Menu
Informasi tentang Kesehatan

Smoothies untuk Ibu Hamil | Guesehat

  • Bagikan

Informasi kesehatan ditinjau dan diedit oleh dr. William

Ada banyak alasan positif mengonsumsi smoothies untuk ibu hamil. Saat hamil, khususnya di trimester pertama, gejala yang paling umum dialami adalah mual dan muntah atau morning sickness. Hal ini bisa membuat nafsu makan Mums berkurang. 

 

Semakin kehamilan berkembang, Mums juga bisa mengalami heartburn (asam lambung naik), sehingga juga bisa menyebabkan mual dan membuat nafsu makan menurun. Nah, smoothies baik dikonsumsi di saat-saat ini.

 

Rasa mual biasanya membuat kita ingin makan dan minum yang dingin-dingin dan mudah dicerna, seperti smoothies. Smoothies untuk ibu hamil disarankan karena bernutrisi. Karena mudah dibuat dan dikonsumsi, smoothies bisa menjadi camilan yang baik.

 

Baca juga: Air Mani Merembes Keluar Usai Berhubungan Memperkecil Kehamilan?
 

Kenapa Smoothies Baik untuk Ibu Hamil?

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ibu hamil membutuhkan makanan yang bervariasi, dari setiap kelompok makanan sehari-hari (biji-bijian, buah, sayuran, makanan protein, dan produk susu).

 

Mengonsumsi smoothies merupakan cara yang baik dan simpel untuk mengonsumsi beberapa kelompok makanan dalam satu waktu. Inilah kenapa smoothies untuk ibu hamil itu disarankan.

 

1. Mudah Dicerna

Saat hamil, wajar jika sulit makan karena mual, asam lambung naik, dan masalah pencernaan. Maka itu, smoothies untuk ibu hamil merupakan pilihan yang baik. Cairan lebih cepat dicerna ketimbang makanan padat, jadi smoothies mudah dicerna.

 

Selain itu, makanan dan minuman dingin umumnya lebih mudah diterima oleh tubuh ketika Mums merasa mual. Smoothies juga rasanya enak dan segar, sehingga sangat baik dikonsumsi jika nafsu makan Mums sedang menurun.

 

Baca juga: Cari Tahu Yuk, Apakah Mums Hamil dengan Kondisi Khusus?
 

Smoothies Kaya Nutrisi

Mengonsumsi smoothies untuk ibu hamil merupakan cara yang mudah dan cepat untuk mendapatkan asupan sayuran, buah, serat, karbohidrat, lemak, dan protein dalam satu waktu. Seperti yang diketahui, ibu hamil harus mengonsumsi nutrisi lengkap. Kalau nutrisi tidak cukup, maka bukan hanya berdampak buruk untuk Mums, tapi juga janin di dalam kandungan. 

 

Penting juga untuk mengingat bahwa multivitamin prenatal dan suplementasi kalsium dapat mencegah kesenjangan nutrisi. Smoothies khususnya bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan asupan nutrisi, ketika Mums sulit mengonsumsi makanan padat. 

 

Smoothies Mengenyangkan

Smoothies, yang berisi campuran bahan bernutrisi, bisa menjadi camilan tersendiri untuk Mums, karena mengenyangkan. Mums bisa mengonsumsi smoothies dengan roti gandum, atau menaburkan kacang dan biji-bijian sebagai topping smoothies. 

Jika Mums ingin mengonsumsi sesuatu dalam waktu cepat dan bernutrisi serta mengenyangkan, maka Mums bisa mengonsumsi smoothies dengan buah-buahan atau kacang-kacangan.

Jika Mums lapar tapi sulit menelan makanan padat, mengonsumsi smoothies bisa menjadi pilihan untuk mengenyangkan tanpa merasa mual. Jika smoothies dikombinasikan dengan makanan tinggi serat, karbohidrat, dan juga lemak, maka akan semakin baik untuk memenuhi rasa lapar Mums. 

 

Baca juga: Kylie Jenner Hamil Anak Kedua, Cari Tahu Bedanya Kehamilan Pertama dan Kedua
 

Itulah Mums, manfaat mengonsumsi smoothies untuk ibu hamil. Tapi tentu saja, Mums harus tetap mengonsumsi makanan padat ya, meskipun Mums merasa mual. Makanlah secara perlahan, dan dalam porsi sedikit, yang penting frekuensinya ditingkatkan. Jika mual dan muntah yang Mums rasakan berlebihan, sebaiknya periksakan ke dokter, ya.

 

Sumber:

Very Well Family. Smoothie Recipes to Enjoy When Pregnant. Oktober 2021.
Eat Right. Eating Right During Pregnancy. Academy of Nutrition and Dietetics. Reviewed April 2021.
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Low Blood Glucose (Hypoglycemia). Reviewed August 2016.



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.