Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Tauge untuk Promil | GueSehat

  • Bagikan

Tauge merupakan salah satu sayuran sehat dan murah yang bisa kita temukan dengan mudah, terutama di benua Asia. Tauge umumnya dibuat dari kacang hijau dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu saja unuk bisa dipanen.

 

Tauge menjadi sumber nutrisi yang baik karena mengandung vitamin B, C, B1, B6, K, E, dan A. Kandungan-kandungan ini dikenal sangat baik untuk meningkatkan vitalitas pria dan wanita. Lalu, apakah ini berarti tauge juga bermanfaat untuk promil? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan berikut ini!

 

Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil
 

Manfaat Tauge untuk Promil

Jika dikonsumsi secara teratur, tauge dapat meningkatkan kualitas sel telur dan sperma, sehingga kesempatan untuk terjadinya konsepsi atau pembuahan menjadi lebih tinggi. Tauge juga mengandung vitamin E yang tinggi, yang merupakan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu melindungi sel sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga juga dapat meningkatkan terjadinya pembuahan.

 

Nah, dari manfaat ini dapat disimpulkan bahwa tauge memiliki manfaat jika dikonsumsi seccara rutin oleh Mums dan Dads yang sedang menjalanan promil. Akan tetapi, bukan berarti Mums dan Dads hanya makan tauge saja ya setiap hari. Tetap diperlukan variasi jenis makanan sehat lain untuk mendukung kualitas sperma dan sel telur yang dibutuhka untuk konsepsi.

 

Baca juga: Konsumsi Sayuran dan Buah Ini untuk Program Hamil
 

Manfaat Lain dari Tauge Bagi Kesehatan

Selain baik untuk meningkatkan kesuburan, ada berbagai manfaat lain dari tauge bagi kesehatan. Berikut manfaatnya:

 

  1. Mencegah kanker

Tauge mengandung banyak serat dan juga air, sehingga dapat membantu mengurangi partikel berbahaya di usus besar. Hal ini juga dapat menghindarkan tubuh agar tidak menyerap zat-zat beracun dari dalam kotoran. Ketika tubuh tidak menumpuk senyawa beracun, maka risiko kanker bisa sangat ditekan. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam tauge juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan penggandaan sel kanker.

 

  1. Mencegah serangan jantung dan stroke

Orang-orang dengan kadar lemak darah tinggi yang berpotensi mengalami stroke atau serangan jantung sangat dianjurkan untuk mengonsumsi tauge secara rutin. Kandungan saponin dalam tauge  dapat membantu mengurangi kolesterol jahat LDL tanpa mengganggu jumlah lemak baik HDL.

 

  1. Mencegah osteoporosis

Estrogen alami yang terkandung dalam tauge  dapat membantu meningkatkan kekebalan tulang, struktur tulang, dan menurangi pengeroposan tulang.

 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin dalam tauge dapat membantu meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh, terutama dengan meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, seperti limfosit sel-T dan interferon. Selain itu, kandungan antioksidan dalam tauge juga dapat menghalau radikal bebas penyebab kerusakan sel DNA.

 

  1. Baik untuk pencernaan

Karena bersifat basa, tauge  sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat dengan mudah meningkatkan kontraksi saluran usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

 

  1. Baik untuk kulit

Tauge juga bagus untuk kecantikan dengan cara membantu menyegarkan serta melembutkan kulit. Hal ini karena tauge mengandung vitamin E dalam jumlah yang cukup tinggi. Tauge yang dibuat dari kacang juga bisa dianggap sebagi protein utama, sehingga sangat baik untuk pergantian kulit.

 

  1. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kandungan de-oksidasi dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah untuk menghindari serta menetralisir faktor-faktor penyebab penyakit. Bagi wanita, konsumsi tauge sebelum periode menstruasi juga dapat membantu menghindari masalah selama menstruasi. Tauge juga menjadi sumber vitamin E yang baik sehingga dapat menghindari gangguan kesehatan yang kerap dirasakan menjelang menopause.

 

Nah, Mums itulah beberapa manfaat tauge untuk promil dan kesehatan. Buat Mums yang sedang promil, yuk mulai coba sekarang! (BAG)

 

Baca juga: Sulit Hamil, Program Hamil Apa yang Harus Dilakukan?
 

 

Referensi

Health Benefits Times. “Health benefits of Bean Sprouts”.

Dr Health Benefits. “28 Health Benefits of Eating Bean Sprouts (Top #1 Fertility Treatments)”.

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.