Menu
Informasi tentang Kesehatan

Pentingnya Anak Belajar Matematika Sejak Usia Prasekolah

  • Bagikan

Hanya karena anak masih terlalu kecil untuk masuk sekolah bukan berarti ia tidak perlu mendapatkan program belajar pra-sekolah, khususnya tentang matematika ya, Mums. Belajar matematika sejak usia prasekolah itu penting, Mums. 

Anak usia prasekolah memiliki rasa ingin tahu tinggi dan lebih dari mampu untuk memahami prinsip dasar matematika lewat aktivitas bermain dan belajar yang terstruktur. Dengan semakin banyak kelas prasekolah yang berkualitas, anak bisa belajar matematika sejak usia prasekolah!

 

Baca juga: Ternyata Membiarkan Anak Bermain Sendiri Banyak Manfaatnya!
 

Pentingnya Belajar Matematika Sejak Usia Prasekolah

Sebelum masuk usia sekolah, anak yang sebelumnya sudah menerima program belajar dini yang berkualitas pasti sudah akan memahami konsep-konsep ini:

  • Angka merepresentasikan jumlah suatu objek
  • Angka bisa diekspresikan dalam kata-kata yang diucapkan, ditulis dalam bentuk kata, dan ditulis dalam bentuk simbol
  • Suatu angka bisa ditambah atau dikurang
  • Jumlah bisa diekspresikan sebagai ‘tidak ada,’ ‘lebih banyak,’ ‘lebih sedikit,’ ‘lebih kecil,’ ‘paling kecil,’ ‘lebih besar,’ dan ‘paling besar’.
  • Objek bisa ditentukan atau ditandai menggunakan ukuran dan juga bentuk serta warna.

 

Baca juga: Si Kecil Mulai Masuk TK? Siapkan Hal-hal Berikut ya Mums!
 

Milestone Pengetahuan Matematika Anak Usia Prasekolah

Di usia prasekolah, anak-anak tidak belajar pada laju atau kecepatan yang sama. Sama juga dengan orang dewasa Mums, ada yang cepat menguasai suatu keterampilan, ada juga yang lebih lambat dari orang lain.

Sebagai orang tua, Mums tidak boleh menekan anak jika kemampuan matematika-nya belum sebaik anak lain seusianya. Dengan menggunakan alat dan dorongan yang tepat, anak pasti bisa memahami dengan pasti konsep dasar matematika ketika sudah berusia lima tahun.

Ada juga beberapa milestone pengetahuan yang pada umumnya dicapai anak usia prasekolah, diantaranya:

  • Usia 2-3 tahun sudah mengetahui 50-300 kosa kata dan bisa mengidentifikasi warna serta bentuk.
  • Usia 3 tahun sudah bisa berhitung sampai angka 5.
  • Usia 4 tahun sudah bisa hitung sampai angka 10, dan sudah bisa mengidentifikasi bentuk, warna, dan ukuran menggunakan nama.
  • Di usia 4 tahun, kosa kata yang diketahui anak sudah meluas hingga sekitar 2000 kata. 

Seiring dengan perkembangan kognitifnya, akan ada peningkatan kecepatan dan perluasan keterampilan reseptif serta ekspresifnya. Kalau Mums khawatir dengan perkembangan si Kecil, coba tanya guru atau dokternya jika skrining gangguan belajar perlu dilakukan. Intervensi sejak dini bisa membantu anak mengatasi kekurangannya, sebelum hal tersebut mengganggu pengalamannya di kelas sekolah sungguhan

Prasekolah adalah masa penting untuk perkembangan anak. Pengetahuan tentang prinsip dasar matematika, termasuk kemampuan merespon secara ekspresif tentang konsep skala, volume, dan numerik, merupakan salah satu keterampilan penting yang harus bisa dikuasai anak ketika ia sudah masuk usia sekolah dasar.

Kalau si Kecil kesulitan, jangan menunggu untuk meminta bantuan. Intervensi dini akan memberikan program khusus untuk membantu anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan. Untuk lebih jauhnya, Mums bisa berkonsultasi dengan dokter, dan guru di kelas prasekolahnya, ya!

 

 

Baca juga: Si Kecil Susah Dibilangin? Daripada Membentak, Lakukan Ini

Sumber:

Very Well Family. Teaching Math to Preschoolers. September 2020.
U.S. Department of Health and Human Services. Office of Child Care. The Building Blocks of Mathematics for Infants and Toddlers: An Annotated Bibliography for Course Developers.
Nemours Foundation. Communication and Your 2- to 3-Year Old.
American Academy of Pediatrics. Developmental Milestones: 3 to 4 Year Olds.
Nemours Foundation. Communication and Your 4- to 5-Year Old.
Rose SA, Feldman JF, Jankowski JJ. A Cognitive Approach to the Development of Early Language. Child Dev. 2009;80(1):134-150. doi:10.1111/j.1467-8624.2008.01250.x



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.