Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Flossing secara Rutin | Guesehat

  • Bagikan

 

Jika membahas tentang kesehatan gigi dan mulut, kita semua pasti setuju bahwa sikat gigi dua kali sehari adalah kunci gigi dan mulut yang sehat. Anggapan ini memang tepat. Namun, sebenarnya menyikat gigi dua kali saja masih belum cukup. Kita semua masih perlu melakukan flossing sebagai salah satu rutinitas kebersihan gigi dan mulut.

 

Masih banyak orang yang menganggap bahwa flossing hanya sebagai tambahan opsional untuk menyikat gigi. Padahal sebenarnya kedua metode pembersihan gigi ini saling melengkapi. Tanpa flossing, kebersihan gigi tidak akan maksimal.

 

Baca juga: 6 Penyebab Luka pada Bibir, Salah Satunya Gejala Herpes!

 

Manfaat Flossing secara Rutin

Di sini, akan dibahas beberapa manfaat flossing yang perlu diketahui.

 

1. Menghilangkan plak

Plak ialah lapisan lengket tidak berwarna yang terkumpul di sekitar gigi dan sepanjang garis gusi. Plak terbentuk saat bakteri di mulut bercampur dengan makanan dan minuman yang bertepung. Bakteri ini melepaskan asam yang memecah karbohidrat. Jika kamu tidak menyikat gigi, bakteri, asam, dan karbohidrat dapat bercampur menjadi satu membentuk lapisan plak di sekitar gigi dan gusi. Bakteri dalam plak dapat melepaskan asam yang menyerang email gigi yang lama kelamaan dapat menyebabkan gigi berlubang.

 

Selain itu, penumpukan plak dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi, yang terkumpul di sepanjang garis gusi. Untungnya, flossing secara teratur dapat membantu menghilangkan partikel makanan dari sekitar gigi serta plak yang menumpuk di antara gigi.

 

2. Mencegah penyakit gusi

Plak bukan hanya membuat gigi jadi tidak sedap dipandang. Plak yang menumpuk juga dapat menyebabkan penyakit gusi, yaitu suatu peradangan dan infeksi pada gusi. Ketika plak menggerogoti dan mengikis jaringan lunak gusi, ini kemudian memicu apa yang disebut sebagai penyakit periodontal. Bentuk lanjut dari penyakit periodontal, yang disebut sebagai periodontitis, dapat menyebabkan kerusakan parah dan masalah saluran akar. Pencegahan pembentukan plak yang paling efektif adalah dengan menghilangkan bakteri di dasar gigi, yang dapat dilakukan melalui flossing.

 

Baca juga: 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Penderita Diabetes

 

3. Mengurangi risiko gigi berlubang

Gigi yang rusak dapat berkembang menjadi gigi berlubang, yang menyebabkan lubang di permukaan keras gigi yang disebut email. Meskipun proses ini memakan waktu, tetapi semakin banyak plak yang kamu miliki pada email gigi akan menyebabkan semakin tingginya risiko mengalami gigi berlubang. Flossing di sela-sela gigi setidaknya sekali sehari dapat membantu menyingkirkan partikel makanan tersembunyi dan penumpukan plak, dan menurunkan risiko kerusakan gigi.

 

4. Lebih efektif daripada hanya menyikat gigi

Menyikat dan flossing bekerja lebih baik untuk menjaga kesehatan gigi. Jika kamu hanya menyikat gigi tetapi tidak menggunakan flossing, itu seperti mencuci bagian luar gelas minum tetapi mengabaikan dinding bagian dalam.

 

Faktanya, hingga 35 persen permukaan gigi tetap tidak bersih ketika Anda hanya menyikat dan mengabaikan flossing. Itu karena bulu sikat gigi hanya bisa menjangkau sejauh itu. Berbeda dengan sikat gigi, flossing secara efektif mampu mengeluarkan makanan dan bakteri yang terperangkap di ruang sempit antara gigi dan gusi.

 

5. Mengurangi bau mulut

Bau mulut adalah masalah umum yang terjadi saat makanan terperangkap di antara gigi perlahan-lahan mulai membusuk. Jika kamu tidak menghilangkan partikel makanan, itu dapat menyebabkan kmau memiliki bau mulut yang tidak sedap.

 

Lebih lanjut, jika plak menumpuk di sekitar gigi dan mulai mengikis email gigi, itu dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi, yang membuat bau mulut menjadi semakin parah. Untungnya, kondisi ini dapat dicegah dengan sangat mudah, yaitu flossing secara rutin untuk menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi.

 

Para ahli merekomendasikan menyikat gigi selama 2 menit dua kali sehari dan flossing setidaknya sekali sehari, di pagi hari atau malam hari. Ada baiknya kamu flossing sebelum menyikat gigi. Sebab, saat kamu flossing, kamu akan melonggarkan partikel makanan dan plak di sekitar gigi. Lalu, tindakan menyikat membantu menghilangkan plak dan partikel yang telah kamu hilangkan dari gigi dan garis gusi.

 

Baca juga: Bau Mulut Tidak Selalu Karena Malas Sikat Gigi!

 

 

Sumber:

Facevaluedental.com.Top-5-benefits-of-flossing-teeth

Healthline.com. Benefits-of-flossing

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.