Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

  • Bagikan

Si Kecil minta punya hewan peliharaan? Mungkin Mums bertanya-tanya, ada gak sih manfaat memelihara hewan bagi anak. Tentu saja ada, Mums! Jadi jangan langsung menolak permintaan si Kecil. Bisa saja manfaatnya lebih besar dari yang Mums perkirakan!

 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Membuat Anak tidak Mendengarkan Perkataan Orang Tua!
 

7 Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

Mums berikut sejumlah manfaat memelihara hewan bagi anak: 

 

1. Mengurangi Stres

Gak cuma orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres. Apalagi jika dia sudah mulai memasuki usia sekolah atau pra-sekolah. Hewan peliharaan bisa menjadi pereda stres untuk si Kecil. 

Selain insting cinta dan persahabatan yang diperoleh dari memelihara hewan, ada pula dampak psikologisnya secara positif.

 

2. Mengurangi Kesepian

Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat untuk si Kecil. Hewan peliharaan tidak akan melakukan hal-hal yang bisa melukai perasaan si Kecil. Memiliki hewan peliharaan bisa mengurangi kesepian si Kecil, khususnya jika ia sulit bersosialisasi atau tidak punya banyak teman.

 

3. Membangun Empati dan Kasih Sayang

Hewan peliharaan ketergantungan dengan manusia untuk mengurusnya. Mereka tidak bisa membuat makanan sendiri atau mengisi sendiri mangkuk dengan air. Ketergantungan tersebut bisa menumbuhkan empati dan kasih sayang pada anak.

 

Baca juga: Cara Mendisiplinkan Anak dengan Metode Time-Out atau Time-In
 

4. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Setiap orang tua tahu bahwa mengajarkan anak rasa tanggung jawab bukan hal yang mudah. Anak-anak seringkali lupa untuk membereskan tempat tidur atau bahkan sikat gigi sebelum tidur. 

 

Memiliki hewan peliharaan adalah motivator yang baik untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak. Pasalnya, memiliki hewan peliharaan mengharuskan anak untuk mengurus hewan peliharaan tersebut. 

 

Anak juga akan belajar bahwa memiliki hewan peliharaan bukan suatu hal yang bisa diremehkan. Memutuskan memiliki hewan peliharaan adalah tanggung jawab besar. Anak akan belajar bahwa ada banyak tugas yang perlu dilakukan ketika memiliki hewan peliharaan.

 

5. Membangun Penghargaan Diri dan Rasa Percaya Diri

Memiliki hewan peliharaan pasti membutuhkan energi dan kerja keras. Jika Mums melibatkan si Kecil dalam mengurus hewan peliharaan, bisa menumbuhkan rasa pencapaian setelah menyelesaikan tugas-tugasnya.

 

Mengurus hewan peliharaan juga membangun rasa mandiri, khususnya jika si Kecil sudah cukup dewasa untuk memegang tanggung jawab tambahan.

 

6. Meningkatkan Aktivitas Anak

Memiliki hewan peliharaan mengharuskan kita banyak bergerak. Jadi, kalau Mums mau memiliki keluarga yang aktif dan banyak melakukan aktivitas di luar rumah, memiliki hewan peliharaan adalah pilihan yang tepat. Hewan peliharaan membantu anak yang aktif untuk membakar energi.

 

7. Meredakan Kecemasan

Menurut ahli, hewan peliharaan juga membantu meredakan gejala kecemasan. Terkait hal ini, penelitian menemukan bahwa ketika seorang anak mengalami kekerasan, kehadiran hewan peliharaan di sampingnya membuatnya lebih mudah dan tenang untuk menceritakan pengalamannya kepada psikolog atau ahli.

 

Pengacara pun terkadang membawa hewan peliharaan seperti anjing di ruang sidang karena hal ini bisa memberikan ketenangan pada anak yang kesaksiannya dibutuhkan di suatu kasus persidangan. 

 

Baca juga: Mums, Ternyata Penting Mengajarkan Anak Cuci Tangan dengan Rutin!

Sumber:

Very Well Family. How Kids Benefit From Pet Ownership. September 2021.
National Institute of Health. Power of pets.
Hodgson K, Barton L, Darling M, Antao V, Kim FA, Monavvari A. Pets’ impact on your patients’ health: leveraging benefits and mitigating risk. The Journal of the American Board of Family Medicine. 2015;28(4):526-534. doi:10.3122/jabfm.2015.04.140254
The Harris Poll. Pets really are a member of the family.
Purewal R, Christley R, Kordas K, et al. Companion animals and child/adolescent development: A systematic review of the evidence. Int J Environ Res Public Health. 2017;14(3):234. doi:10.3390/ijerph14030234
Marshall-Pescini S, Schaebs FS, Gaugg A, Meinert A, Deschner T, Range F. The role of oxytocin in the dog-owner relationship. Animals (Basel). 2019;9(10):792. doi:10.3390/ani9100792
Fine AH, Beck AM, Ng Z. The state of animal-assisted interventions: Addressing the contemporary issues that will shape the future. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(20):3997. doi:10.3390/ijerph16203997



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.