Menu
Informasi tentang Kesehatan

Kesalahan saat Menidurkan Anak di Siang Hari

  • Bagikan

Mums tentu sudah paham bahwa tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan si Kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Hal ini tidak hanya berlaku pada saat si Kecil tidur malam, tetapi juga saat ia tidur siang.

Namun, tak bisa dipungkiri jika menidurkan si Kecil di siang hari bisa menjadi proses yang cukup menantang bagi Mums, apalagi jika Mums melakukan kesalahan-kesalahan seperti berikut ini. Kira-kira apa saja sih kesalahan orang tua saat menidurkan anak di siang hari yang dimaksud tersebut? Berikut uraiannya!

 

Baca juga: Ingin Si Kecil Cepat Tidur Nyenyak? Begini Tipsnya!
 

Fakta Penting Tidur Siang bagi Anak

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa pertumbuhan mental dan juga fisik yang optimal dari anak-anak terjadi ketika ia tidur secara berkualitas pada saat siang maupun malam hari. Anak-anak yang tidur siang lebih lama akan merasa tubuhnya lebih fit, sehingga mereka cenderung lebih fokus dan tidak terlalu rewel.

 

Kesalahan Orang Tua Saat Menidurkan Anak di Siang Hari

Karena waktu tidur siang sama pentingnya dengan tidur di malam hari, maka pastikan Mums menghindari beberapa kesalahan berikut yang membuat si Kecil sulit tidur saat siang hari.

 

1. Mengabaikan tanda kantuk anak

Tanda paling mudah yang bisa Mums kenali bahwa anak sudah waktunya tidur siang adalah menguap. Jika ia sudah mulai menguap setidaknya 2 kali dalam waktu yang berdekatan, maka ini saatnya Mums mengajak si Kecil ke tempat tidur.

Tanda-tanda kantuk lainnya yang juga bisa Mums perhatikan antara lain penurunan aktivitas, mengusap dan memejamkan mata selama beberapa detik, serta tampak lebih rewel.

Apabila Mums mengabaikan tanda-tanda ini dan tidak kunjung mengajaknya tidur siang, si Kecil akan menjadi terlalu lelah dan akhirnya semakin rewel. Jika si Kecil rewel, cobalah untuk membuatnya lebih tenang terlebih dulu dengan memeluknya atau memainkan lagu tidur favoritnya.

 

2. Durasi tidur siang yang terlalu singkat

Tidur yang berkualitas dipengaruhi juga oleh durasi yang cukup. Durasi tidur siang yang terlalu singkat tidak akan memberi manfaat pada si Kecil, justru ini akan membuatnya lebih rewel dan merasa lebih lelah ketika terbangun. Oleh karenanya, pastikan agar si Kecil tidur siang dengan durasi yang cukup, yakni tidak kurang dari 45 menit dan dalam kondisi yang nyenyak.

 

Baca juga: Kok Bisa ya, Bayi Tersenyum Saat Tidur?
 

3. Membiarkan anak tidur dengan mengisap botol susu

Banyak orang tua yang memanfaatkan botol susu untuk membuat si Kecil tidur lebih cepat dan juga lebih nyenyak. Namun, para ahli sebenarnya mengingatkan bahwa kebiasaan ini justru salah dan tidaklah baik. Ini karena si Kecil akan terus mengandalkan botol susu sebagai caranya agar dapat tidur nyenyak. Selain itu, Mums juga mungkin akan semakin sulit untuk menyapihnya kelak.

Dampak negatif lain dari kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko anak tersedak, infeksi telinga, hingga mengalami kerusakan gigi. Jadi, cukup berikan botol susu hanya pada saat anak makan dan terjaga. Hindari memberikannya saat ia ingin tidur.

 

4. Membangunkan si Kecil yang sudah tertidur

Banyak bayi yang tidur berjam-jam di siang hari tetap dapat tidur nyenyak di malam harinya tanpa kesulitan. Jadi, jika Mums melihat si Kecil tidur siang dalam waktu yang cukup lama, tidak perlu membangunkannya hanya karena merasa durasinya terlalu panjang. Hal ini justru akan memimbulkan masalah tidur bagi si Kecil di kemudian hari.

Meski begitu, Mums tetap perlu membangunkan si Kecil jika memang sudah waktunya ia makan atau mengganti popok.

 

5. Tidak menerapkan jadwal tidur yang konsisten

Anak-anak perlu menyesuaikan diri dengan rutinitas baru, termasuk waktu tidur siangnya. Oleh karena itu, Mums perlu menerapkan jadwal tidur yang konsisten setiap harinya agar ia terbiasa tidur siang.

 

6. Membiarkan bayi terbagun karena adanya gangguan

Beberapa anak mungkin terbangun di waktu tidurnya karena ia merasa popoknya perlu diganti, lapar, atau memang terganggu. Jika ia terbangun dan masih menunjukkan tanda-tanda kantuk, maka cobalah untuk membuatnya tidur kembali dengan mengelus atau menepuk punggungnya sehingga ia merasanya lebih nyaman.

 

Tidur siang sama pentingnya dengan tidur malam bagi anak-anak. Oleh karena itu, pastikan Mums tidka melakukan kesalahan-kesalahan di atas, sehingga tidur siang si Kecil bisa tetap berkualitas. (BAG)

 

Baca juga: Si Kecil Sering Tidur Larut Malam, Harus Bagaimana?
 

 

Referensi

Parenting First Cry. 6 Mistakes To Avoid To Ensure Peaceful Nap-Time For Your Baby!.

 

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.