Menu
Informasi tentang Kesehatan

Perawatan Kulit Sensitif | Guesehat

  • Bagikan

Kulit Kamu termasuk jenis kulit sensitif? Pasti enggak nyaman banget ya, karena mesti sangat selektif memilih produk perawatan kulit. Berbeda dengan kulit jenis normal, kulit yang sensitif bisa menimbulkan reaksi berlebih pada zat atau kandungan tertentu, terutama pada zat yang ada di rangkaian produk perawatan kulitmu.

 

Agar kulit senssitifmu tidak menimbulkan reaksi berlebih dan teriritasi lebih parah, sebaiknya hindari beberapa kandungan atau bahan dan zat aktif yang biasa terdapat dalam produk perawatan kulit.

 

 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Vitiligo

 

Perawatan Kulit Sensitif, Hindari Bahan Berikut!

Berikut ini beberapa bahan dan kandungan zat aktif yang biasa menimbulkan reaksi berlebihan pada orang dengan kulit sensitif:

 

1. Alkohol

Kebanyakan toner dan pembersih wajah mengandung alkohol, yang pada sebagian orang menyebabkan kering di kulit. Hal ini karena alkohol bisa menyebabkan kulitmu kehilangan kelembapan alaminya. Kulit kering bisa menyebabkan iritasi dan rasa gatal.

 

2. Fragrance/Pewangi

Pewangi sintetis atau synthetic fragrance yang ditambahkanpada produk kecantikan bisa menimbulkan iritasi. Pewangi hampir selalu ada di produk sabun, termasuk sabun cucui dan pelembut pakaian.  Jadi, meskipun sedikit repot menemukan sabun atau produk perawatan kulit yang bebas pewangi, Kamu tetap harus memilihnya untuk menghindari reaksi alergi pada kulit sensitif Kamu. 

 

Baca juga: Jangan Ambil Risiko karena Penggunaan Parfum Palsu atau Isi Ulang!

 

2. Berbagai Zat dalam Sunscreen

Menggunakan sunscreen memang penting untuk perlindungan kulit dari radiasi sinar UV. Tapi, kamu perlu memahami dasar dan cara kerja sunscreen, serta memilih sunscreen yang tepat untuk kulit sensitifmu.

 

Terdapat 3 jenis sunscreen, yaitu sunscreen kimia, fisika, dan campuran. Sunscreen kimia mengandung berbagai zat untuk memantulkan sinar UV yang sampai ke permukaan kulit. Namun, beberapa zat dalam sunscreen ternyata kurang baik untuk kulit yang sensitif, seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone. Untuk itu, kamu dengan kulit sensitif sebaiknya memilih sunscreen fisika saja ya!

 

3. Sodium Lauryl Sulfate

Pembersih atau sabun yang menghasilkan banyak busa cenderung membuat kulit kering. Nah, zat yang bernama sodium lauryl sulfate inilah yang  berfungsi sebagai penghasil busa dalam pembersih yang mengangkat kotoran dan minyak, serta lapisan pelindung pada kulit. Waspada terhadap sabun atau pembersih muka dengan komposisi ini ya! Banyak kok produk perawatan kulit yang bebas busa. 

 

4. Alpha Glycolic Acid (AHA) dan Glycolic Acid

Kedua zat ini biasa terdapat pada produk anti-aging, dan memiliki pH rendah yang bersifat asam bagi kulit. Gunakan moisturizer sebelum Kamu menggunakan produk anti-aging, agar kulit lembap dan bisa menoleransi stressor pada kulit.

 

Nah Gengs, mulai sekarang perhatikan label komposisi pada produk perawatanmu ya! Selain itu menghindari kandungan produk tadi, hindari juga mandi dengan air hangat yang terlalu lama karena akan membuat kulit menjadi semakin kering dan menyebabkan iritasi.

 

Baca juga: Mums, Perhatikan Hal Berikut saat Membeli Produk Perawatan untuk Kulit Bayi Sensitif!

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.