Menu
Informasi tentang Kesehatan

Cuaca Panas Meningkatkan Gula Darah

  • Bagikan

Bulan ini kita memasuki musim kemarau. Meskipun kadang di sore hari masih datang hujan, namun cuaca di pagi dan siang umumnya sangat terik. Orang dengan diabetesbisa menjadi lebih sensitif terhadap cuaca panas.

 

Panas yang ekstrem dapat memengaruhi kontrol gula darah. Hal ini semakin berisiko pada penderita diabetes yang mengalami komplikasi kerusakan saraf di kelenjar keringat, sehingga produksi keringat berkurang. Ini bisa menjadi serius karena suhu di luar ruangan meningkat, yang menyebabkan kelelahan akibat panas dan serangan panas.

 

Suhu ekstrem juga dapat merusak obat dan peralatan tes gula darah. Nah, bagaimana mengelola diabetes di musim panas?

 

Baca juga: Cepat Naikkan Gula Darah, Ini 8 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

 

Cuaca Panas Meningkatkan Gula Darah

Cuaca panas akan mempengaruhi pola makan dan minum. Aktivitas tinggi di luar rumah membuat banyak berkeringat dan memciu dehidrasi, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

 

Kadar glukosa meningkat ditandai dengan sering buang air kecil, yang kemudian mengarah pada dehidrasi dan semakin meningkatkan kadar gula. Jadi semacam lingkaran setan,

 

Pengguna insulin juga akan terkena dampaknya. Dehidrasi mengurangi suplai darah ke kulit, oleh karena itu, kemampuan tubuh untuk menyerap insulin yang disuntikkan pun berkurang.

 

Oleh karena itu, jika Diabestfriends banyak beraktivitas pada cuaca panas yang ekstrem, maka berisiko tinggi untuk menglami gula darah rendah dan tinggi.

 

Baca juga: 4 Jenis Diet Terbaik untuk Orang dengan Diabetes

 

Tips mengelola gula darah di cuaca panas

Ikuti tips ini untuk membantu mengelola diabetes sambil tetap bisa beraktivitas di siang hari yang panas:

 

Minum banyak air putih

Tetap terhidrasi penting untuk semua orang selama melakukan aktivitas fisik, dan ini sangat penting jika kamu menderita diabetes.

 

Hindari dehidrasi

Bawalah botol-botol kecil air atau minuman olahraga yang mengandung elektrolit rendah kalori di dalam ransel atau tas olahraga.

 

Sesuaikan insulin sesuai kebutuhan.

Tanyakan penyedia atau edukator diabetes untuk menyesuaikan dosis insulin.

 

Baca juga: Gejala Syok Insulin yang Perlu Diwaspadai

 

Cek kadar gula darah lebih sering

Karena suhu panas dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi, ada baiknya untuk menguji gula darah lebih sering. Dengan begitu, kamu dapat mengambil tindakan yang tepat jika terjadi kenaikan atau penurunan gula darah.

 

Bawalah permen untuk mengobati gula darah rendah.

Bawalah permen atau makanan ringan yang manis jika Kamu berisiko tinggi terkena gula darah sangat rendah (hipoglikemia).

 

Hindari sengatan matahari.

Kamu bisa terbakar sinar matahari saat beraktivitas luar ruang di musim panas. Kulit terbakar membuat tubuh stres dan dapat meningkatkan kadar gula darah. Gunakan tabir surya spektrum luas dan kenakan pelindung mata.

 

Baca juga: Pedoman Puasa untuk Penderita Diabetes

 

 

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.