Menu
Informasi tentang Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Diabetes

  • Bagikan

Khasiat kesehatan lidah buaya mungkin sudah tidak diragukan lagi. Lalu, adakah manfaat lidah buaya untuk diabetes? Penelitian menunjukkan bahwa jus yang berasal dari lidah buaya yang tahan kekeringan baik untuk kadar gula darah. Yuk, langsung aja baca penjelasannya!

 

Baca juga: 6 Manfaat Buah Markisa, untuk Penderita Diabetes Bisa Tingkatkan Sensitivitas Insulin
 

Penelitian Tentang Manfaat Lidah Buaya untuk Diabetes

Lidah buaya sejak dahulu sudah digunakan sebagai bahan pengobatan. Lidah buaya bersifat anti inflamasi dan menyembuhkan, termasuk untuk menyembuhkan kulit yang terbakar matahari dan luka lainnya.

 

Lidah buaya mengandung 75 bahan aktif yang terdiri dari beragam vitamin, mineral, enzim, dan asam amino. Meskipun ahli memberi peringatan bahwa masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, banyak ilmuwan yang menggali lebih dalam tentang potensi lidah buaya untuk menurunkan kadar gula darah.

 

Penelitian menunjukkan bahwa jus atau suplemen lidah buaya bisa memberikan beberapa manfaat untuk diabetes:

  • Menurunkan kadar gula darah puasa. Penelitian di tahun 2015 menunjukkan bahwa gel lidah buaya bisa membantu mengontrol kadar gula darah puasa serta menurunkan lemak dan berat badan.
  • Efek samping minim. Beberapa ilmuwan melakukan review terhadap beberapa penelitian dan menemukan bahwa kebanyakan orang yang berpartisipasi dalam penelitian tentang lidah buaya memiliki toleransi tinggi terhadap tanaman tersebut.
  • Menurunkan rata-rata kadar HbA1c. Review terhadap beberapa penelitian terkait hal ini masih beragam. Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa lidah buaya membantu menurunkan kadar HbA1c. Namun, penelitian lain yang melibatkan manusia tidak menemukan hasil yang sama.

 

Baca juga: 100 Tahun Insulin Selamatkan Penderita Diabetes, Masih Banyak Mitos Insulin!
 

Waspada Lidah Buaya Bisa Bikin Hipoglikemia

Beberapa penelitian terhadap lidah buaya malah menemukan kemunduran terhadap khasiat tanaman tersebut terhadap diabetes. National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) memberikan peringatan bahwa lidah buaya bisa menurunkan kadar gula darah. 

 

Jika Diabestfriends sudah mengonsumsi atau melakukan pengobatan untuk mengontrol kadar gula darah, minum satu gelas jus lidah buaya atau mengonsumsi apapun yang mengandung lidah buaya bisa semakin menurunkan kadar gula darah.

 

Diabestfriends bisa terkena hipoglikemia, suatu kondisi berbahaya dimana kadar gula darah turun sangat rendah dan bisa menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran. Selain itu, banyak ahli yang percaya bahwa lidah buaya memiliki efek laxative. Mengonsumsi senyawa yang mengandung efek laxative bisa menurunkan keefektifan obat oral diabetes. Jika obat tidak diserap dengan baik oleh tubuh, Diabestfriends bisa mengalami beberapa masalah, seperti kadar gula darah tinggi.

 

Baca juga: “Ternyata pada Pria Penderita Diabetes Ditemukan Penurunan Hormon Testosteron: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Seksualitas dan Kesehatan Pria?”
 

Jadi, Amankah Lidah Buaya untuk Diabetes?

Lidah buaya memang memiliki potensi bermanfaat untuk diabetes, khususnya untuk mengontrol kadar gula darah. Namun, penelitian yang dilakukan belum cukup untuk menyimpulkan bahwa lidah buaya baik untuk manajemen diabetes.

 

Selain itu, lebih banyak penelitian dibutuhkan untuk menentukan pengolahan dan dosis lidah buaya yang baik untuk diabetes. Jadi, sebaiknya Diabestfriends konsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi lidah buaya untuk pengobatan diabetes. 

 

Sumber:

Healthline. Is Aloe Vera an Effective Treatment for Diabetes?. September 2019.
Alinejad-Mofrad S, et al. (2015). Improvement of glucose and lipid profile status with aloe vera in pre-diabetic subjects: A randomized controlled-trial.
Dick WR, et al. (2016). Reduction of fasting blood glucose and hemoglobin A1c using oral aloe vera: A meta-analysis.
Kaur N, et al. (2017). Effect of aloe vera on glycemic outcomes in patients with diabetes mellitus: A systematic review protocol.

 



Dapatkan Informasi lengkap nya Disini Sumber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.