Menu
Informasi tentang Kesehatan

Zat Gizi untuk Mendukung Tinggi Badan

  • Bagikan

Berbagai iklan bermunculan di laman internet dan media sosial yang mempromosikan suplemen tinggi badan atau susu tinggi kalsium yang katanya “Tinggi Badan dapat Naik 10 cm dalam 2 minggu”. Wow! melihat kalimat tersebut Anda pasti ingin mencobanya bukan?

 

Eits! coba kita pahami bersama, kok bisa sih? Emang kandungannya apa aja, aman nggak, terus walaupun memasuki umur 20 tahun masih bisa bertambah tinggi? Yuk simak pembahasan berikut ini!

 

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan

 

Bagaimana sih pertumbuhan tinggi badan dapat terjadi?

Pertumbuhan tinggi badan tentunya identik dengan pertumbuhan tulang. Tulang merupakan bagian tubuh yang keras, terbentuk dari sel-sel hidup, serta mineral dan kolagen. Nah! pertumbuhan tulang dimulai sejak  masa embrio ( 8 bulan di kandungan), yang mana jaringan embrio akan membentuk tulang rawan.

 

Kemudian tulang rawan berdiferensiasi menjadi matrik tulang. Setelah itu terbentuklah tulang, di setiap ujung tulang terdapat lempeng epifisis. Lempeng inilah yang berperan untuk proses pemanjangan tulang. Jika memasuki masa pubertas lempeng tersebut menutup dan tidak memungkinkan untuk bertambah panjang.

 

Apakah umur 20 tahun masih bisa bertambah tinggi?

Sudah dapat dipastikan zat gizi untuk mendukung tinggi badan anak dapat dimulai sejak kandungan atau di masa kehamilan sampai di masa golden age, yaitu usia 1-5 tahun. Setelah itu, pertumbuhan tinggi badan anak akan melambat dan mencapai puncak pada saat remaja. Sehingga waktu terbaik untuk mengejar ketertinggalan tinggi badan saat masa remaja, disaat itu terjadi  growth spurt.

 

Baca juga: Ini yang Perlu Mums Ketahui Tentang Growth Spurt

 

Apa kandungan suplemen peninggi badan?

Pada dasarnya komposisi suplemen atau susu peninggi badan terdiri dari kalsium, vitamin D, dan vitamin pendukung lainnya dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian.

 

Kalsium sendiri merupakan vitamin yang sangat popular di masyarakat untuk membentuk kepadatan tulang dan vitamin D sendiri untuk meningkatkan penyerapan kalsium di saluran pencernaan sehingga dapat disalurkan ke bagian tulang.

 

Namun Kamu harus hati-hati mengonsumsi kalsium dan vitamin D dosis tinggi akan menyebabkan hiperkalsemia atau kadar kalsium yang berlebih di pembuluh darah. Hal ini dapat menimbulkan plak kalsium di pembuluh darah yang berujung arterosklerosis (kekakuan pembuluh darah).

 

Baca juga: Tinggi Badan Berkurang? Waspada, Tanda Tulang Keropos

 

Adakah zat gizi lainnya untuk mendukung tinggi badan?

Tidak hanya kalsium dan vitamin D saja, masih ada beberapa vitamin dan mineral untuk mendukung tinggi badan Anda. Apa saja itu:

 

1. Vitamin K2

Mungkin masih jarang terdengar tentang manfaat vitamin K2 untuk tinggi badan/ kesehatan tulang. Vitamin K2 berperan untuk membawa kalsium yang beredar di pembuluh darah menuju tulang.

 

2. Zinc

Mineral zinc juga biasanya terdapat di beberapa produk peninggi badan. Mineral satu ini berperan untuk mengoptimalkan kerja vitamin D dalam membantu penyerapan kalsium.

 

3. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang

 

4. Fosfor

Fosfor juga mineral yang dibutuhkan untuk penyusunan tulang agar kuat dan bertambah tinggi.

 

5. Boron

Boron merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kadar kalsium agar tetap berada di dalam tubuh dan tidak terbuang melalui air kencing.

 

Untuk mencapai kepadatan tulang dan tinggi badan optimal diperlukan 99% kalsium tubuh berada di tulang. Oleh karena itu perlu konsumsi kalsium yang cukup, baik dari susu, makanan maupun dari suplemen tinggi badan. Tidak hanya dari itu saja ya! bergerak lebih aktif dapat mendukung penambahan tinggi badan dan memperkuat otot dan tulang.

 

Baca juga: 3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.