Menu
Informasi tentang Kesehatan

Berat Badan Turun Drastis, Awas Tanda Diabetes

  • Bagikan

Semua orang bisa mengalami kenaikan atau penurunan berat badan. Misalnya, di akhir pekan kita makan terlalu banyak sehingga berat badan naik 1-2 kilogram, di lain waktu kita berolahraga sangat intensif sehingga berat badan turun.

Penurunan berat badan juga normal dialami orang yang tengah sakit dan setelah sembuh berat badan berangsur naik kembali. Namun, ada penurunan berat badan yang sebaiknya diwaspadai karena merupakan hal yang tidak normal. Misalnya, penurunan berat badan yang drastis tanpa sebab. Artinya berat badan yang turun tidak disebabkan diet atau olahraga.

Jika kamu mengalaminya, dan berat badan yang hilang cukup banyak, jangan-jangan kamu memiliki diabetes.

Baca juga: Awas, Ini Penyebab Gula Darah Tinggi di Malam Hari!

Penyebab Berat Badan Turun Sebagai Tanda Diabetes

Penurunan berat badan hanya setengah atau 1 kg bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika berat badan turun sampai di atau 5 kg atau lebih, berarti ada sesuatu yang salah dan tubuh mencoba memberi tahu sesuatu.

Penurunan berat badan yang dramatis ini bisa menjadi tanda awal diabetes. Biasanya penurunan berat badan sebagai tanda diabetes terjadi relatif cepat, hanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Mengapa diabetes bisa menyebabkan penurunan berat badan? Semuanya berawal dari insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur distribusi gula sehingga sel-sel tubuh bisa memanfaatkan gula untuk energi.

Pada orang dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efektif dan tidak dapat mengangkut glukosa ke sel-sel tubuh, sehingga gula menumpuk di darah.

Ketika gula tidak sampai ke sel, tubuh mengira sel kelaparan dan mencari cara untuk mengatasinya. Tubuh lantas menciptakan energi dengan membakar lemak dan otot dengan cepat. Inilah yang menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat, yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Ginjal juga mulai bekerja keras untuk mengurangi kelebihan gula dalam darah. Caranya dengan menggunakan energi tambahan dan jika ini terus berlangsung, dapat menyebabkan kerusakan ginjal .

Mekanimse penurunan berat badan ini juga terjadi pada penderita diabetes tipe 1, apalagi pada diabetes tipe 1, tubuh sama sekali tidak memproduksi insulin. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan ini justru paling kentara pada orang dengan diabetes tipe 1. Orang tua harus waspada dan segera mengenali penurunan berat badan yang tidak biasa pada anak, dan mengecek lebih lanjut ke dokter untuk memastikan diabetes tipe 1.

Baca juga: Masa-masa Kritis Orang dengan Diabetes Rentan Alami Stres

Sumber:

Health.clevelandclinic.org. What

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.