Menu
Informasi tentang Kesehatan

Persiapan Masuk TK | Guesehat

  • Bagikan

Tak terasa, si kecil sudah akan masuk sekolah untuk pertama kali. Mungkin dia belum bisa menghitung waktu karena tidak merasakannya. Tapi, Mums dan Dads bisa melihat langsung transformasi si kecil dari sebelum bersekolah hingga sebulan kemudian. Pastinya nanti akan ada perubahan, meskipun mungkin tidak selalu kentara.

 

Persiapan Masuk TK

Untuk lebih jelasnya, tidak ada salahnya menyiapkan beberapa hal ini untuk anak. Mums bisa menanyakan pada si Kecil mengenai apa yang ia harapkan di sekolah:

 

1. Kegiatan favorit si kecil di sekolah.

Sebelum hari pertama bersekolah, semoga Mums dan Dads sudah memberitahu si kecil mengenai kegiatan yang akan dia lakukan di sekolah. Misalnya: menggambar, mewarnai, bernyanyi, hingga menari bersama. Bila sudah dua minggu atau hampir sebulan, tanyakan kegiatan yang paling disukai anak.

 

Biarkan si kecil bebas bercerita mengenai rencana kegiatan favoritnya di sekolah. Hal ini dapat membuatnya belajar cara bercerita secara urut. Selain itu, jangan lupa juga tanyakan kegiatan yang kurang disukai anak di sekolah. Dari sini, Mums bisa tahu kemungkinan bakat si kecil dan faktor yang kemungkinan kurang membuatnya betah di sekolah.

 

Baca juga: Si Kecil Sekolah Tatap Muka, Siapkan Protokol 3M untuk Anak!

 

2. Makanan yang disukai untuk bekal makan siang.

Percayalah, bekal makan siang yang tepat akan membuatnya tambah semangat saat di sekolah. Tanyakan yang disukai si kecil, tapi jangan juga menurut dan memberikan yang tidak sehat. Bila Mums bisa menghiasi bekal makanan anak semenarik mungkin, anak akan semakin tertarik untuk menyantapnya. Jangan lupa camilan yang sehat.

 

3. Karakter teman-teman dan guru di sekolah.

Seperti apakah harapan si Kecil akan teman-teman dan gurunya? Mums tentu saja tidak bisa setiap hari mengawasi si kecil sekolah. Biarkan anak mulai belajar mandiri. Jangan lupa, Mums survei tentang kondisi lingkungan dan interaksi murid dan guru-guru di calon sekolahnya. Apakah ada guru kesayangan? Apakah ada guru yang galak? Dari cerita jujur si kecil, Mums bisa mengetahui seberapa perhatian guru-guru di sekolahnya.

 

4. Cara si kecil bersosialisasi di sekolah.

Apakah si Kecil tipe yang senang bermain dengan teman-temannya? Apakah justru si kecil masih sangat pemalu? Mums perlu mengenali karakter si Kecil dan mulai mengantisipasi bagaimanai interaksinya nanti di sekolah, baik dengan teman-teman main maupun guru-guru, Mums bisa tahu seberapa betah dia di TK dengan melakukan evaluasi sesudah sebulan. Semoga semuanya baik-baik saja ya, Mums.

 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Alam untuk Anak
 

5. Keadaan lingkungan sekolah.

Seperti apa kamar mandi atau toiletnya? Apakah setiap hari selalu bersih? Selain itu, apakah anak bermain selain di taman bermain sekolah saat jam istirahat? Apakah ada guru yang mendampingi selama jam istirahat?

 

6. Kemampuan dan perkembangan si kecil selama di sekolah.

Nanti, ketika si Kecil susah sekolah, ajak ia menceritakan semua pengalamannya di sekolah ya Mums! Cerita-cerita seperti ini akan membuat si kecil merasa bangga dan semakin semangat bersekolah. Misalnya: anak sudah bisa menari dan menyanyi mengikuti bu guru di kelas. Pujilah kemajuan prestasi anak di sekolah, sekecil apa pun itu.

 

Bila tahu ada temannya yang lebih baik dalam sesuatu, misalnya membaca, bujuklah anak agar tidak perlu berkecil hati. Toh, setiap anak akan berkembang dengan kecepatannya masing-masing. Tidak mungkin sama dan sebaiknya jangan dibandingkan agar anak tidak berkecil hati.

 

Nah, bagaimana Mums, sudah siap melepas si kecil ke TK? Semoga anak Mums bersemangat dengan tantangan barunya ya, Mums. Dukung terus agar anak mau berusaha untuk mandiri.

 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini saat Memilih Sekolah untuk Anak

 

 

Sumber:

Parents.com. Questions every parent should ask their kid

Kidshealth.com. Adjust to preschool

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.