Menu
Informasi tentang Kesehatan

Tips Staycation Bersama Anak | GueSehat

  • Bagikan

Sekarang, masyarakat Indonesia tampaknya sudah dapat bernapas sedikit lebih lega. Transisi pandemi Covid-19 yang kini ditetapkan sebagai endemi, membuat keinginan masyarakat untuk kembali jalan-jalan atau berlibur perlahan-lahan mulai meningkat seperti sedia kala.

 

Nah, bertepatan juga dengan momen liburan anak-anak sekolah, rasanya tepat sekali nih jika Mums dan Dads berniat untuk mengajak si Kecil jalan-jalan atau hanya sekadar staycation. Biar liburan kali ini terasa semakin seru, yuk Mums simak tips staycation bersama anak berikut ini!

 

Baca juga: Keperluan Si Kecil saat Liburan Jangan Sampai Tertinggal
 

Tips Staycation Bersama Anak

Meski kasus penyebaran Covid-19 sudah tidak semengerikan sebelumnya, Mums tetap perlu memperhatikan beberapa hal nih supaya staycation kali ini bersama si Kecil bisa tetap aman dan nyaman. Enggak mau dong, kalau setelah pulang liburan, keluarga jadi sakit. Berikut ini beberapa tips staycation bersama anak yang aman dan pastinya tetap seru.

 

 

1. Pilih hotel atau penginapan dengan standar prokes yang ketat

Penyebaran virus dapat terjadi di mana saja. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap memilih hotel atau penginapan yang menerapkan standar protokol kesehatan dengan baik, misalnya yang rutin melakukan penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu tubuh, dan lainnya.

 

2. Pilih lokasi hotel atau penginapan yang berada di zona hijau

Seperti kita ketahui, di masa pandemi, pemerintah telah menetapkan warna zona wilayah berdasarkan jumlah kasus yang terjadi di wilayah tersebut. Semakin rendah jumlah kasus, maka wilayah tersebut dinyatakan berada dalam zona hijau. Nah, untuk mengurangi risiko penyebaran virus, pastikan Mums memilih lokasi hotel atau penginapan yang berada di zona hijau, ya.

 

3. Cari tahu fasilitas hotel atau penginapan, terutama yang berkaitan dengan anak-anak dan keluarga

Memilih hotel atau penginapan bukan hanya sekadar nyaman untuk tidur, tetapi juga perhatikan berbagai fasilitas yang ditawarkan, terutama jika Mums membawa si Kecil untuk menginap. Cari tahu fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh hotel atau penginapan, misalnya kolam renang, gym, arena bermain anak, atau spa dan massage.

 

“Biasanya aku selalu telpon hotel atau penginapan tujuan aku dulu. Aku tanya apakah di sana menyediakan kids club atau enggak. Buat aku, kalau hotel dan penginapan menyediakan kids club, itu udah nilai plus banget,” ujar aktris Karina Salim saat konferensi media kolaborasi tiket.com dan St.Ives yang diselenggarakan pada 21 Juni 2022.

 

Selain fasilitas untuk anak-anak, Karina Salim juga menambahkan bahwa ia kerap mencari tahu fasilitas lain untuk keluarga yang ditawarkan oleh hotel atau penginapan, seperti spa atau massage.

 

“Aku itu tipe orang yang suka self pampering, memanjakan diri sendiri lah. Jadi, aku pasti selalu nanya tuh kalau mau menginap, apakah hotel dan penginapannya menyediakan fasilitas spa atau massage,” tambahnya.

 

Baca juga: Trik agar Liburan Bersama Keluarga Tanpa Drama!

 

4. Persiapkan ide kegiatan yang menyenangkan untuk si Kecil di kamar

Ada kalanya mungkin Mums tidak bisa membawa si Kecil ke kolam renang atau area bermain. Jadi, usahakan untuk membawa mainan favoritnya atau mengajaknya melakukan permainan lain yang tidak kalah seru.

 

“Biasanya kalau lagi menginap kan ada bath tub, nah aku termasuk yang memanfaatkan hal itu nih buat anakku, kebetulan kalau di rumah kan enggak ada bath tub. Aku suka bikinin dia bubble bath. Selain itu, paling aku juga ajak dia untuk bermain dengan benda-benda yang ada, misalnya petak umpet dengan selimut. Yang penting enggak main gadget terus,” ucap Karina Salim. 

 

5. Sebisa mungkin manfaatkan waktu bersama keluarga secara maksimal dan kurangi penggunaan gadget

Setelah menjalani rutinitas dengan padatnya pekerjaan, tentu tujuan Mums dan Dads mengadakan staycation adalah untuk memaksimalkan waktu dengan keluarga. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi penggunaan gadget ketika sedang bersama keluarga, sehingga Mums dan Dads dapat benar-benar menikmati momen staycation kali ini.

 

Hal ini juga ternyata biasa dilakukan oleh Karina Salim selama ia melakukan staycation. “Kalau lagi staycation, aku sukanya off hp, kecuali untuk foto. Jadi bisa maksimalin waktu dengan keluarga, nggak kerjaan terus,” pungkasnya.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Mums lakukan agar styacation bersama si Kecil tetap aman dan nyaman. Jadi, sudah punya rencana staycation ke mana nih Mums bersama keluarga? (BAG)

 

Baca juga: Isi Liburan dengan Kegiatan Bermanfaat

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.