Menu
Informasi tentang Kesehatan

Ini Penyebab Sekaligus Cara mengatasi Kulit Kering dan Gatal pada Anak

  • Bagikan

Kulit bayi dan anak-anak masih sensitif terhadap kelembapan udara dan perubahan cuaca. Dalam banyak kasus, kulit si Kecil lebih rentan kering dan gatal. Nah, agar kondisi kulit si Kecil tidak semakin parah, yuk Mums cari tahu cara mengatasi kulit kering dan gatal pada anak!

Penyebab Kulit Kering pada Anak

Kulit kering adalah kondisi yang cukup umum terjadi pada anak. Cuaca dingin atau panas serta kelembapan udara yang rendah merupakan salah satu penyebab utama kulit kering pada anak.

Selain lingkungan, kebiasaan mandi yang terlalu sering dan menggunakan shower gel yang memiliki busa berlebih dan meninggalkan residu berbahaya pada kulit si Kecil juga menjadi pemicu kulitnya menjadi kering. Bahkan, bagi anak yang sudah memiliki jenis kulit kering dan sensitif sejak awal, kebiasaan ini akan semakin memperburuk kondisinya. Pasalnya, busa berlebih dan residunya dapat menghilangkan minyak alami kulit, membuat kulit kehilangan kelembapannya dan menyebabkan iritasi.

Selain itu, Air mandi yang terlalu panas, penggunaan pakaian atau handuk yang kasar, dan produk yang mengandung alkohol dapat memperburuk kondisi kulit kering si Kecil. Jadi, pastikan untuk menghindari berbagai penyebab kulit kering dan gatal ini ya, Mums!.

Terkadang, masalah kulit seperti eksem dapat menyebabkan kulit anak menjadi sangat kering. Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit kering juga bisa menjadi indikasi dari kondisi medis tertentu, seperti diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan gangguan tiroid.

Tanda-tanda Kulit Kering pada Anak

Kulit yang kering umumnya ditandai dengan beberapa gejala, seperti permukaan yang kasar, mengelupas, munculnya garis-garis halus, atau tampak pecah-pecah. Tanda ini bisa mucul di bagian tubuh mana saja, tetapi umumnya lebih sering di bagian kaki, tangan, wajah, dan sekitar bibir.

Dalam kondisi yang masih ringan, kulit kering mungkin tidak akan terlalu menggangu kenyamanan si Kecil. Namun, jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa semakin parah dan menyebabkan rasa gatal. Rasa gatal yang muncul dapat memicu si Kecil untuk menggaruk dan akhirnya berdampak pada iritasi kulit yang lebih parah.

Cara mengatasi Kulit Kering Anak

Perawatan yang tepat sangat dibutuhkan jika si Kecil memiliki kulit yang kering. Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat Mums lakukan untuk mengatasi kulit keringnya.

  1. Hindari memandikan si Kecil terlalu lama

Tanpa disadari, mandi terlalu lama dapat membuat kulit si Kecil kehilangan kelembapan alaminya. Jadi, usahakan untuk memandikan si Kecil paling lama sekitar 10 menit.

  1. Perhatikan kondisi air

Pastikan juga air yang digunakan untuk memandikan si Kecil tidak terlalu panas (suhu 32-37°C). Suhu air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan kulit si Kecil.

Selain suhu air, perhatikan juga kondisi air yang digunakan. Air layak pakai seharusnya bebas dari pencemaran kuman, logam berat, dan sebagainya. Nah, untuk memastikan keamananan tersebut, Daily Cha-E Multi-Filtered Shower Head hadir untuk menjaga kesehatan kulit Mums dan si Kecil saat mandi.

Daily_Cha-E_Shower_Head

Daily Cha-E Multi-Filtered Shower Head merupakan shower mandi premium buatan Korea yang dilengkapi khusus dengan filter ganda. Filter ganda ini mampu menyaring zat pencemar air, seperti logam berat dan kuman, sehingga kulit si Kecil akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari iritasi.

Yuk, jadikan momen mandi si Kecil nyaman dan menyenangkan dengan Daily Cha-E Multi-Filtered Shower Head!

  1. Pilih shower gel yang aman untuk si Kecil

Pemilihan shower gel untuk si Kecil tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena si Kecil masih memiliki kulit yang sensitif. Beberapa shower gel anak masih banyak yang mengandung alkohol, memiliki busa berlebih, dan meninggalkan residu berbahaya sehingga berpotensi menyebabkan kulit si Kecil kering dan iritasi.

Oleh karena itu, sebaiknya Mums memilih jenis shower gel anak dengan kandungan organik, seperti Buds Organics Shower Gel, untuk membersihkan kuman dan kotoran secara menyeluruh. Tubuh si Kecil pun tetap bersih dan segar sepanjang hari.

Buds_Organics_Shower_Gel

Buds Organics Shower Gel bebas pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, dan mampu menutrisi serta melembapkan kulit si Kecil. Setelah digunakan, Buds Organics Shower Gel juga tidak meninggalkan residu berbahaya pada kulit si Kecil. Jadi, Mums tidak perlu khawatir kulit si Kecil akan kering dan iritasi.

Buds Organics Shower Gel tersedia dalam 4 varian aroma, yaitu lavender, orange, tutty fruity, dan raspberry, yang pastinya disukai oleh si Kecil. Yuk, coba Buds Organics Shower Gel sekarang!

  1. Oleskan pelembap

Setelah mandi, untuk menjaga kelembapan kulit si Kecil, segera oleskan krim pelembap khusus untuk anak.

  1. Atur suhu dan kelembapan udara dalam ruangan

Suhu yang terlalu panas atau dingin dengan kelembapan yang rendah dapat membuat kulit si Kecil lebih mudah kering. Jadi, pastikan suhu ruangan di rumah sudah tepat. Jika perlu, gunakan humidifier di area bermain atau kamar si Kecil.

  1. Pastikan tubuh si Kecil terhidrasi dengan baik

Kelembapan kulit juga didukung dari hidrasi tubuh yang baik. Oleh karena itu, pastikan si Kecil mendapatkan asupan cairan dalam jumlah yang cukup ya, Mums.

Kulit bayi dan anak-anak masih sangat sensitif serta mudah kehilangan kelembapannya. Hal ini membuat kulit mereka sangat mudah kering. Jika dibiarkan, kulit yang kering bisa menimbulkan gatal-gatal dan juga iritasi. Karenanya, yuk lakukan perawatan yang tepat agar kondisi kulit kering si Kecil tidak semakin parah! (AS)

Referensi

Babu Center. Dry skin in babies and children.

NDTV. 6 Ways To Manage Dry And Itchy Skin In Babies.

Raising Children. Dry skin.

What to Expect. Dry Skin in Babies.

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.