang kita suka lupa untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, fungsi mata sangat penting, salah satunya bagi atlet bulu tangkis Jonatan Christie. Menurutnya, jika mata kita tidak sehat, akan sangat berbahaya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan bekerja. “Kalau mata lagi enggak sehat, pekerjaan jadi kacau,” ujarnya.

 

Saat ditemui dalam acara peluncuran INSTO yang baru, INSTO Cool, pada Rabu 27 Juli 2022, pria pemilik nama lengkap Leonardus Jonatan Christie itu menyebutkan bahwa ia sering mengalami mata iritasi, merah, dan kelelahan, baik saat latihan fisik, bertanding, maupun ketika terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC.

 

Jonatan rutin melakukan latihan fisik di outdoor demi menjaga staminanya di lapangan. Dalam seminggu, ia bisa latihan fisik, seperti lari, sebanyak 3-4 kali pada pukul 07.00-09.00 pagi. Selama itulah, paparan debu, polusi, dan matahari yang terlalu lama cukup mengganggu dan sering membuat matanya bermasalah.

 

Selama bertanding, matanya juga harus selalu awas untuk memperhatikan pergerakan bola. Terkadang, ia bisa bermain selama 1-1,5 jam penuh. Belum lagi ia banyak berada di dalam ruangan ber-AC, sehingga tidak heran matanya rentan kelelahan dan agak merah.

 

Baca juga: Solusi untuk Mums Bermata Minus agar Nyaman Beraktivitas Sepanjang Hari

 

Lebih Sulit Bertanding di Asia

Dari semua negara yang disambangi untuk bertanding, Jonatan mengaku yang paling berat adalah berlaga di Asia, terutama di Asia Tenggara. Pasalnya, kondisi cuaca yang cukup panas dan kondisi udaranya pun tidak jauh berbeda. Jadi, butuh persiapan yang lebih dalam menjaga kondisi matanya.

 

“Namanya bulu tangkis kan dibutuhkan kecepatan. Kalau mata iritasi, enggak enak banget, lah, akan mengganggu pertandingan,” ungkap Jonatan. “Ini kan hal-hal kecil yang kesannya sepele, tetapi bisa merusak hal yang besar. Jadi, memang harus diperhatiin,” lanjutnya lagi.

 

Baca juga: Ingin Mendonorkan Kornea, Prosedurnya Mudah!

 

Tips Jaga Kesehatan Mata ala Jonatan Christie

Pria berusia 24 tahun ini menyebutkan beberapa cara untuk selalu menjaga kesehatan matanya, “Kalau aku pribadi pasti harus makan makanan yang bisa membuat mata kita tuh sehat. Kalau aku tuh lebih suka minum jus wortel sama tomat karena itu baik buat mata. Aku juga banyak makan sayur. Berolahraga dan tidur yang cukup juga pastinya.” Selain itu, ia juga selalu menyiapkan obat tetes mata untuk berjaga-jaga bila matanya merah dan iritasi.

 

Mengonsumsi makanan yang sehat memang bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mata. Geng Sehat bisa mengonsumsi buah dan sayuran berwarna kuning, sayuran berwarna hijau, serta ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna.

 

Rajin berolahraga juga dapat dilakukan untuk mencegah risiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Pasalnya, masalah-masalah kesehatan tersebut mampu meningkatkan risiko masalah mata.

 

Bila kamu sering menggunakan gadget, maka istirahatkan mata dengan menggunakan metode 20-20-20, yakni mengalihkan pandangan sejauh 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik, setiap 20 menit sekali. Jangan lupa dipraktikkan ya, Gengs! (AS)

 

Baca juga: 6 Bahaya Mengucek Mata, Jangan Dibiasakan!

  

Referensi

Liputan acara INSTO Cool

MedLine Plus: Eye Care 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.