Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Sarapan Seimbang | GueSehat

  • Bagikan

Tak sedikit dari kita yang melewatkan momen sarapan dengan berbagai alasan. Padahal, sarapan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Nah, bertepatan dengan Pekan Sarapan Nasional yang diperingati setiap tanggal 14-21 Februari lalu, Nestle melakukan rangkaian kegiatan untuk mengedukasi keluarga Indonesia terkait pentingnya memenuhi sarapan seimbang dengan prinsip ABC. Penasaran apa maksudnya prinsip ABC? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

 

Baca juga: Lupakan Nasi Uduk, Ganti dengan 9 Makanan Sehat untuk Sarapan
 

Manfaat Sarapan

Sarapan menjadi awal yang baik bagi proses metabolisme tubuh. Dengan sarapan, tubuh mendapat sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas selama seharian. Tak hanya itu, banyak penelitian juga telah mengaitkan sarapan dengan kondisi kesehatan yang lebih baik, termasuk memori dan konsentrasi menjadi optimal, kadar kolesterol LDL “jahat” yang lebih rendah, dan berkurangnya risiko terkena diabetes, penyakit jantung, serta kelebihan berat badan.

 

Perlu diketahui, saat seseorang melewatkan sarapan, hal tersebut dapat merusak ritme puasa dan makan tubuhnya. Ketika kita bangun, gula darah berada pada jumlah yang rendah. Padahal gula darah dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja. Maka dari itu, diperlukan sarapan untuk mengisi kembali kekurangan gula darah.

 

Apabila tubuh tidak memperoleh bahan bakar dari makanan, kita akan merasa lebih cepat lelah karena kehabisan energi. Akibatnya, asupan makanan di siang atau malam hari menjadi jadi tidak terkontrol jumlahnya dan cenderung mengonsumsi lebih banyak gula serta lemak.

 

Baca juga: 5 Sarapan yang Cantik dan Sehat
 

Yuk, Penuhi Sarapan Seimbang dengan Prinsip ABC

Melalui siaran pers yang diterima oleh GueSehat, pada 21 Februari 2022 lalu, Nestle, dalam rangka peringatan Pekan Sarapan Nasional (PESAN), ingin mengajak masyarakat Indonesia agar lebih menyadari pentingnya memenuhi sarapan seimbang.

 

“Nestle senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat melalui produk-produk kami. Melalui berbagai kegiatan yang telah diinisiasikan oleh Nestle, kami berharap dapat membantu keluarga-keluarga Indonesia memenuhi sarapan sehat dan seimbang, guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat,” ujar Sufintri Rahayu, Corporate Affairs Director Nestlé Indonesia.

 

Sarapan yang dilengkapi dengan gizi seimbang memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi di pagi hari karena dapat memenuhi 25-30% dari total Angka Kebutuhan Gizi (AKG) setiap harinya.

 

Sejak tahun 2019, Nestle Indonesia telah memperkenalkan prinsip ABC untuk menjelaskan tahapan sarapan yang seimbang dan bergizi, yaitu:

  • Atur porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup (tidak berlebih dan tidak kurang) untuk mendukung aktivitas setiap hari.

  • Baca label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian. Jadi, masyarakat memahami produk yang mereka konsumsi dan dapat menikmati manfaat produk secara maksimal.

  • Cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan.

     

Corporate Nutritionist Nestle Indonesia, Eka Herdiana, juga menekankan bahwa pengetahuan tentang aturan porsi makan ini sangat diperlukan agar kebutuhan gizi masyarakat terpenuhi dengan baik.

 

“Kami berkomitmen mengajak masyarakat untuk menanamkan kebiasaan sarapan sehat berprinsip ABC, yang sejalan dengan anjuran Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai pedoman gizi seimbang bagi masyarakat.” tambahnya.

 

Selain Prinsip ABC, program Nestle Dukung Anak Lebih Sehat mengajak keluarga Indonesia untuk menanamkan kebiasaan baik untuk pola hidup sehat sejak dini, seperti makan makanan beragam dan bergizi seimbang, mengatur porsi, aktif bergerak, minum air putih, dan makan bersama keluarga.

Nah, sekarang sudah paham kan Gengs apa saja manfaat sarapan untuk tubuh? Mulai sekarang jangan pernah lewatkan sarapan kamu, ya! (AS)

Baca juga: Sarapan, Waktu Makan Terpenting Dalam Sehari
 

 

Referensi

WebMD. “Breakfast: Is It the Most Important Meal?”.

Siaran Pers Nestle. “Peringati Pekan Sarapan Nasional, Nestlé Terus Ajak Masyarakat untuk Penuhi Sarapan Seimbang”.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.