Menu
Informasi tentang Kesehatan

Ukuran Sepatu Membesar Saat Hamil

  • Bagikan

 

Sejumlah perubahan fisik terjadi pada tubuh Mums ketika hamil. Salah satu perubahan fisik yang mungkin Mums sadari adalah bertambah besarnya ukuran sepatu. Wah, kira-kira apakah ukuran kaki Mums benar-benar membesar ya selama hamil? Dan jika hal ini terjadi, apa sih penyebab ukuran kaki dan sepatu membesar selama hamil? Yuk, cari tahu penjelasan selengkapnya berikut ini!

 

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kaki dan Rambut Mums saat Sedang Hamil!
 

Penyebab Ukuran Sepatu Membesar Selama Hamil

Selama hamil, sangat umum jika tubuh ibu hamil mengalami pembengkakan, terutama di trimester ketiga. Bagian tubuh yang paling sering mengalami pembengkakan adalah kaki dan pergelangan kaki. Inilah alasan utama mengapa pada saat hamil ukuran sepatu Mums mungkin akan meningkat sekitar 1 atau 2 nomor dari sebelumnya.

 

Namun, selain alasa tersebut, ada pula alasan-alasan lain yang mungkin membuat ukuran sepatu Mums membesar selama hamil, antara lain:

 

1. Pertambahan berat badan ibu hamil

Saat perut Mums membesar, berat badan otomatis juga akan semakin meningkat selama kehamilan. Perubahan ini menyebabkan munculnya tekanan yang lebih banyak pada lengkungan kaki. Akibatnya, bagian telapak kaki akan menjadi lebih rata dan juga memanjang.

 

Perubahan kondisi kaki yang terjadi selama kehamilan ini juga menjadi salah satu penyebab ibu hamil lebih mudah mengalami nyeri sendi pada kaki, lutut, pinggung, dan tulang belakang.

 

2. Hormon kehamilan

Hormon kehamilan, salah satunya hormon relaksin, memiliki peran untuk mengendurkan ligamen di sekitar panggul guna mempersiapkan tubuh Mums saat persalinan. Namun, selain ligamen pada panggul, hormon relaksin ternyata juga melemaskan ligamen di kaki, Mums. Akibatnya, tulang kaki Mums akan semakin besar dan memanjang.

 

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa bukan berarti tulang pada bagian kaki Mums benar-benar bertumbuh kembali. Perubahan ini hanya terjadi akibat ligamen yang menahan persendian tidak lagi sekencang dulu, sehingga kaki Mums mungkin tampak lebih panjang dan besar dari sebelumnya.

 

Apakah Ukuran Kaki Mums Dapat Kembali Seperti Semula Setelah Melahirkan?

Umumnya, ukuran kaki akan kembali seperti sebelum hamil kurang lebih dalam waktu 1 bulan setelah melahirkan. Namun, ada pula yang bersifat permanen atau tidak kembali ke ukuran semula. Sebuah studi menemukan bahwa beberapa wanita yang sudah melahirkan akan tetap memiliki perubahan panjang kaki sekitar 2-10 milimeter.

 

Kabar baiknya, meskipun perubahan ukuran kaki ini cukup umum dialami oleh ibu hamil, tetapi kondisi ini lebih sering terjadi pada kehamilan pertama dibanding kehamilan kedua atau setelahnya.

 

Baca juga: Ibu Hamil Rentan Mengalami Kram pada Kaki
 

Apakah Ukuran Kaki yang Membesar Saat Hamil Dapat Dicegah?

Hingga saat ini belum ada cara yang dapat dilakukan untuk menghindari perubahan ukuran kaki selama hamil. Namun, Mums dapat melakukan beberapa hal berikut untuk membantu mengurangi pembengkakan pada kaki:

– Hindari berdiri dalam waktu yang terlalu lama.

– Kenakan sepatu yang nyaman dan tidak terlalu sempit. Septau yang terlalu sempit tidak hanya memperparah pembengkakan, tetapi juga dapat menyebabkan bunion dan memicu terjadinya masalah lain pada bagian kaki. Pilih juga sepat yang memiliki hak rendah serta sol dalam yang empuk.

– Saat duduk atau tidur, usahakan untuk menempatkan kaki agak lebih tinggi guna menghindari penumpukan cairan yang menyebabkan pembengkakan. Mums dapat menggunakan bantal sebagai penyangga kaki.

– Lakukan stretching atau peregangan pada pergelangan kaki agar sirkulasi darah lebih lancar.

– Minum banyak air untuk membantu tubuh mengeluarkan kelebihan cairan melalui urine yang menyebabkan pembengkakan.

 

Ukuran sepatu yang membesar saat hamil menjadi salah satu perubahan yang cukup umum terjadi. Dalam kebanyakan kasus, perubahan ini tidak bersifat permanen. Artinya, ukuran kaki dan sepatu Mums mungkin akan kembali seperti sebelum hamil setelah melahirkan. Namun, jika Mums melihat pembengkakan kaki yang terjadi begitu mendadak dan cukup signifikan, segera konsultasikan dengan dokter. Pasalnya, kondisi ini bisa saja menjadi tanda dari preeklampsia atau gangguan tekanan darah serius yang perlu ditangani. (BAG)

 

Baca juga: Kenapa Ya Kaki Jadi Sering Gatal Selama Hamil?

 

 

Referensi

 

Baby Center. Do your feet grow during pregnancy?.

 

Medical News Today. Foot Size Often Grows During Pregnancy.

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.