Menu
Informasi tentang Kesehatan

Awas! Ternyata Virus Bisa Sebabkan Diabetes

  • Bagikan

Diabetes adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi cara tubuh mengubah makanan menjadi energi. Saat kita sedang makan dan minum, gula darah akan meningkat. Pankreas kemudian menghasilkan hormon insulin, yang memungkinkan sel untuk menggunakan gula darah ini.

Namun, individu dengan diabetes tidak dapat menggunakan insulin dengan baik (diabetes tipe 2) atau menghasilkan cukup insulin (diabetes tipe 1). Sejauh ini, diabetes tipe 2 merupakan bentuk diabetes yang paling umum, yaitu sekitar 90-95 persen dari semua kasus diabetes pada populasi orang dewasa.

Kedua jenis diabetes ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Namun, beberapa tahun terakhir ilmuwan meyakini bahwa infeksi virus mungkin berkontribusi dalam menyebabkan seseorang mengembangkan diabetes.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Diabetes Ini!

Benarkah Virus Dapat Menyebabkan Diabetes?

Di sini, kita akan mempelajari lebih dalam apakah virus dapat menyebabkan diabetes? Jika ya, virus apakah itu dan bagaimana virus tersebut dapat memicu diabetes?

1. Human Enteroviruses dan Diabetes

Peneliti telah mengaitkan beberapa virus dengan diabetes tipe 1, tetapi bukti paling kuat menunjukkan bahwa Human Enteroviruses (HEVs) adalah penyebab utamanya. HEV adalah keluarga besar virus yang masuk ke usus dan menyebar melalui kebersihan atau sanitasi yang buruk serta menyebabkan berbagai penyakit dengan gejala neurologis, pernapasan, kulit, dan pencernaan.

Salah satu HEV yang paling terkenal adalah virus polio, tetapi mayoritas penyakit akibat HEV tidak seserius polio. Studi kecil menemukan jejak HEV dalam sampel pankreas dari individu yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 1, dan pada orang yang memiliki diabetes tipe 1 untuk waktu yang lama.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang terkena HEV selama kehamilan memiliki potensi lebih besar melahirkan bayi dengan diabetes tipe 1. Meskipun begitu, buktinya beragam dan belum ada kesimpulan yang bisa ditarik.

Ada beberapa kemungkinan teori tentang bagaimana infeksi HEV menyebabkan diabetes tipe 1:

  • HEV mungkin terlihat mirip dengan bagian sel penghasil insulin di pankreas, menyebabkan sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel.
  • Infeksi HEV mengekspos sel-sel penghasil insulin ke sistem kekebalan dengan cara yang tidak biasa, yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh melakukan serangan.
  • Infeksi HEV mengubah cara kerja sel penghasil insulin, membuat sistem kekebalan menganggap ini sebagai ancaman.

Baca juga: 4 Jenis Diet Terbaik untuk Orang dengan Diabetes

2. Apakah COVID-19 Menyebabkan Diabetes?

Sejak awal adanya kasus COVID-19, para peneliti telah mengamati apa yang terjadi saat seseorang pulih dari COVID-19. Studi yang melacak lebih dari 47.000 orang di Inggris yang dirawat di rumah sakit karena SARS-CoV-2 sebelum Agustus 2020 menemukan bahwa 5 persen di antaranya mengembangkan diabetes.

Peneliti juga menunjukkan bahwa orang yang pernah dirawat di rumah sakit akibat COVID-19 1,5 kali lebih mungkin didiagnosis dengan diabetes setelah dipulangkan daripada orang dengan usia dan latar belakang yang sama yang tidak dirawat di rumah sakit karena COVID-19.

Tapi, bagaimana COVID-19 bisa menyebabkan diabetes? Satu teori menyebutkan bahwa peradangan di dalam tubuh yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 menyebabkan resistensi insulin, ciri diabetes tipe 2. Artinya, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksinya dengan tepat.

Studi kecil yang mengamati sel pankreas yang tumbuh di laboratorium dan sampel pankreas yang diambil dari orang yang meninggal karena COVID-19 menunjukkan bahwa virus dapat masuk dan menginfeksi sel beta penghasil insulin di pankreas, menyebabkan mereka mati atau mengubah cara kerjanya. Artinya, orang tersebut tidak dapat memproduksi insulin yang cukup.

Teori lain menunjukkan bahwa ketika SARS-CoV-2 menginfeksi pankreas, itu dapat memicu sistem kekebalan untuk menyerang dan menghancurkan sel beta, seperti yang terjadi pada individu dengan diabetes tipe 1.

Setelah membaca informasi ini, jangan sampai Mums jadi khawatir berlebihan! Sebaliknya, Mums harus semakin waspada dan berusaha menjaga kesehatan fisik dan mental dengan berbagai acara, seperti rajin berolahraga, makan dengan baik, menjaga kebersihan, dan manajemen stres yang baik.

Baca juga: Penelitian: COVID-19 Menyebabkan Diabetes!

Sumber:

Diabetes.org.uk. Research-spotlight-what-causes-type-1-diabetes

Genengnews.com. How-a-virus-can-induce-diabetes

Medicalnewstoday.com. Mouse-study-shows-how-a-virus-may-trigger-diabetes

Diabetes.org.uk. Worse-cases-coronavirus

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.