Menu
Informasi tentang Kesehatan

Sel Imun Butuh Asupan Berkualitas, Konsumsi Makanan Ini Agar Kuat!

  • Bagikan

Sistem imun kita sangat kompleks, dan saling terintegrasi. Sistem imun kita terdiri dari berbagai macam sel, dan kemudian bekerja pada jaringan dan organ tubuh. Agar sel-sel imun bekerja maksimal, tentu saja dibutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas. Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperkuat sistem imun?

Dijelaskan dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM., Dokter Spesialis Gizi Klinik, fungsi sistem imun adalah mempertahanan tubuh terhadap benda asing dan mikroorganisme yang bersifat patogen, baik itu bakteri, virus, atau jamur.

“Tetapi fungsinya tidak hanya itu. Sistem imun kita bisa mendeteksi adanya sel tidak normal sehingga bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, dan meregenerasi jaringan,” jelasnya dalam edukasi daring tentang imunitas tubuh yang diselenggarakan Fontera pada Jumat (25/2) lalu.

Baca juga: 10 Makanan Penguat Imun Tubuh agar si Kecil Tak Mudah Sakit

Imunitas Tubuh Penting Selama Pandemi

Lebih lanjut dr. Marya mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 masih berlangsung, masyarakat tetap perlu konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh.

“Untuk menunjang kerja sistem imunitas tubuh diperlukan kualitas kesehatan yang baik termasuk dari nutrisi. Maka dari itu, penting untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal untuk mencegah risiko berbagai macam penularan penyakit, termasuk COVID-19,” jelasnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal adalah dengan melakukan gaya hidup sehat aktif dan mengonsumsi asupan nutrisi alami yang lengkap makronutrisi dan mikronitrisi yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan zink serta mineral.

Selain itu dibutuhkan serat dan cairan. “Jangan lupa, beberapa sumber asupan kita sehari-hari bisa melengkapi kebutuhan ini seperti yang terkandung dalam susu. Susu merupakan salah satu sumber protein yang baik yang bisa memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi,” tambah dr. Marya.

Baca juga: Inilah Manfaat Minum Susu Berdasarkan Usia

Kandungan Gizi pada Susu

Susu juga mengandung protein hewani, karbohodrat, dan juga lemak yang merupakan sumber gizi utama. Namun, susu juga mengandung mineral penting yang dbutuhkan tubuh, terutama sel-sel imun, misalnya zink atau seng yang dapat mendukung respons sistem imun tubuh dalam melawan virus atau bakteri dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Susu juga mengandung vitamin yang lengkap, yakni vitamin B12, D, A, E dan C yang berperan penting dalam memaksimalkan fungsi imunitas tubuh. “Asupan nutrisi tersebut berperan penting dalam dalam menjaga sistem imun, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan,” kata dr. Marya.

Susu bisa dikonsumsi semua usia, dari mulai bayi hingga usia lanjut. Susu pun kini dibuat dengan manfaat khusus, misalnya untuk usia dewasa yang mengandung lebih banyak kalisum sehingga mendukung kepadatan tulang.

Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Fonterra Brands Indonesia pada kesempatan yang sama menjelaskan, Fontera mengeluarkan susu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X dengan kandungan nutrisi lebih padat. Salah satunya HI ZenC yang berfungsi sebagai mineral untuk pertahanan tubuh.

Selain itu juga mengandung nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan secara menyeluruh seperti kalsium untuk membantu kepadatan tulang yang kuat, kolagen 100mg/saji + tinggi Vitamin C untuk pembentukan dan pemeliharaan kolagen yang menjaga kelenturan sendi, protein + tinggi Vitamin B6 yang bermanfaat untuk metabolisme energi dan pembentukan jaringan.

Nah Geng Sehat, apapun susu pilihan Kamu pastikan kamu mengonsumsinya secara rutin, tepat takaran dan dibarengi dengan pola makan sehat lainnya. Jangan lupa istirahat cukup dan aktif bergerak.

Baca juga: Jangan Sampai Skip Minum Susu Selama Hamil ya, Mums!

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.