Menu
Informasi tentang Kesehatan

Apa Itu Mucus Plug | GueSehat

  • Bagikan

 

Menjelang akhir trimester ketiga kehamilan, ada beberapa hal yang dapat terjadi sebagai tanda semakin dekatnya waktu persalinan. Salah satu tanda yang cukup umum adalah keluarnya mucus plug atau sumbat lendir dari saluran serviks. Sebenarnya apa sih mucus plug ini dan kapan Mums harus segera ke dokter setelah mucus plug keluar? Nah, berikut pembahasannya!

 

Apa Itu Mucus Plug?

Mucus plug adalah gumpalan lendir tebal yang menutup saluran serviks selama kehamilan. Mucus plug berperan layaknya sebuah sumbatan untuk mencegah masuknya bakteri penyebab infeksi ke dalam rahim yang mungkin berbahaya untuk bayi.

Mucus plug akan meluruh dengan sendirinya saat serviks mulai melebar dan menipis, di mana ini menjadi tanda awal semakin dekatnya waktu persalinan.

 

Kapan Biasanya Mucus Plug Keluar?

Kebanyakan ibu hamil baru akan mengalami pelepasan mucus plug pada usia kehamilan 37 minggu ke atas atau menjelang beberapa hari atau minggu sebelum tanggal kelahiran bayi. Beberapa ibu bahkan ada yang tidak kehilangan mucus plug hingga tiba saatnya mereka melahirkan.

Namun, ada pula ibu hamil yang justru kehilangan mucus plug ini lebih cepat dari usia kehamilan 37 minggu. Jika ini yang terjadi, maka segeralah mengonsultasikannya dengan dokter untuk mencegah risiko adanya infeksi.

 

Baca juga: Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat
 

Seperti Apa Bentuk Mucus Plug?

Tampilan, ukuran, dan tekstur mucus plug sebenarnya bervariasi dan berbeda antara satu ibu dengan ibu lainnya. Namun, secara umum, berikut tampilan mucus plug yang banyak ditemukan:

– Berwarna transparan, putih pudar atau sedikit ada bercak darah kemerahan, cokelat, atau merah muda.

– Berserat, lengket, dan teksturnya seperti jeli.

– Memiliki panjang sekitar 1-2 inci.

– Jumlahnya sekitar 1-2 sendok makan.

– Relatif tidak berbau.

 

Perbedaan Mucus Plug dan Keputihan

Peningkatan keputihan adalah kondisi yang normal terjadi selama kehamilan. Keputihan biasanya encer dan berwarna kuning muda atau putih. Ini tentu berbeda dengan mucus plug yang biasanya lebih tebal dan memiliki tekstur menyerupai jeli.

 

Baca juga: Tanda-Tanda Kehamilan Bermasalah
 

Berapa Lama Jarak Waktu Melahirkan Setelah Mucus Plug Keluar?

Keluarnya mucus plug memang menjadi tanda bahwa tubuh Mums sudah siap memasuki proses persalinan. Namun, waktu yang diperlukan sejak keluarnya mucus plug hingga proses persalinan bisa bervariasi antara setiap ibu. Dalam beberapa kasus, ibu hamil akan melahirkan dalam beberapa jam atau hari. Sementara, ada pula yang masih harus menunggu lebih lama sekitar 1 minggu hingga tiba saatnya melahirkan.

Terlepas dari berapa lamanya waktu menjelang persalinan, ibu hamil perlu memperhatikan beberapa tanda persalinan lain yang mungkin juga menyertai. Jika Mums merasakan beberapa tanda ini, segera hubungi dokter.

 

1. Kram

Kram yang terjadi menjelang waktu persalinan biasanya akan timbul dan hilang selama beberapa hari. Biasanya, kram akan terasa pada bagian perut atau punggung bawah.

 

2. Tekanan pada panggul

Mendekati waktu persalinan, posisi bayi biasanya akan turun lebih rendah ke arah panggul. Hal ini membuat Mums merasakan adanya tekanan yang meningkat pada area panggul.

 

3. Kontraksi

Kontraksi adalah kondisi di mana terjadi pengencangan rahim yang berlangsung secara teratur dan lama-kelamaan akan semakin kuat.

 

4. Ketuban pecah

Kantong ketuban merupakan tanda terakhir persalinan. Jadi, jika Mums mengalaminya, segeralah pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Apa Yang Menyebabkan Mucus Plug Keluar?

Selain mendekati waktu persalinan, ada beberap hal lain yang juga membuat mucus plug keluar, seperti:

1. Seks

Hubungan seks memang tidak berbahaya selama kehamilan. Namun, berhubungan seks di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat mengendurkan mucus plug dan membuatnya luruh. Apabila ini terjadi pada usia kehamilan lebih dari 37 minggu, Mums sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Akan tetapi, jika mucus plug terlepas sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, maka Mums perlu lebih waspada karena dapat membawa beberapa risiko, salah satunya infeksi.

 

2. Pemeriksaan serviks

Selama kontrol kehamilan, dokter mungkin akan memeriksa kondisi serviks. Pemeriksaan ini dapat meregangkan atau mengiritasi serviks, sehingga berpengaruh terhadap mucus plug.

 

Meski tampak hanya seperti lendir biasa, tetapi mucus plug memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan Mums dan si Kecil selama masa kehamilan. Oleh karenanya, pastikan untuk memperhatikan kondisinya jika memang mucus plug keluar di usia kehamilan yang belum mencapai 37 minggu. (BAG)

 

Baca juga: Ini Yang Perlu Mums Persiapkan Jelang Persalinan

 

 

Referensi

Cleveland Clinic. Mucus Plug.

Healthline. Losing Your Mucus Plug During Pregnancy.

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.