Menu
Informasi tentang Kesehatan

Perlukah Minum Vitamin D Setiap Hari?

  • Bagikan

Vitamin D dikenal dengan fungsinya yang vital untuk sistem imun dan kesehatan tulang. Jadi, banyak yang bertanya-tanya, haruskah minum vitamin D setiap hari? Supaya Geng Sehat paham, baca jawabannya di bawah ini, ya!

Perlukah Minum Vitamin D Setiap Hari?

Vitamin D berbeda dengan vitamin lain, karena ia akan disintetis oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari yang sampai ke kulit. Tapi, enggak semua orang mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah yang cukup.

Oleh sebab itu, kita disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari untuk memastikan Kamu mendapatkan asupan vitamin D yang mencukupi.

Selain untuk Sistem Imun, Ini Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan!

Meskipun vitamin D dikenal dengan manfaat vitalnya untuk sistem imun dan kesehatan tulang, vitamin ini memiliki banyak manfaat lain yang vital untuk kesehatan.

Berikut manfaat lain dari vitamin D untuk kesehatan yang gak kalah penting:

1. Meningkatkan Fungsi dan Kekuatan Otot

Kalau Kamu merasa otot mudah nyeri saat sedang olahraga atau sekadar melakukan aktivitas sehari-hari, maka ada kemungkinan Kamu kekurangan vitamin D.

Kadar vitamin D yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan massa otot serta mendukung bentuk dan fungsi otot. Suplementasi vitamin D juga terbukti meningkatkan kekuatan otot pada orang yang mengalami defisiensi vitamin D.

Jadi, kalau Kamu sering mengalami nyeri otot coba lakukan tes kadar vitamin D untuk memastikan Kamu tidak mengalami defisiensi vitamin D.

2. Mendukung Aktivitas dan Ketahanan Antioksidan

Mendukung kekuatan otot bukan satu-satunya manfaat vital vitamin D untuk meningkatkan kualitas hidup, vitamin D juga memiliki peran penting dalam aktivitas antioksidan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tubuhnya memiliki kadar vitamin D yang cukup cenderung memiliki keseimbangan antioksidan yang lebih sehat, sementara orang yang mengalami defisiensi vitamin D lebih memiliki kecenderungan mengalami stres oksidatif.

3. Meningkatkan Fertilitas dan Dukungan Kesehatan Reproduksi

Vitamin D juga memiliki peran yang vital dalam kesehatan reproduksi dan fertilitas. Vitamin ini memiliki peran dari mulai fungsi ereksi dan motilitas (pergerakan) sperma hingga konsepsi dan kehamilan (baik untuk bayi maupun sang ibu).

Meskipun kebanyakan penelitian terkait hal ini masih berlangsung, beberapa diantaranya sudah menunjukkan bahwa baik wanita maupun pria mendapatkan dukungan terhadap kesehatan sistem reproduksi dari konsumsi suplemen vitamin D.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Ternyata, vitamin D juga memiliki peran penting dalam kesehatan gigi dan rongga mulut. Hal ini berkaitan dengan peran vitamin D untuk kesehatan tulang dan sistem imun.

Vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan enamel gigi, mendukung respon sistem imun oral, serta mendukung kesehatan gusi. Jadi, kalau mau punya gigi yang sehat dan kuat, konsumsi suplemen vitamin D.

5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Usus

Bukan cuma probiotik, vitamin D juga penting untuk kesehatan usus. Meskipun probiotik masih menjadi rekomendasi utama asupan untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, vitamin D juga berperan meningkatkan variasi bakteri baik di usus.

Namun, perlu diketahui bahwa meskipun vitamin D turut membantu kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan, usus yang sehat juga penting untuk penyerapan vitamin D. Jadi, pastikan usus selalu sehat, ya!

6. Mendukung Fungsi dan Mood Kognitif

Reseptor vitamin D terdapat di seluruh sistem saraf, yang berarti vitamin ini memiliki peran penting dalam mendukung fungsi sistem saraf dan kesehatan otak. Menurut penelitian, memiliki asupan vitamin D yang cukup meningkatkan fungsi kognitif, perkembangan otak, dan bahkan keseimbangan mood, sehingga baik untuk fungsi dan kesehatan mental.

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari?

Anak-anak berusia di bawah 1 tahun dan orang dewasa membutuhkan 10 mikrogram vitamin D per hari. 1 mikrogram vitamin D sama dengan 40 IU. Berarti, 10 mikrogram vitamin D sama dengan 400 IU.

Rekomendasi asupan harian vitamin D untuk usia 1-70 tahun adalah 600 IU, dan 800 IU untuk orang berusia di atas 70 tahun.

Sebagai rekomendasi untuk memenuhi asupan tersebut, Kamu bisa mengonsumsi Oxyvit D3 1000 IU. Suplemen ini mudah dikonsumsi karena ukurannya kecil serta tidak berbau. Selain itu, Oxyvit D3 1000 mudah dibeli, Kamu bisa temukan di apotek terdekat.

Sumber:

Mind Body Green. Vitamin D Promotes Mood Support, Muscle Health, Brain Function & More*.
Healthline. Researchers Say Vitamin D3 Bolsters Immune System Better Than Vitamin D2.

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.