Menu
Informasi tentang Kesehatan

Minuman Herbal Paling Banyak Dicari Selama Pandemi

  • Bagikan

Saat gelombang Omicron terus naik grafiknya, rasanya kita cuma bisa pasrah dan berikhtiar agar tidak tertulat ya Gengs! Caranya dengan memperketat prokes, dan segera melakukan booster vaksin. Satu lagi upaya yang sepertinya wajib dilakukan adalah mengonsumsi multivitamin peningkat daya tahan tubuh. Tak hanya vitamin C, D, dan E yang laris manis di pasaran. Suplemen herbal, termasuk minuman herbal, pun menjadi prioritas masyarakat.

 

Ternyata, 3 minuman herbal yang paling dicari saat ini adalah minuman herbal berbahan dasar temulawak, jahe, dan kunyit! Ketiganya menjadi favorit karena dipercaya memiliki kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan. Temulawak, jahe, dan kunyit memang sudah dikenal luas sebagai tanaman obat dan sudah digunakan turun temurun oleh nenek moyang kita. Saat ini tidak hanya jamu yang menggunakan tiga rimpang tersebut, tetapi minuman yang dikemas modern.

 

Baca juga: Seberapa Penting Imun Menjaga Kita dari Penyakit?

 

Minuman Herbal Favorit di Masa Pandemi

Kembali meningkatnya pandemi Covid-19 gelombang Omicron membuat penjualan produk kesehatan, khususnya minuman herbalmemang kembali menggeliat. “Umumnya, minuman dengan kandungan temulawak, jahe dan kunyit menjadi favorit karena memiliki kandungan zat aktif kurkumin yang dapat mencegah virus Corona menempel pada sel, yang akan secara langsung mencegah terjadinya infeksi,” jelas Marcia Julia, Founder & Owner AppleHerbs, melalui siaran pers yang diterima Guesehat, Senin (14/2). 

 

 

Selaku bran minumal herbal lokal, tambah Marcia,  AppleHerbs, juga mencatatkenaikan penjualan hingga 5 kali lipat secara keseluruhan untuk produk minuman herbal favorit. Minuman herbal dengan manfaat anti virus, penjaga imun dan peningkat imun (immune booster) menjadi yang paling diminati.

 

Tak hanya diminum sendiri atau keluarga yang tengah isolasi mandiri.  Menurut Marcia, aneka miuman herbal ini bahkan kerap dijadikan hampers untuk kerabat yang tengah melakukan isoman. Wanita alumnus dari program Food Science University of Melbourne pun mengambil peluang ini untuk lebih menyebarkan produk herbalnya ke masyarakat luas.

 
Baca juga: Yuk, Gunakan Tanaman Herbal untuk Perawatan Tubuh

 

Cara Memilih Produk Minuman Herbal yang Baik

Dikutip dari Badan POM, produ herbal yang baik harus memenuhi syarat-syarat tertentiu antara lain:

  • tidak mengandung alkohol lebih dari 1% atau zat kimia yang biasanya ada dalam obat. 
  • tidak mengandung bahan-bahan lain yang berdasarkan pertimbangan kesehatan dan atau berdasarkan penelitian membahayakan kesehatan, misalnya bahan pengawet dan pewarna. 

 

Khusus minuman herbal, selain memenuhi syarat tersebut, pastikan sudah memiliki ijin edar dari Badan POM. Produk minuman herbal yan baik tentunya dibuat dalam kondisi segar, dan akan bernilai tambah jika rasanya enak. 

 

Jadi Geng Sehat, pastikan cek kandungan isinya dan baca tanggal pemakaian ya, agar aman mengonsumsi minuman herbal di masa pandemu ini. 

 

Baca juga: Praktis Mengonsumsi Jamu Temulawak, Jahe, dan Kunyit!

 

Sumber:

Pom.go.id. Cara cerdas memilih obat herbal tradisional yang aman. 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.