Menu
Informasi tentang Kesehatan

Kelebihan Membuat MPASI Sendiri | GueSehat

  • Bagikan

Ketika si Kecil memasuki usia 6 bulan, ia sudah bisa mengonsumsi makanan padat atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Pada periode ini, biasanya Mums akan sangat semangat mencoba berbagai resep MPASI terbaru untuk diberikan kepada si Kecil. Nah, membuat MPASI sendiri ternyata memiliki banyak kelebihan, lho. Kira-kira apa saja ya kelebihan membuat MPASI sendiri? Yuk, cari tahu selengkapnya!

 

Baca juga: Hindari Stres Saat Anak Mulai MPASI
 

Kelebihan Membuat MPASI Sendiri

Bagi beberapa Mums, memilih dan meracik sendiri bahan-bahan untuk MPASI si Kecil adalah hal yang menyenangkan. Tak hanya itu, ternyata ada banyak kelebihan lain lho dari membuat MPASI sendiri di rumah. Berikut di antaranya!

 

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si Kecil

Saat membuat MPASI rumahan, Mums dapat menambahkan jenis sumber vitamin dan nutrisi sesuai kebutuhan si Kecil. Mums juga bisa mengenalkan si Kecil pada banyak rasa.

 

2. Rasa yang lebih enak

Ketika membuat MPASI sendiri, Mums dapat menambahkan bumbu dan juga rempah, sehingga rasanya menjadi semakin nikmat. Si Kecil pun bisa mendapatkan manfaat tambahan dari bumbu dan rempah tersebut.

 

3. Mengajarkan kebiasaan makan sehat

Dengan membuat MPASI sendiri, si Kecil akan belajar merasakan, melihat, dan mencium rasa alami dari makanan yang asli dan segar. Pada awal masa perkenalan, mungkin proses makan menjadi sedikit berantakan karena anak menolak mencoba atau tidak suka dengan makanan tertentu. Namun, di awal-awal masa MPASI hanyalah sebagai tahap perkenalan untuk lidahnya. Lama-kelamaan si Kecil baru terbiasa untuk makan lebih banyak.

 

Baca juga: Informasi Penting tentang Menu MPASI 6 Bulan
 

4. Mengenalkan tekstur dan konsistensi

MPASI instan biasanya memiliki tekstur dan konsistensi yang serupa. Hal ini tentu sangat berbeda jika Mums membuatnya sendiri. Mums bisa membuat MPASI menjadi lebih kental atau cair. Selain itu, ketika membuat MPASI sendiri, Mums juga dapat memainkan tekstur dari MPASI yang ingin diberikan, seperti menambahkan sayur atau buah-buahan.

 

5. Membuat fase transisi ke makanan keluarga lebih mudah

Meksi teksturnya berbeda, MPASI yang dibuat sendiri memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan makanan keluarga. Hal ini tentu memudahkan si Kecil ketika akan beralih ke makanan keluarga. Ia sudah memiliki cukup banyak rekomendasi rasa dari jenis-jenis MPASI yang Mums buat sebelumnya.

 

6. Memastikan bahan yang berkualitas

Membuat MPASI sendiri artinya Mums juga menyiapkan sendiri semua bahan yang diperlukan sebagai bahan dasar. Ketika menyiapkan bahan-bahan tersebut, tentunya Mums akan memilih bahan yang terbaik serta bebas pestisida dan zat berbahaya.

 

7. Turut menjaga lingkungan

Mums, perhatikan lagi jenis kemasan yang digunakan untuk produk MPASI instan. Kebanyakan kemasan yang digunakan berupa kardus dan juga plastik. Nah, sekarang coba bayangkan berapa banyak plastik yang akan Mums buang ketika menggunakan MPASI instan secara rutin. Pasti banyak sekali ya, Mums.

 

Nah, jika Mums memilih untuk membuat MPASI sendiri, tentu limbah plastik akan berkurang. Jadi, selain dapat menyajikan makanan sehat, Mums juga dapat membantu menjaga lingkungan sekaligus lebih mengirit pengeluaran.

 

Membuat MPASI sendiri memang tampak rumit. Namun, dengan berbagai kelebihan dan manfaatnya, membuat MPASI sendiri di rumah menjadi hal yang tidak sia-sia untuk dilakukan. Nah, apakah Mums berniat mencoba membuat MPASI sendiri? (AS)

 

Baca juga: Jadwal Pemberian MPASI untuk Si Kecil
 

 

Referensi

Creative Healthy Family. “7 Powerful Reasons For Making Your Own Baby Food”.

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.