Menu
Informasi tentang Kesehatan

Rambut Si Kecil Tipis? Begini Cara Melebatkan Rambut Bayi!

  • Bagikan

Bayi lahir dengan kondisi rambut yang berbeda-beda. Tekstur dan warna rambut bayi dipengaruhi oleh genetik orang tua dan kadar hormon selama ia di dalam kandungan. Lalu, bagaimana jika si Kecil memiliki rambut tipis, sedikit, atau rontok? Bagaimana cara melebatkan rambut bayi?

Mungkin Mums pernah dengar bahwa menggunting rambut bayi, bisa membantu melebatkan rambutnya. Padahal, menurut ahli di situs kesehatan anak Baby Centre maupun Mayo Clinic, hal ini merupakan mitos belaka, lho. Adapula mitos lain yang beredar, seperti mengonsumsi kacang hijau saat hamil bisa membuat rambut bayi lebat.

Jadi, kalau Mums mau si Kecil memiliki rambut lebat, sehat, dan berkilau, berikut beberapa cara melebatkan rambut bayi yang bisa dilakukan!

Baca juga: Bisa bikin Rambut Rontok, ini Cara Menghilangkan Kerak (Cradle Cap) di Kepala Bayi

5 Cara Melebatkan Rambut Bayi

1. Sisir Kulit Kepala Bayi

Menyisir dan memijat kulit kepala bayi secara lembut bisa menstimulasi pertumbuhan rambutnya, Mums. Pasalnya perawatan rambut seperti itu bisa meredakan kerak kepala dan mengatasi kulit kering.

Selain itu, menyisir juga meningkatkan sirkulasi udara ke kulit kepala dan folikel rambut. Jadi, setelah mengaplikasikan lotion rambut, pijat kulit kepala si Kecil selama beberapa menit secara lembut ya, Mums!

2. Gunakan Handuk Halus

Saat mengeringkan rambut si Kecil setelah keramas, lakukan secara lembut dan gunakan handuk yang bahannya halus. Menggunakan handuk yang bahannya kasar dapat merusaka folikel rambut bayi dan juga memperlambat pertumbuhan rambut.

3. Cuci Rambut Bayi Menggunakan Sampo Bayi

Apakah Mums tahu kalau rambut si Kecil kotor bisa menghambat pertumbuhan rambutnya? Inilah kenapa Mums harus mencuci rambut si Kecil secara rutin menggunakan sampo bayi sebanyak dua kali seminggu.

Gunakan air hangat dan sampo yang alami dan minim bahan kimia. Mencuci rambut bayi secara rutin bisa menjaga agar kulit kepala tetap bersih. Mums juga bisa menggunakan conditioner khusus untuk bayi.

4. Pastikan Asupan Makanan si Kecil baik

Kalau si Kecil sudah MPASI, berikan makanan yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, seperti yang mengandung zat besi, protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin B.

Sayuran berdaun hijau gelap kaya zat besi. Zat besi mengantar darah, oksigen, dan nutrisi ke akar rambut. Telur, daging, dan whole grain kaya vitamin B, yang bisa membantu menutrisi rambut bayi.

5. Gunakan Vitamin Rambut

Agar lebih lebat dan sehat, kulit kepala dan rambut juga memerlukan vitamin dan nutrisi. Untuk itu, Mums bisa mengoleskan vitamin rambut untuk si Kecil sebagai perawatan sehari-hari. Salah satu rekomendasi vitamin rambut yang halal dan aman untuk kulit kepala bayi yang sensitif adalah Mama’s Choice Hair Vitamin Lotion.

Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion adalah hair lotion pertama yang mengombinasikan vitamin B5, A dan E dengan bahan alami. Mengandung aloe vera organik, kemiri, almond, dan chamomile untuk membantu melebatkan, menguatkan akar rambut, melembabkan serta melindungi kulit kepala si Kecil dari iritasi. Baby Hair Lotion ini juga bisa membantu mengurangi masalah ketombe dan kerak kepala bayi, lho.

Cara menggunakannya pun mudah. Mums cukup mengaplikasikan Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion di kepala bayi setelah ia keramas sambil dipijat lembut. Hasilnya, kulit kepala sehat dan rambut lebat hanya dalam 7 hari!

Nah, ternyata melebatkan rambut bayi dengan cara alami tidak sulit bukan? Perawatan rambut yang tepat dan nutrisi yang baik pasti akan membantu kulit kepala dan rambut bayi tetap sehat dan lebat.

Yuk coba lakukan kelima cara ini di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mums!

Dapatkan Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion dengan harga spesial dan gratis ongkir, hemat 28% di sini!

Sumber:
Baby Gaga. How To Make Your Baby’s Hair Grow Thicker & Faster. 2021.
Healthline. 10 Hacks for Baby Hair Growth. 2020.
Baby Center. Is it true that shaving a baby’s head (or cutting his hair very short) makes the hair grow in thicker and stronger?. 2020.
Mayo Clinic. Is it true that shaving unwanted body hair makes it grow back thicker and darker. 2014.

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.