Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Susu bagi Perkembangan Anak

  • Bagikan

Saat si Kecil sudah disapih, jangan tunda memberikan susu untuk melengkapi nutrisi di fase tahapan perkembangan anak ya, Mums. Yuk, cari tahu manfaat susu bagi si Kecil!

 

Pentingnya Susu bagi Tubuh si Kecil

Nutrisi merupakan salah satu faktor penentu pertumbuhan dan tahapan perkembangan anak dapat berjalan optimal. Itulah mengapa Mums tidak boleh mengabaikan hal yang satu ini dalam fase 5 tahun pertama kelahiran si Kecil.

 

Ketika si Kecil berusia 1-2 tahun, Mums sudah dapat mulai memperkenalkan susu formula bernutrisi karena minuman ini kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

 

Sebagai contoh, kalsium dan vitamin D, yang merupakan mikronutrien penting bagi si Kecil. Setiap harinya, tubuh si Kecil membutuhkan 700 mg kalsium dan 600 IU vitamin D untuk membangun tulang-tulangnya menjadi kuat. Studi menunjukkan, pemenuhan keduanya dikaitkan dengan penurunan risiko osteoporosis dan patah tulang. Susu juga mengandung potasium, vitamin B12, vitamin A, magnesium, zinc, dan tiamin.

 

Selain itu, susu menjadi sumber protein yang merupakan bagian dari makronutrien. Bahkan, ini disebut-sebut sebagai protein komplet karena mengandung 9 asam amino esensial. Mendapatkan cukup protein juga dihubungkan dengan massa otot tubuh yang baik ketika dewasa.

 

Tak hanya itu, protein juga membantu:

  • Membentuk volume tulang hingga 50% dan sekitar 1/3 massa tulang.
  • Memiliki fungsi vital bagi tubuh, meliputi pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel dalam tubuh, serta menguatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Bagi si Kecil usia 1-5 tahun, berikut rekomendasi pemberian susu setiap harinya:

  • 13-24 bulan: 473-709 ml atau 2-3 gelas per hari.
  • 2-5 tahun: 473-591 ml atau 2-2,5 gelas per hari.

 

Lengkapi Asupan si Kecil dengan Nutrisi yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai manfaat susu bagi si Kecil, Mums juga perlu memberikan nutrisi tambahan baginya. Dengan begitu, seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi demi mengoptimalkan tahapan perkembangan anak.

 

Untuk selalu mendukung pertumbuhan ideal tinggi dan berat badan, serta perkembangan kognitif si Kecil di setiap tahapan perkembangannya, Pediasure berinovasi menghadirkan varian rasa Classic Milky, yang pasti disukai oleh si Kecil usia di atas 1 tahun karena rasanya yang alami dan tidak manis. 

 

 

Pediasure Classic Milky mengandung 0 gram sukrosa (gula), sehingga rasanya tidak manis, tetapi tetap terasa enak di lidah si Kecil. Ini tentunya baik, mengingat asupan gula si Kecil perlu dibatasi sejak dini. Pasalnya, bila si Kecil mengonsumsi gula secara berlebihan setiap harinya, ada banyak masalah kesehatan yang menghampirinya, mulai dari risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker, ketika tumbuh besar.

 

Berdasarkan studi klinis yang telah dilakukan, mengonsumsi Pediasure dalam jangka panjang yang telah disesuaikan rekomendasi saran penyajian, si Kecil tidak akan mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Jadi, Mums tidak perlu khawatir deh kalau si Kecil minum Pediasure Classic Milky 2 kali setiap hari, sesuai kebutuhannya!

 

Untuk mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuh si Kecil, Pediasure Classic Milky juga dilengkapi:

  • Energi 0,83 Kkal/ml.
  • 3 sumber bahan protein.
  • Arginin.
  • Natural vitamin K2.
  • Tinggi kalsium.
  • MCT 15%.
  • Campuran sinbiotik dari prebiotik FOS dan probiotik L.acidophilus.
  • 14 vitamin dan 9 mineral.
  • Asam lemak omega-3 dan omega-6.
  • AA dan DHA.

 

Memberikan nutrisi yang lengkap, tentunya menjadi usaha kita sebagai orang tua agar tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan normal, sehingga ia bisa tumbuh kuat, sehat, dan cerdas. Jadi, selalu perhatikan asupan makanan dan minuman si Kecil ya, Mums! (AS)

 

Referensi

Mayo Clinic: Nutrition for kids: Guidelines for a healthy diet

KidsHealth: Nutrition Guide for Toddlers

VeryWell Family: Too Much Sugar Can Cause Health Problems in Kids

Healthychildren.org: Recommended Drinks for Children Age 5 & Younger

FirstCry Parenting: Protein for Kids – Benefits, Requirement & Foods

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.