Menu
Informasi tentang Kesehatan

Perawatan Rambut Mahal, Gunakan Sampo yang Diperkaya Keratin

  • Bagikan

Keratin ialah protein struktural berserat yang secara alami ditemukan di rambut, kulit, dan kuku. Rambut manusia terdiri dari keratin yang jumlahnya hingga 95 persen dan sejumlah kecil lipid, air, dan pigmen. Sementara, lapisan tengah rambut atau korteks terbuat dari protein keratin yang menjaga ujung rambut tetap elastis. Protein keratin di lapisan luar melindungi korteks dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh gaya termal, paparan bahan kimia, dan paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

Saat keratin di lapisan kutikula habis, kutikula tidak dapat memberikan perlindungan pada lapisan dalam rambut. Ini juga meningkatkan gesekan antara helai rambut, menyebabkan kerusakan tambahan saat mencuci, menyikat, dan menata rambut. Rambut yang rusak kehilangan kekuatan dan elastisitasnya dan menjadi lemah, rapuh, dan mudah kusut. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan rambut memiliki keratin dalam jumlah yang cukup.

Salah satu cara paling sederhana untuk mencukupi jumlah keratin rambut adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang diperkaya dengan keratin, salah satunya dengan sampo. Yuk, pelajari apa saja manfaat sampo yang mengandung keratin!

Baca juga: Kok Rambut Rontok setelah Melahirkan?

Manfaat Sampo dengan Kandungan Keratin

Inilah beberapa manfaat menggunakan sampo keratin:

1. Mengganti keratin yang hilang

Sampo yang mengandung keratin diformulasikan untuk mengisi kutikula rambut dengan protein keratin selama proses keramas. Keratin dalam sampo ini akan mengikat untaian dan mengisi celah di batang rambut untuk memperbaiki struktur rambut.

2. Membuat rambut tidak mudah kusut

Sampo yang mengandung keratin membantu memperkuat dan menyelaraskan kutikula. Keramas dengan shampo keratin juga akan menciptakan hasil akhir berupa rambut yang lebih halus dan bersinar alami. Untuk rambut yang kerap diproses secara kimia, keramas dengan sampo keratin akan membuat rambut terlihat lebih sehat dan tidak mudah kusut.

3. Melindungi dari kerusakan di masa mendatang

Keratin dalam sampo membantu memulihkan lapisan dalam dan luar rambut. Ini akan melindungi untaian rambut dari kerusakan kimia dan lingkungan lebih lanjut.

Baca juga: Dampak Stres pada Kesehatan Kulit, Termasuk Rambut dan Kuku

4. Meningkatkan hasil perawatan keratin

Jika kamu telah menerima perawatan keratin, sampo keratin dapat meningkatkan hasil perawatan keratin. Keratin dalam sampo dan produk rambut lainnya akan membantu mengganti beberapa keratin yang telah dibersihkan setiap kali keramas.

5. Memperkuat rambut

Menggunakan produk perawatan rambut berbahan keratin akan membantu memperkuat rambut yang mengalami kerusakan kimia dan mekanis. Produk perawatan dengan keratin bahkan dipercaya membantu memperkuat untaian hingga 40 persen.

6. Menghaluskan rambut dan mengurangi keriting

Sampo yang diperkaya keratin cocok untuk semua jenis rambut, tetapi manfaatnya lebih terasa oleh rambut yang diproses secara kimia dan rusak. Keratin dalam sampo tidak akan mengubah tekstur rambut. Namun, keratin memiliki kemampuan untuk mengisi celah-celah dan memoles lapisan kutikula, membuat helai rambut terlihat lebih penuh, lebih halus, dan lebih berkilau. Ini memang tidak meluruskan rambut keriting, tetapi akan melembutkan rambut kasar hingga tampak lebih jatuh dan lurus.

7. Menambah kilau

Keratin bermanfaat untuk membantu menghaluskan kutikula rambut dan mengisi area yang rusak di batang rambut. Pada akhirnya, ini menambahkan banyak kilau pada rambut. Hasilnya, kamu akan mendapatkan rambut yang lebih berkilau dan sehat, mirip dengan perawatan rambut di salon.

Baca juga: Cara Cepat Menumbuhkan Rambut dengan Bahan Alami

8. Mengurangi tampilan ujung bercabang

Keratin membantu memperkuat dan menghaluskan kutikula rambut, yang kemudian mampu mengurangi tampilan ujung bercabang. Helai rambut yang lebih kuat artinya lebih sedikit kerusakan yang mungkin terjadi. Ini juga mendorong pertumbuhan rambut yang baik.

9. Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rambut

Perawatan keratin sebenarnya mengurangi porositas pada rambut, yang artinya ada lebih sedikit air yang terperangkap di dalam kutikula rambut. Dengan begitu, ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rambut.

Sebelum memutuskan untuk membeli sampo yang mengandung keratin, periksa label terlebih dahulu dan sebaiknya pilihlah sampo yang mengandung keratin, asam amino, dan protein terhidrolisis. Keratin terhidrolisis terdiri dari fragmen keratin yang lebih kecil yang mampu membangun kembali ikatan yang terganggu, memperbaiki kutikula, dan memperkuat untaian yang melemah.

Sementara, asam amino memiliki berat molekul kecil dan dapat dengan mudah menembus batang rambut. Semua bahan ini akan bekerja untuk memperbaiki untaian yang rusak dan menciptakan perlindungan terhadap kerusakan struktural lebih lanjut.

Baca juga: Sering Pakai Topi Bisa Menyebabkan Kebotakan?

Sumber:

Byrdie.com. keratin for hairs

Softerhair.com. What-to-look-for-when-buy-a-keratin-shampoo/

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.