Menu
Informasi tentang Kesehatan

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

  • Bagikan

 

. Bagi orang yang baru terdiagnosis diabetes, atau memiliki faktor risiko diabetes, mungkin belum tahu makanan apa yang sebaiknya dihindari.

 

Sebaliknya, orang yang sudah memiliki diabetes cukup lama, seharusnya sudah paham bahwa beberapa makanan dan minuman dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga tidak lagi mengonsumsinya.

 

Kira-kira makanan apa ya yang harus dihindari penderita diabetes?

 

Baca juga: 4 Jenis Diet Terbaik untuk Orang dengan Diabetes

 

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang memengaruhi kadar gula darah. Beberapa makanan atau minuman sangat cepat membuat gula darah melonjak. Namun, setidaknya di awal program pengendalian gula darah, inilah 10 jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari:

 

1. Minuman manis

Semua minuman manis adalah musuh penderita diabetes. Mulai dari jus buah dengan gula, soda, dan juga es teh. Minuman manis sarat dengan gula dan kalori, dan biasanya memiliki nilai gizi yang sedikit atau tidak ada sama sekali. Sebagai gantinya, minum air putih dengan berbagai buah beri dan buah-buahan agar Kamu dapat menikmati minuman dengan rasa manis alami.

 

2. Kopi Kekinian

Kopi kekinian yang dibuat dari kopi dan susu dan berbagai perasa memang spesial, misalnya frappuccino atau cappuccino. Kopi hitam memang baik untuk kesehatan, tetapi jika sudah dijadikan kopi masa kini, sudah mengandung banyak gula, kalori, dan lemak jenuh ekstra. Lebih baik kembali ke selera awal kopi hitam tanpa gula, pemanis, atau susu dan krim.

 

Baca juga: Bulan Puasa Tetap Bisa Minum Kopi, Pilih yang Aman untuk Lambung

 

3. Susu murni

Mengapa susu murni terlarang untuk orang dengan diabetes? Susu murni mengandung terlalu banyak lemak, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Bukan berarti orang dengan diabetes tidak boleh minum susu, namun pilih susu skim. Satu cangkir susu skim mengandung 12 gram karbohidrat. Pilihan lain adalah susu almond, susu beras, atau susu kedelai, namun pastikan renah gula.

 

4. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, hot dog, dalah makanan tinggi lemak jenuh dan natrium. Lebih baik beli daging segar yang dimasak sendiri di rumah.

 

5. Sereal

Sebagian besar sereal mengandung gula yang cukup tinggi. Potensi lonjakan darah pun berlipat karena sereal sendiri adalah karbohidrat. Lebih baik pilih sereal tanpa pemanis, atau oatmeal, lalu tambahkan sedikit buah atau pemanis buatan.

 

6. Simple syrup

Jenis toping ini sangat tinggi karbohidratnya. Simple syrup rendah kalori sekalipun biasanya mengandung setidaknya setengah karbohidrat reguler.

 

Baca juga: Camilan Sehat Yang Tidak Membuat Gemuk!

 

7. Sorbet

Banyak orang percaya sorbet adalah alternatif yang baik untuk es krim, tetapi setengah cangkir sorbet memiliki hampir dua kali lipat karbohidrat dari setengah cangkir es krim.

 

8. Semua makanan yang digoreng

Kita tahu gorengan tidak baik untuk siapa pun. Lemak diserap ke dalam makanan dan menyebabkan kolesterol tinggi dan penambahan berat badan yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 atau memperburuk kontrol diabetes.

 

Ingat dalam gorengan juga terkandung tepung sebagai pelapis, yang juga tinggi karbohidrat. Lebih baik memanggang atau merebus makanan, atau menggoreng tanpa minyak dengan air fryer.

 

Baca juga: Diabetes dan Kolesterol? Begini Cara Mengatasinya!

 

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.