Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Almond untuk Penderita Diabetes

  • Bagikan

Almond dan susu almond memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk penderita diabetes. Pasalnya, kacang ini tinggi protein, lemak sehat, dan serat, namun rendah karbohidrat. Lalu, apa saja manfaat almond untuk penderita diabetes?

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang manfaat almond untuk penderita diabetes! Yuk, Diabestfriends, baca penjelasannya!

Baca juga: Apa Itu Hipoglikemia Reaktif atau Sugar Crash? Kenali Gejalanya!

Manfaat Almond untuk Penderita Diabetes

Berikut sejumlah manfaat almond untuk penderita diabetes:

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi almond dapat meningkatkan kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1. Pada penelitian di tahun 2011 yang melibatkan 20 orang penderita diabetes tipe 2, yang mengonsumsi 60 gram almond setiap hari mengalami penurunan kadar insulin puasa dan kadar gula darah puasa. Selain kacangnya, susu almond juga baik untuk penderita diabetes.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut American Heart Association (AHA), diabetes adalah satu dari tujuan faktor risiko penyakit jantung yang dapat dikontrol. Penderita diabetes juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian menemukan bahwa almond memiliki peran dalam membantu mencegah penyakit jantung. Data dari tiga penelitian besar menyimpulkan bahwa mengonsumsi almond bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit jantung koroner.

Penelitian lain dari tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi almond bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung laing, termasuk denyut jantung tidak beraturan serta gagal jantung.

Mengontrol Berat Badan

Menjaga berat badan sehat penting untuk penderita diabetes. Obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan komplikasinya. Jadi, penurunan berat badan bisa membantu mencegah hal tersebut.

Almond tinggi protein, serat, dan lemak sehat. Alhasil, almond bisa membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan rasa kenyang. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi almond tidak meningkatkan berat badan meskipun cukup tinggi kalori.

Sumber Magnesium

Almond merupakan sumber magnesium yang baik. Satu ons (23 almond) mengandung 76.5 mg magnesium. Namun, perlu diketahui susu almond memiliki kandungan magnesium yang lebih rendah.

Penelitian pada 2012 menunjukkan bahwa kadar gula darah tinggi dapat mengurangi kadar magnesium dalam tubuh, karena kondisi tersebut menyebabkan banyak mineral keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, mengonsumsi almond dapat membantu memenuhi kebutuhan magnesium penderita diabetes.

Baca juga: Mengenal Black Madras, Beras Rendah Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

Berapa Banyak Almond Bisa Dikonsumsi Per Hari?

Meskipun almond makanan sehat, sebaiknya jangan mengonsumsinya lebih dari 1 ons atau lebih dari ¼ cangkir per hari. Almond tinggi kalori dan lemak, sehingga malah bisa meningkatkan berat badan jika tidak dibatasi asupannya serta tidak dikonsumsi bersamaan dengan diet seimbang.

Penting juga memilih almond tanpa garam, hindari pula almond yang dilapisi gula, madu, atau cokelat. Garam bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko masalah jantung, sementara gula adalah karbohidrat, dan karbohidrat berlebihan perlu dihindari oleh penderita diabetes. Untuk lebih jelasnya, penderita diabetes bisa konsultasi dengan dokter, ya.

Intinya, almond dan susu almond baik untuk penderita diabetes. Kacang almond memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk kontrol kadar gula darah, mengontrol berat badan yang lebih baik, dan meningkatkan kesehatan jantung. Almond juga sumber magnesium yang baik. Namun, almond tinggi kalori dan lemak, sehingga jangan dikonsumsi berlebihan ya. Khususnya penting bagi penderita diabetes untuk menghindari asupan kacang yang ditambah gula maupun garam.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Markisa, untuk Penderita Diabetes Bisa Tingkatkan Sensitivitas Insulin

Sumber:

Medical News Today. Are almonds beneficial for people with diabetes?. November 2018.
Food Data Central. Almond milk, unsweetened. Januari 2020).
American Heart Association. Cardiovascular disease and diabetes. (2015, August 30)
National Library of Medicine. de Souza, R. G. M., et al. Nuts and human health outcomes: A systematic review. Agustus 2017.
Natural Medicine Journal. Dean, C. Maret 2012. Association of oral magnesium with type-2 diabetes: Influence of magnesium status and intake on blood glucose control.
Diabetes.org. Diagnosing diabetes and learning about prediabetes. (2016).
National Library of Medicine. Freisling, H., et al. (2018). Nut intake and 5-year changes in body weight and obesity risk in adults: Results from the EPIC-PANACEA study [Abstract].

Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.