Menu
Informasi tentang Kesehatan

Makanan yang Perlu Dihindari Anak Usia 1 Tahun

  • Bagikan

Mungkin Mums bertanya-tanya, makanan apa sih yang aman diberikan anak usia 1 tahun? Sebenarnya, sangat sedikit makanan yang perlu dihindari anak usia 1 tahun, kecuali jika ia memiliki alergi makanan. 

 

Demi kesehatan si Kecil, sebaiknya jangan berikan susu rendah lemak atau gula berlebihan sebelum ia berusia 2 tahun. Mums juga perlu mewaspadai makanan yang berisiko membuat anak tersedak. Secara garis besar, hal-hal tersebut merupakan makanan yang perlu dihindari anak usia 1 tahun.

 

Untuk lebih jelasnya tentang makanan yang perlu dihindari anak usia 1 tahun, baca penjelasannya di bawah ini, ya!

 

Baca juga: Anak Mudah Lelah dan Sering Sesak Napas? Waspada Hipertensi Paru
 

Makanan yang Perlu Dihindari Anak Usia 1 Tahun

Berikut sejumlah makanan yang perlu dihindari anak usia 1 tahun:

 

Susu Rendah Lemak

Kebanyakan balita membutuhkan lemak dan kalori susu untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Ketika anak berusia 2 tahun (dan jika ia tidak memiliki masalah pertumbuhan), Mums baru bisa mulai memberikannya susu rendah lemak. Namun biasanya jika anak memiliki risiko obesitas, dokter akan merekomendasikan susu rendah lemak sejak sebelum ia berusia 2 tahun. Hal ini bisa dilakukan hanya atas persetujuan dokter. 

 

Gula Berlebihan

Anak berusia 1 tahun sebaiknya jangan diberikan gula tambahan yang berlebihan. Gula yang dimaksud adalah gula yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman olahan atau ketika dimasak. Gula ini tidak termasuk yang terkandung di dalam susu dan buah.

Terlalu banyak asupan gula bisa meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan kronis di masa depan, seperti diabetes dan penyakit jantung. 

 

Makanan yang Tidak Dipasteurisasi

Anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi jus atau produk susu mentah (tidak dipasteurisasi). Pasalnya, makanan dan minuman yang tidak dipasteurisasi bisa mengandung bakteri dan parasit berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian. 

 

Baca juga: Suami Positif Covid-19 dan Isolasi di Rumah? Ini yang Harus Mums Lakukan
 

Sodium Berlebihan

Sodium adalah nutrisi penting yang umumnya dikonsumsi dalam bentuk garam. Namun, terlalu banyak asupan garam bisa berbahaya untuk kesehatan. Anak berusia 1 tahun disarankan tidak mengonsumsi garam lebih dari 1200 miligram per hari. Jadi, cek dulu setiap label makanan yang dibeli, ya Mums.

 

Makanan Berukuran Besar

Makanan berukuran besar bisa nyangkut di tenggorokan anak. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar orang tua memotong makanan menjadi kecil, tidak lebih dari sekitar 1,2 cm. Misalnya, potong buah-buahan seperti anggur dan stroberi menjadi kotak-kotak kecil sebelum diberikan ke anak. 

 

Sayuran Mentah

Untuk mencegah tersedak, masak sayuran seperti wortel dan brokoli terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak. Mums juga bisa memotongnya menjadi kotak-kotak kecil. 

 

Kacang dan Biji-bijian

Buang biji-bijian di dalam buah, sebelum diberikan kepada anak. Jangan pula memberikan anak berusia 1 tahun kacang atau biji-bijian lain yang berukuran besar. Biji-bijian mungkin umumnya berukuran kecil, namun bisa nyangkut di saluran pernapasan anak dan menyebabkan infeksi. 

 

Makanan yang Keras dan Garing

Makanan yang keras seperti kacang-kacangan, popcorn, dan permen berisiko membuat anak tersedak. Makanan-makanan tersebut juga bisa membuat anak batuk-batuk. Jadi, hindari memberikan makanan-makanan tersebut untuk anak ya, Mums. 

Baca juga: Duh, Kenapa Ya Si Kecil Suka Lempar-lempar Makanan?

 

Sumber:

Baby Center. Foods that can be unsafe for your child. Januari 2021.
Centers for Disease Control and Prevention. Foods and Drinks to Avoid or Limit. Juli 2021.
NHS. Foods to avoid giving babies and young children. November 2021.

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.