Menu
Informasi tentang Kesehatan

Selain Mencegah Kehamilan, Ini 5 Manfaat Dahsyat Pil KB

  • Bagikan

Sudah jelas bahwa fungsi utama pil KB adalah untuk membantu menghindari kehamilan, tetapi pil KB ternyata juga dapat memiliki manfaat lain. Meskipun pengendalian kelahiran adalah alasan paling umum orang menggunakan pil, tetapi banyak juga orang yang menggunakan pil KB untuk alasan lain.

Lalu, apa sajakah kira-kira manfaat lain dari pil KB?

Baca juga: Mungkinkah Hamil Meski Telah Menggunakan Alat Kontrasepsi?

Manfaat Pil KB Selain untuk Mencegah Kehamilan

Ini dia beberapa manfaat pil KB selain untuk mencegah kehamilan:

1. Mengatur menstruasi

Pil KB dapat membantu mengatur menstruasi agar Mums tahu persis kapan datangnya. Pil KB tradisional mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mirip dengan hormon yang dihasilkan ovarium. Kalau minum pil yang mengandung hormon selama 3 minggu, diikuti dengan 1 minggu pil tidak aktif, kamu akan mendapatkan menstruasi pada minggu kamu meminum pil yang tidak aktif.

Beberapa produk saat ini memiliki 24 pil aktif dan 4 pil tidak aktif, membuat siklus bulanan menjadi lebih pendek. Ada juga pilihan lain di mana Mums minum pil aktif 3 bulan sebelum tidak aktif. Dengan begitu, artiya kamu hanya akan mengalami menstruasi empat kali dalam setahun. Mums bahkan dapat merencanakan untuk menghindari menstruasi selama masa sibuk, seperti ujian akhir, kegiatan olahraga, acara sosial, atau saat liburan.

2. Membantu mengatasi kram, PMS, dan anemia

Minum pil KB dapat menurunkan risiko perdarahan menstruasi berat dengan mencegah ovulasi dan membuat lapisan rahim menjadi lebih tipis. Siklus menstruasi yang lebih pendek ini menurunkan risiko anemia defisiensi besi, yang disebabkan oleh pendarahan hebat. Pil KB juga dapat meredakan kram yang menyakitkan karena mencegah ovulasi dan meringankan menstruasi.

Jika kamu memiliki PMS (premenstrual syndrome) atau PMDD (premenstrual dysphoric disorder), pil KB dapat meredakan gejala seperti perubahan suasana hati, nyeri payudara, penambahan berat badan, kembung, dan jerawat dengan menurunkan kadar hormon selama siklus menstruasi. Menggunakan pil untuk menyeimbangkan kadar hormon juga dapat meringankan migrain terkait menstruasi.

3. Membuat kulit lebih bersih dan mencegah pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan

Jika Mums memiliki kadar hormon laki-laki yang lebih tinggi dari normal, atau jika Mums sensitif terhadapnya, Mums mungkin akan melihat pertumbuhan rambut di atas bibir, di bawah dagu, di antara payudara, di antara pusar dan tulang kemaluan, atau di bagian dalam paha. Nah, pil KB dapat mengurangi pertumbuhan jerawat dan rambut tubuh dengan mengurangi kadar hormon laki-laki yang dihasilkan indung telur.

Mums akan melihat lebih sedikit rambut yang tidak diinginkan dalam waktu 6 bulan. Hormon dalam pil KB juga dapat membantu menghentikan pembentukan jerawat, tetapi mungkin perlu beberapa bulan untuk melihat hasilnya.

4. Mengatasi masalah jerawat hormonal

Fluktuasi hormonal seringkali menjadi pemicu utama timbulnya jerawat. Ini menjadi alasan mengapa jerawat biasanya paling parah selama masa remaja. Pil KB dapat membantu meringankan masalah jerawat hormonal dengan meminimalkan fluktuasi hormon. Pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron adalah pelawan jerawat yang paling efektif.

Baca juga: Butuh Perawatan Khusus, Ini Tanda-tanda Kamu Mengalami Jerawat Hormonal

5. Membantu mengelola endometriosis

Endometriosis adalah kondisi menyakitkan yang terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim, yang disebut endometrium, tumbuh di tempat selain di dalam rahim. Jaringan ini mengeluarkan darah saat menstruasi, di mana pun letaknya. Ketika jaringan berdarah di tempat-tempat di mana darah tidak dapat dengan mudah keluar dari tubuh, itu menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Untungnya, pil KB hormonal membuat Mums tidak perlu merasakan nyeri karena memungkinkan Mums untuk tidak mengalami menstruasi. Selain pil KB, IUD juga merupakan pilihan yang baik untuk mengelola endometriosis.

Pil KB terbukti menawarkan beberapa manfaat selain pencegahan kehamilan, tetapi ingatlah tidak ada satu pil KB yang bisa cocok untuk semua orang atau semua masalah. Untuk itu, Mums mungkin perlu berbicara dengan dokter untuk memutuskan apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Promil Pil KB Bikin Cepat Hamil? Ini Faktanya

Sumber:

WebMD.com. Other benefits birth control

Healthline.com. Birth control benefits

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.