Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Air Lemon dan Madu

  • Bagikan

Minum air dengan campuran lemon dan madu sangat menenangkan dan menyegarkan. Selain itu, lemon dan madu merupakan dua bahan dengan banyak manfaat kesehatan. Sehingga, tidak mengherankan jika terdapat kepercayaan populer bahwa menggabungkan madu dan lemon menjadi satu minuman dapat meningkatkan kesehatan. 

 

Madu merupakan cairan kompleks yang memiliki banyak sekali komponen, seperti vitamin, mineral, asam amino, antioksidan, dan banyak lagi. Karena alasan ini, madu telah digunakan sebagai pemanis dan obat selama ribuan tahun.

 

Lemon bukan hanya banyak digunakan dalam makanan dan minuman, tetapi juga telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan. Alasannya, lemon merupakan sumber vitamin C yang kaya.

 

Organ, jaringan, dan sel semuanya membutuhkan air untuk bekerja. Karenanya, tubuh membutuhkan air untuk bertahan hidup. 

 

SUdah jelas, baik lemon dan madu sama-sama memiliki manfaat kesehatan yang didukung oleh studi ilmiah. Dan, menggabungkan keduanya sebagai minuman mungkin memiliki beberapa keuntungan juga.

 

Baca juga: 15 Khasiat Hebat Lemon yang Belum Kamu Ketahui

 

Manfaat Air Lemon dan Madu

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat kesehatan campuran air lemon dan madu.

 

1. Menurunkan berat badan

Mengkatkan asupan cairan, termasuk campuran air lemon madu, bisa membantu menurunkan berat badan. Alasannya, mencukupi asupan air dapat meningkatkan metabolisme dan membuat kamu merasa lebih kenyang, keduanya dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

 

Satu studi yang dimuat dalam The Annals of Family Medicine yang melibatkan 10.000 peserta menemukan bahwa peserta yang tidak terhidrasi dengan baik lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan atau obesitas daripada peserta yang cukup terhidrasi.

 

Minum air lemon madu sebelum makan dapat membantu kamu merasa kenyang yang mengarah pada pengurangan asupan kalori secara keseluruhan. Selain itu, mengganti minuman berkalori tinggi, seperti soda dan jus dengan air lemon madu juga dapat mengurangi asupan kalori dan gula. Namun, kamu perlu berhati-hati seputar seberapa banyak madu yang kamu tambahkan ke dalam air karena menambahkan terlalu banyak madu akan menyebabkan kalori dalam minuman jadi terlalu tinggi.

 

Baca juga: Berat Badan Turun Drastis, Awas Tanda Diabetes

 

2. Mempercepat penyembuhan flu dan batuk

Karena sifat madu yang menenangkan dan lemon memiliki vitamin C dalam jumlah yang tinggi, minum air lemon madu mungkin bermanfaat ketika kamu merasa tidak enak badan. Vitamin C sendiri berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

 

Salah satu alasannya karena vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, vitamin C terbukti dapat mengurangi lamanya periode flu.

 

Sementara, madu mampu mengurangi keparahan dan frekuensi batuk pada anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. Secangkir campuran air lemon dan madu merupakan obat yang menenangkan untuk sakit tenggorokan dan enak diminum saat kamu merasa sakit.

 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Terhidrasi dengan baik sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Sebaliknya, dehidrasi memicu sembelit, yang merupakan masalah umum pada anak-anak, ibu hamil, dan orang tua.

 

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga feses tetap lunak dan menghindari sembelit. Jadi, minum campuran air lemon dan madu dapat membantu meringankan sembelit dengan menghidrasi tubuh. 

 

Minuman beraroma, seperti air lemon madu juga bisa sangat membantu menghidrasi anak-anak yang tidak suka minum air putih. Dalam hal ini, madu mentah mungkin memiliki efek lebih menguntungkan pada bakteri usus ramah yang membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan seimbang.

 

Sudah jelas, air campuran lemon dan madu adalah minuman yang bukan hanya lezat, tapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ini juga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang mencari alternatif yang lebih sehat untuk soda dan minuman manis lainnya.

 
Baca juga: Perbanyak Konsumsi Serat Agar Terbebas Masalah Pencernaan!

 

 

Sumber:

Healthline.com. Honey lemon water. 

 WebMD.com. Health benefits honey lemon. 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.