Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tanda Anak Kurang Kasih Sayang

  • Bagikan

Penting bagi kita untuk mengetahui tanda anak kurang kasih sayang. Jika menemukan tanda anak kurang kasih sayang, maka harus segera diatasi. Pasalnya, tidak ada anak yang layak kekurangan kasih sayang.

 

Lalu, apa saja sih tanda anak kurang kasih sayang? Berikut penjelasannya!

 

Baca juga: Penyebab Diabetes tipe 1 pada Anak, Seperti yang Dialami Matthew White
 

Kebutuhan Kasih Sayang pada Anak

Perkembangan psikologis anak dipengaruhi oleh kasih sayang yang ia terima. Anak yang menerima kasih sayang yang cukup akan memiliki identitas dan kepercayaan diri yang semakin jelas, seiring dengan pertumbuhannya. 

 

Kasih sayang berbeda dengan mencintai atau merawat anak secara berlebihan. Kasih sayang bisa berupa kedekatan Mums dan Dads dengan si Kecil, pendekatan tulus terhadap si Kecil, dan upaya Mums serta Dads untuk menciptakan hubungan yang sehat dan baik dengannya.

 

Anak akan memiliki kepribadian yang kuat ketika diberikan kasih sayang yang cukup. Pengalamannya terhadap kasih sayang akan memudahkannya masuk ke lingkungan masyarakat. 

 

Baca juga: Cara Mendisiplinkan Anak dengan Metode Time-Out atau Time-In
 

3 Tanda Anak Kurang Kasih Sayang

Tanda anak kurang kasih sayang biasanya menjadi indikasi adanya masalah antara anak tersebut dengan orang tuanya. Masalah ini biasanya cenderung lebih dalam, namun pada umumnya, hal ini bisa menjadi dampak dari ketidakpedulian orang tua terhadap kebutuhan anaknya.

 

Hal tersebut bisa menyebabkan beragam masalah di masa perkembangan anak. Misalnya, anak memiliki perilaku yang suka berkonflik atau agresif, atau mungkin ia selalu gelisah atau sulit percaya dengan orang lain.

 

1. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Ini merupakan tanda anak kurang kasih sayang yang paling umum. Anak belajar mengontrol emosi lewat hubungan interpersonal dan kasih sayang dari orang terdekatnya. Oleh sebab itu, jika anak hidup di lingkungan dimana ia kurang dirawat dan diberikan kasih sayang, maka ia akan sulit memahami emosi dan norma sosial. 

 

Ia juga akan sulit mengidentifikasi perasaan orang lain. Akibatnya, ia tumbuh menjadi pribadi yang kurang empati dan sulit mengontrol emosi. 

 

2. Terisolasi dan Suka Konflik

Tanda anak kurang kasih sayang yang lain ada pada hubungannya dengan orang lain. Kalau ia suka berkonflik, atau malah sebaliknya, dia sama sekali tidak berkonflik, maka kemungkinan ada masalah.

 

Anak yang emosinya tidak stabil biasanya memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Hal ini bisa menyebabkan ia terisolasi atau sebaliknya mudah berkonflik. Anak dengan masalah ini biasanya memiliki rasa hormat yang rendah terhadap perasaan orang lain.

 

3. Memiliki Perasaan Tidak Aman atau Tidak Nyaman dengan Diri Sendiri

Salah satu tanda anak kurang kasih sayang adalah memiliki perasaan tidak aman atau tidak nyaman dengan diri sendiri. Hal ini dikarenakan ia belum mencapai perkembangan psikologis yang optimal, dimana ia membentuk konsep diri yang baik.

 

Insecurity atau perasaan tidak nyaman dengan diri sendiri ini biasanya terlihat dari perilakunya. Misalnya, ia cenderung membela diri sendiri untuk menghindari situasi sulit, atau mungkin  berusaha mengontrol atau menciptakan konflik.

 

Jadi Mums, waspadai tanda anak kurang kasih sayang di atas, ya. Jangan sampai si Kecil tidak tumbuh maksimal karena Mums dan Dads kurang memberi kasih sayang kepadanya.

 

Baca juga: Jangan Gengsi Minta Maaf kepada Anak Kalau Salah ya, Mums

 

Sumber:

Exploring Your Mind. 3 signs of lack of affection in children. Juli 2018.
Steemit. SIGNS OF LACK OF AFFECTION IN CHILDREN. Juni 2017.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.